Home Basic 5 Tips Cara Mengetahui iPhone Curian atau Bukan

5 Tips Cara Mengetahui iPhone Curian atau Bukan

5 Tips Cara Mengetahui iPhone Curian atau Bukan

Jika kamu membeli iPhone bekas, maka kamu harus waspada. Bukan cuma memperhatikan kualitas dari iPhone tersebut, namun kamu harus tahu apakah iPhone bekas yang dijual tersebut adalah iPhone curian atau bukan.

Sudah banyak kasus para pencuri iPhone yang kemudian menjual kembali iPhone curian tersebut ke orang lain dan mengatakan bahwa iPhone tersebut adalah hasil dari beli baru sebelumnya.

Untuk mencegah kamu kena tipu, kamu bisa ikuti beberapa tips berikut ini tentang cara mengetahui apakah iPhone bekas yang akan kamu beli tersebut adalah iPhone curian atau bukan.

 

Kelengkapan Set iPhone

Kelengkapan iPhone bisa jadi menjadi petunjuk apakah iPhone tersebut adalah iPhone hasil curian atau tidak. Biasanya, jika penjual menyediakan semua set lengkap iPhone beserta semua yang ada dalam paket penjualan, bisa jadi itu bukan iPhone curian.

5 Tips Cara Mengetahui iPhone Curian atau Bukan

Dalam kebanyakan kasus, biasanya iPhone hasil nyuri hanya dijual batangan, atau ya maksimal ada charger dan headphone, tanpa ada kotak kardus penjualan maupun kitab-kitab.

Namun tips ini tidak bisa dijadikan patokan. Bisa saja kan pencuri mencuri satu box sekalian sama kotak-kotaknya. Lebih baik kamu baca tips selanjutnya saja untuk lebih bisa memastiaknnya.

 

Cek Activation Lock atau Lost Mode

Activation lock adalah metode yang memungkinkan pengguna iPhone untuk mengunci iPhone, iPad atau iPod Touch ketika perangkat mereka dicuri. Bisa juga iPhone tersebut dikunci karena ada alasan lain. Di versi iOS terbaru, fitur ini berganti nama menjadi Lost Mode.

Jika iPhone masih terkunci, maka hanya pengguna iPhone sebelumnya yang bisa membuka kunci tersebut. Jangan pernah menerima iPhone yang masih terkunci, karena kamu tidak akan pernah bisa menggunakannya kecuali sudah dibuka oleh pemilik tersebut. Baca: Cara Status iCloud Activation Lock di iPhone

 

Tidak Ada Apple ID

Salah satu cara paling mudah untuk mengecek iPhone curian atau tidak adalah melihat apakah masih ada Apple ID yang tertautkan di dalam iPhone tersebut atau tidak. Jika masih ada, mintalah pemilik sebelumnya untuk menghapusnya.

5 Tips Cara Mengetahui iPhone Curian atau Bukan

Jika dia tidak bisa menghapus Apple ID, bisa jadi itu iPhone hasil mencuri. Jangan pernah percaya ketika dia mengatakan bahwa Apple ID orang lain tidak akan membawa masalah. Langsung saja skip dan cari penjual iPhone bekas lain.

 

iCloud Kosong

Selain Apple ID, kamu juga harus memastikan bahwa iPhone tersebut sudah kosong iCloud accountnya. Jika masih ada akun iCloud di dalamnya, mintalah untuk menghapus akun iCloud tersebut.

Jika tidak bisa, maka langsung saja cari pembeli lain. Hampir bisa dipastikan bahwa iPhone tersebut adalah iPhone curian. Jika bukan iPhone curian, tentu saja sebelum dijual pasti sudah dikosongkan terlebih dahulu kan?

 

Cek Kunci Passcode

Ini yang paling riskan ketika kamu membeli iPhone bekas secara online. Ketika barang sampai, iPhone memang benar-benar sampai. Produk tersebut memang bukan iPhone palsu, hanya saja iPhone tersebut terkunci passcode.

5 Tips Cara Mengetahui iPhone Curian atau Bukan

Jika sang penjual tidak tahu passcodenya, bisa jadi iPhone curian. Masa iya sang penjual masih belum menghapus passcode? Sangat disarankan jika beli iPhone bekas, beli secara offline alias COD agar tidak tertipu. Baca: Tips Membeli Online Produk Apple Agar Tidak Tertipu

Bagaimana? Masih ada tips dan trik lain yang belum dimasukkan? Bagikan di kolom komentar ya!

Jangan lupa follow akun Twitter MacPoin 😀

  9 Fitur Baru iOS 11 yang Wajib Dicoba  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong