Home Mac Cara Upgrade Mac ke macOS High Sierra

Cara Upgrade Mac ke macOS High Sierra

Cara Upgrade Mac ke macOS High Sierra

Apple baru saja merilis macOS high sierra, dan di kesempatan kali ini MacPoin akan menunjukkan bagaimana cara upgrade Mac ke macOS ke high sierra.

Bagi kamu yang ingin melakukan upgrade, ada beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan.

Pertama pastikan Mac kamu support High Sierra. Daftar perangkat Mac yang support dan kebagian update high sierra bisa kamu lihat disini. (Baca: Inilah Daftar Mac yang Mendapatkan macOS High Sierra)

Kedua, ini opsional, tetapi MacPoin sangat rekomendasikan, adalah melakukan backup terlebih dahulu sebelum upgrade. Panduan backup menggunakan Time Machine bisa kamu temukan disini. (Baca: Cara Backup Mac dengan Time Machine)

Ketiga, pastikan Mac kamu siap untuk melakukan upgrade, artinya ada cukup free storage, dan untuk macbook, baterai dalam kondisi penuh dan tercharging. Untuk kelancaran update, pastikan juga kamu terhubung ke koneksi internet yang stabil, dengan persiapan kuota tidak kurang dari 5GB.

Cara Upgrade Mac ke macOS High Sierra

Jika sudah memenuhi persiapan tersebut, langsung aja buka App Store, dan kamu akan menemukan banner besar High Sierra terpampang di bagian paling atas. Klik. Kamu akan menemukan tombol Download, klik dan tunggu hingga proses download selesai. File ini berukuran 4.8GB jadi proses download bisa berlangsung cepat atau lama tergantung dari kecepatan internet yang kamu gunakan.

Cara Upgrade Mac ke macOS High Sierra

Begitu proses download selesai window instalasi macOS High Sierra akan muncul dan kamu tinggal ikuti saja wizard nya. Klik continue -> setujui software licence agreement dan klik Agree > Pilih dimana macOS High Sierra akan terinstall, defaultnya adalah Macintosh HD -> klik install

Nah..sebelum proses instalasi..bagi kamu pengguna macbook, apple merekomendasikan agar macbook kamu terhubung dengan charger, jadi jika belum, tancapkan charger dan tekan continue -> masukkan password dan klik Add helper -> terakhir tekan restart -> dan proses instalasi akan langsung dimulai.

Cara Upgrade Mac ke macOS High Sierra

Selama proses install kamu akan mendapati logo Apple beserta progress bar dan detail status perkiraan waktu kapan selesai. Kamu bisa tinggalkan saja karena proses instalasi bisa memakan waktu hingga 40 menit lamanya.

Cara Upgrade Mac ke macOS High Sierra

Begitu proses instalasi selesai kamu akan langsung dibawa ke login screen, masukkan saja password, login ke Apple ID, dan lakukan pengaturan setup seperti biasa.

Begitu semua proses selesai, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah buka App Store, masuk ke tab updates, dan install semua update aplikasi yang tersedia. Ini penting karena beberapa aplikasi sudah merilis update agar kompatibel dengan macOS High Sierra.

Cara Upgrade Mac ke macOS High Sierra

Selamat, Kini Mac kamu telah berhasil upgrade ke High Sierra. Kamu bisa konfirmasi dengan klik logo Apple di kiri atas > dan pilih about this Mac.

Akan muncul keterangan Mac kamu telah menggunakan macOS High Sierra versi 10.13

Nah itulah dia panduan upgrade Mac ke macOS high sierra. Bagi kamu yang lebih suka melihat versi videonya, kamu bisa menontonnya disini:

Pastikan kamu subscribe channel kepoin tekno, karena disana kamu akan mendapatkan berbagai info dan tips menarik seputar teknologi, termasuk video MacPoin dalam seri Kepoin Mac.

Berbagai review fitur baru di macOS high sierra akan MacPoin rilis di video selanjutnya esok hari. Stay tuned.

Productivity addict. Geek by nature. Cross platform tech author.