Home Mac Haruskah Upgrade ke MacOS High Sierra? Baca Ini Dulu!

Haruskah Upgrade ke MacOS High Sierra? Baca Ini Dulu!

Bingung harus upgrade apa enggak?

MacOS High Sierra baru saja resmi dirilis. Tapi mungkin kamu masih bingung, haruskah upgrade ke High Sierra? Kalau kamu berpengalaman melakukan upgrade Mac, maka kemungkinan besar kamu pernah merasakan bahwa setiap upgrade, biasanya ada saja software yang mengalami gangguan karena belum kompatibel dengan OS terbaru. Selain itu terkadang (meskipun tidak selalu terjadi) ada bug spesifik yang cukup mengganggu – terutama jika Mac ini adalah andalan utama kamu dalam mengerjakan tugas kuliah atau bekerja. Apalagi jika perangkatmu bukan perangkat Macbook atau iMac terbaru, sehingga dikhawatirkan ada penurunan performa setelah melakukan upgrade. Nah, jika banyak hal yang kamu khawatirkan dan resahkan, maka kamu perlu memerhatikan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu!

 

Cek Kompatibilitas dan Lakukan Persiapan

Apple Resmi Rilis Update macOS High Sierra Public Beta

Sebelum upgrade, kamu perlu terlebih dahulu memeriksa kompatibilitas perangkat kamu dengan MacOS High Sierra. Berikut ini daftar perangkat yang kompatibel dengan Update OS terbaru Apple tersebut:

  • Mac Pro (tengah 2010 atau lebih baru)
  • iMac (akhir 2009 atau lebih baru)
  • Mac mini (tengah 2010 atau lebih baru)
  • MacBook Pro (tengah 2010 atau lebih baru)
  • MacBook (akhir 2009 atau lebih baru)
  • MacBook Air (akhir 2010 atau lebih baru)

Oya, itu baru daftar kompatibilitas saja loh, untuk mendapatkan fitur lengkap dari MacOS High Sierra, maka cek apakah perangkat kamu masuk dalam daftar berikut:

  • Mac Pro (akhir 2012 atau lebih baru)
  • iMac (akhir 2012 atau lebih baru)
  • Mac mini (akhir 2012 atau lebih baru)
  • MacBook Pro (tengah-2012 atau lebih baru)
  • MacBook (Awal 2015 atau lebih baru)
  • MacBook Air (tengah 2012 atau lebih baru)

Kamu juga harus memiliki iPhone 6 atau lebih dulu yang menjalankan iOS 10 atau lebih baru. Jika kamu menggunakan Auto Unlock, kamu juga akan memerlukan Mac yang berasal dari 2013 atau lebih baru dan sebuah Apple Watch yang menjalankan watchOS 3 atau lebih baru.

Secara spesifik, Mac kamu juga harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Mac kamu harus menjalankan OS X 10.7.5 atau lebih baru.
  • Kamu memerlukan minimal RAM 2GB.
  • Kamu perlu storage minimal sebesar 8,8GB.
  • Untuk menggunakan iCloud, iTunes, dan Mac App Store, kamu juga memerlukan Apple ID.

Untuk persiapan yang lebih lengkap, kamu perlu membaca artikel dari Macpoin berikut ini juga: 6 Persiapan Wajib sebelum Upgrade MacOS High Sierra.

 

Perhatikan Apakah Ada Software Spesifik yang Penting untuk Aktivitas Harian Kamu

Review Ulysses, Aplikasi Terbaik Untuk Menulis

Jika kamu memiliki software spesifik yang penting untuk keseharian – Apalagi jika software tersebut adalah buatan pihak ketiga, maka lebih baik kamu menunda untuk upgrade, karena belum tentu software tersebut sudah mendukung MacOS High Sierra. Memaksa upgrade akan menjadikan kamu sementara tidak dapat menggunakan software tersebut. Contohnya, jika keseharian kamu menggunakan Ulysses, dan itu penting untuk pekerjaan kamu, maka sebaiknya kamu mencari informasi dulu, apakah setelah upgrade software tersebut tetap dapat digunakan secara lancar.

Media sosial dan forum diskusi Mac adalah sahabat setia kamu di saat seperti ini!

 

Jangan Terburu-buru Menjadi First Adopter Jika Performa Penting Buat Kamu

Terkadang untuk Macbook edisi lama, meskipun hardware sudah memenuhi syarat untuk upgrade, tapi kamu tidak dapat memperoleh performa optimal.

Jika kamu ada tuntutan untuk bekerja dalam performa yang optimal, maka janganlah terburu-buru menjadi first adopter atau pengguna pertama. Terlebih dahulu kamu perlu ‘melihat’ dan berdiskusi dengan teman atau sesama pengguna Mac, apakah mereka mengalami perubahan performa setelah upgrade. Karena MacOS baru tentu saja menuntut hardware dengan spesifikasi lebih tinggi, dan ini kadang menimbulkan hambatan di hardware lama.

Seperti yang saya singgung sebelumnya, medsos dan forum adalah sahabat kamu dalam mendapatkan informasi ini.

 

Penutup

Tips ini terutama saya peruntukkan bagi teman-teman yang memiliki perangkat lama dan masuk dalam kategori ‘pres’ dalam hal persyaratan spesifikasi penerima upgrade MacOS High Sierra. Karena menurut pengalaman saya, MacOS versi yang lebih tinggi menuntut kinerja hardware yang lebih tinggi juga, sehingga seringkali menimbulkan penurunan performa. Jadi jika kamu termasuk kategori pengguna Mac dengan spesifikasi yang ‘ngepres’ dengan persyaratan upgrade, kamu memerlukan lebih banyak pertimbangan agar bisa mendapatkan performa sesuai dengan yang kamu harapkan.

Bagaimana dengan pemilik hardware keluaran 2015 ke atas? Ini mah hantam aja! Kamu bakal mendapatkan fitur-fitur baru dan peningkatan performa dengan upgrade ke MacOS High Sierra!

 

Sumber: iMore

 

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

I'm into introversion.. Totally!..