Home Mac Review Ulysses, Aplikasi Terbaik Untuk Menulis

Review Ulysses, Aplikasi Terbaik Untuk Menulis

Review Ulysses, Aplikasi Terbaik Untuk Menulis

Seorang penulis, entah itu penulis buku, novel atau yang lain, pasti membutuhkan tool terbaik untuk bisa membantu mereka membuat karya terbaik. Beragam teks editor atau aplikasi writing masing-masing memiliki fitur unik dan menarik

Ulysses, teks editor minimalis dengan segudang fitur ini bisa dibilang sangat populer di kalangan penulis. Hal ini karena aplikasi ini benar-benar fokus pada fungsinya sebagai aplikasi untuk menghasilkan tulisan terbaik.

Baca Juga:

Fitur yang ditawarkan benar-benar sangat pas untuk penulis, tidak ada fitur yang mubazir. Semua dikemas dengan sangat sederhana dan mudah dipahami.

Sebelum mengenal Ulysses, saya sudah coba beberapa tool untuk menulis. Mulai dari mencoba beberapa software seperti iA Writer hingga tentu saja, Microsoft Word. Namun Ulysses memiliki kelebihan dalam hal kesederhanaan, kemudahan dan kecanggihan fitur.

 

Tampilan Utama

Tampilan aplikasi Ulysses ini sangat simpel. Jauh dari kesan ribet. Selain itu, kamu tetap bisa melakukan custom tampilan, sehingga tidak hanya tampilan default saja, tapi bisa disesuaikan dengan keperluanmu.

Review Ulysses, Aplikasi Terbaik Untuk Menulis

Cukup tekan Command + 1 untuk menampilkan dan menutup tampilan Library, Sheet dan Editor, Command + 2 untuk menampilkan Sheet dan Editor, dan Command + 3 untuk hanya menampilkan editor saja.

Review Ulysses, Aplikasi Terbaik Untuk Menulis

Selain itu, kamu juga bisa mengganti tema dan tampilan sesuai dengan keinginanmu. Yang paling saya suka adalah tampilan dark mode yang jelas enak untuk dilihat, khususnya untuk kamu yang suka bekerja di malam hari, atau di kondisi yang kurang cahaya. Masih kurang? Ada beberapa tema yang bisa kamu download.

 

Fitur dan Kelebihan Ulysses

Fitur pertama yang paling saya sukai adalah penataan sheet-sheet dalam satu grup. Ya, kamu bisa bikin beragam group untuk satu project milikmu. Misalnya kamu sedang menulis buku atau novel, maka setiap group tersebut melambangkan buku atau novel yang sedang kamu kerjakan.

Review Ulysses, Aplikasi Terbaik Untuk Menulis

Di dalam group tersebut kamu bisa mengisi dengan beberapa sheet. Sheet ini seperti lembaran-lembaran tulisan. Misalnya kamu sedang menulis chapter 1 untuk cerita novel kamu, kamu bisa meletakannya dalam satu sheet. Tulis dari awal hingga selesai, dan pada chapter 2 cukup buat sheet baru.

Fitur “Goal” adalah fitur lain yang saya suka. Dengan fitur Goal ini kamu bisa menentukan target tulisan kamu. Bisa kamu atur, setiap project harus minimal berapa kata, maksimal berapa kata, atau yang lainnya. Bukan cuma dalam kata saja, namun juga bisa diubah ke jumlah karakter, kalimat, paragraf, halaman, dan lain sebagainya.

Review Ulysses, Aplikasi Terbaik Untuk Menulis

Setiap sheet juga bisa kamu beri keyword. Fungsi dari keyword ini adalah akan memudahkan kamu untuk mencari sheet yang sedang kamu kerjakan. Jika kamu hanya membuat beberapa sheet, fungsi keyword ini mungkin tidak terlalu penting. Bagaimana jika kamu membuat ratusan sheet? Tentu saja fitur keyword ini akan bisa bermanfaat.

Review Ulysses, Aplikasi Terbaik Untuk Menulis

Kamu bisa melihat statistik dari setiap sheet atau group. Dengan demikian, kamu tidak perlu capek-capek menghitung segala sesuatu secara manual, seperti jumlah kata, kalimat, karakter, dan lain-lain. Kamu juga bisa melihat statistik lain seperti kecepatan menulismu, dan lain sebagainya.

Review Ulysses, Aplikasi Terbaik Untuk Menulis

Fitur terakhir yang saya sukai adalah sinkronisasi iCloud secara otomatis. Ketika kamu sudah download dan install Ulysses di semua perangkat, seperti Mac, iPhone, dan iPad, maka kamu akan bisa mengakses semuanya. Kamu bisa edit dan membuat tulisan kamu dari perangkat apapun. Semua ini otomatis, tanpa harus kamu set secara manual agar bisa sinkron dengan iCloud.

 

Kesimpulan

Ulysses memang sebuah aplikasi sederhana, namun untuk urusan fitur, aplikasi ini memang sangat fokus pada kenyamanan pengguna dalam menulis. Dengan tampilan sederhana dan minim dari gangguan, kamu bisa fokus menulis semua yang ada di dalam pikiranmu.

Apalagi dengan kemudahan sinkronisasi antar perangkat, kamu bisa mengerjakan beragam project tulisan kamu di mana saja dan kapan saja. Tampilan aplikasi di perangkat lain tersebut juga sangat sederhana dan mudah digunakan.

Bagaimana? Kamu punya aplikasi writing untuk menulis lain selain Ulysses?

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode