Home Mac 6 Persiapan Wajib Sebelum Update macOS High Sierra

6 Persiapan Wajib Sebelum Update macOS High Sierra

6 Persiapan Wajib Sebelum Update macOS High Sierra

Update macOS High Sierra sudah akan dirilis ke Mac dan MacBook yang mendukung. Sejumlah pengguna juga sudah bersiap-siap dengan update terbaru ini. Bagaimana dengan kamu? Kamu sudah siap dengan update macOS High Sierra terbaru?

Sebelum memutuskan untuk update, kamu wajib melakukan persiapan berikut ini untuk meminimalkan kemungkinan error ketika update, dan agar proses berjalan secara lancar dan aman.

Berikut ini adalah 6 persiapan wajib yang harus kamu lakukan sebelum update Mac dan MacBook ke macOS High Sierra terbaru.

 

Pastikan Mac dan MacBook Support macOS High Sierra

Sebelum update macOS High Sierra, pastikan Mac dan MacBook yang kamu miliki memang mendukung update tersebut. Dengan demikian, kamu tidak akan kecewa ketika hari perilisan update tersebut.

6 Persiapan Wajib Sebelum Update macOS High Sierra
via Apple

MacPoin sudah pernah mengulas Mac dan MacBook apa saja yang akan mendapatkan update macOS High Sierra. Kamu bisa baca di artikel terpisah berikut ini. Baca: Daftar Lengkap Mac dan MacBook yang Mendapatkan Update macOS High Sierra.

 

Cek Kesehatan Mac dan MacBook Dulu

Pastikan tidak ada error dan kesalahan apapun di dalam startup disk di Mac atau MacBook kamu. Cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan First Aid disk tersebut.

6 Persiapan Wajib Sebelum Update macOS High Sierra

Untuk melakukan repair disk dengan cara melakujan First Air, kamu bisa baca tutorial lengkap di artikel terpisah berikut ini. Baca: Cara First Aid Startup Disk atau Repair Disk Permission di Mac dan MacBook.

 

Backup Time Machine Sebelum Update

Melakukan backup Mac atau MacBook adalah untuk menjaga agar data di dalam komputer tersebut tidak hilang ketika terjadi error atau kesalahan ketika proses update. Kamu bisa mengembalikan data tersebut dengan mudah.

6 Persiapan Wajib Sebelum Update macOS High Sierra
via Apple

Kamu bisa menggunakan fitur Time Machine untuk melakukan backup data Mac dengan mudah. Caranya bisa kamu lihat di dalam artikel berikut ini. Baca: Cara Backup Data Mac dan MacBook.

 

Update Semua Aplikasi dan Software

Sama seperti kasus-kasus yang sudah pernah terjadi sebelumnya, tidak semua versi aplikasi atau software yang terinstal di Mac atau MacBook kamu sekarang ini sudah support High Sierra. Kamu harus pastikan selalu menggunakan versi terbaru dari setiap aplikasi tersebut.

6 Persiapan Wajib Sebelum Update macOS High Sierra
via Apple

Untuk aplikasi yang kamu download dari App Store, kamu bisa buka App Store lalu lihat daftar update apa saja yang ada di sana. Untuk aplikasi atau software lain, mungkin bisa update dengan cara langsung membuka aplikasi dan klik menu Update.

 

Siapkan Koneksi Internet

Download macOS High Sierra membutuhkan koneksi internet yang cukup besar. Kemungkinan akan sama seperti sebelum-sebelumnya, butuh penyimpanan sekitar 4G hingga 5GB, atau bahkan lebih.

Oleh karena itu, ketika proses download update, pastikan kamu sudah memiliki koneksi yang cepat dan stabil agar proses download juga tidak memakan waktu yang cukup lama.

 

Pastikan Sumber Listrik Tidak Putus atau Baterai Cukup

Ini salah satu persiapan yang sangat wajib. Kamu tidak mau kan proses update tiba-tiba terhenti karena mati listrik atau baterai MacBook habis? Ya, selain update gagal, hal tersebut juga bisa membuat sistem error.

Jadi untuk kamu pengguna komputer Mac desktop seperti iMac, Mac Mini dan sebagainya, sebaiknya sediakan power supply agar ketika listrik mati, masih ada cadangan energi untuk bisa menyelesaikan update. Untuk pengguna MacBook, pastikan baterai penuh sebelum memulai update.

Bagaimana? Sudah kamu lakukan semua persiapan tersebut sebelum update macOS High Sierra?

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode