Home iPhone Review iOS 11: 9 Fitur Baru yang Perlu Kamu Coba

Review iOS 11: 9 Fitur Baru yang Perlu Kamu Coba

Review iOS 11: 9 Fitur Baru yang Perlu Kamu Coba di iPhone

Jika kemarin kamu sudah upgrade iPhone ke iOS 11, berikut ini adalah 9 fitur baru yang menarik untuk kamu coba.

1. Control Center

Review iOS 11: 9 Fitur Baru yang Perlu Kamu Coba di iPhone

Fitur baru pertama yang perlu kamu coba adalah melakukan custom di control center. Apple merombak total desain control center dari yang sebelumnya dua atau tiga swiping panel, kini menjadi hanya satu screen.

Awalnya memang sedikit bikin bingung ya, karena sekilas terlihat ada banyak tombol dan widget yang tersebar tak beraturan. Ada yang sekedar tombol biasa, tapi ada juga yang bisa kamu 3D touch untuk membuka opsi lainnya.

Nah disinilah nilai plus dari control center baru di iOS 11 ini. Kamu bisa lebih fleksibel melakukan pengaturan dengan menggunakan 3D touch.

Sebagai contoh, tingkat kecerahan flashlight bisa kamu atur dengan 3D touch dan swipe. Kamu juga bisa set timer langsung dari control center. Dan hal menarik lainnya, kini personal hotspot bisa kamu atur langsung dari control center, dengan 3D touch pada widget koneksi ini. Meskipun sangat disayangkan, opsi untuk memilih wifi network tetap tidak disertakan Apple disini.

Dan inilah yang perlu kamu coba, yaitu melakukan custom di control center. Untuk pertama kalinya Apple akhirnya memberikan kita opsi untuk menambah atau mengurangi isi dari control center ini.

Caranya buka Settings > Control Center > Customize Control.

Review iOS 11: 9 Fitur Baru yang Perlu Kamu Coba di iPhone

Nah disana kamu bisa mengurangi atau menambah widget control center. Kamu juga bisa mengatur urutannya. Tetapi yang bisa ditambah dan dikurang hanyalah deretan tombol kecil dibawah control center utama.

Widget yang kamu tambahkan bisa berinteraksi seperti widget lainnya.

2. Files

Review iOS 11: 9 Fitur Baru yang Perlu Kamu Coba di iPhone

Fitur baru lain yang perlu kamu coba adalah aplikasi Files. Ini semacam file explorer, tetapi lebih tepat disebut sebagai cloud explorer, dimana kamu bisa browse file dan dokumen yang tersimpan, tidak hanya di iCloud Drive, tetapi juga di cloud storage pihak ketiga seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox, dan sebagainya.

Hanya saja seperti ciri khas Apple, cuman iCloud Drive aja yang diperlakukan spesial dan diberikan fitur terlengkap, seperti opsi select, delete, duplicate, move, dsb. Sedangkan untuk cloud storage lain hanya sebatas link akses menuju ke aplikasi native nya.

Berbagai cloud storage tersebut bakal otomatis masuk ke Files app begitu aplikasi native nya terinstall, dan kamu bisa mengatur urutannya melalui menu edit, atau mematikannya jika mau.

3. Ambil screenshot

Review iOS 11: 9 Fitur Baru yang Perlu Kamu Coba di iPhone

Fitur lain yang perlu kamu coba adalah mengambil screenshot. Di iOS 11 mengambil screenshot kini jadi lebih advanced. Sesaat setelah kamu ambil screenshot, akan ada thumbnail screenshot di kiri bawah. Tap tahan untuk langsung membuka menu share. Disini kamu bisa langsung share screenshot melalui berbagai aplikasi, melakukan copy, print, save to files, dsb.

Atau..kamu bisa tap untuk masuk ke mini editor, dimana kamu bisa corat-coret screenshot menggunakan pen tool yang tersedia, mengubah warna nya, serta menambahkan anotasi seperti text, signature, magnifier, hingga tanda panah dan shape lainnya.

4. Download ARKit

Review iOS 11: 9 Fitur Baru yang Perlu Kamu Coba di iPhone

Fitur hot lain di iOS 11 yang perlu kamu coba adalah aplikasi augmented reality berbasis ARkit. Buka saja app store dan ketikkan ARkit untuk menemukan berbagai macam aplikasi augmented reality.

Salah satu aplikasi menarik untuk mencoba experience augmented reality ini adalah Holo. Didalamnya ada berbagai macam obyek yang bisa kamu letakkan dimana saja dan terlihat begitu nyata. Kamu bisa mendekat, menjauh, bahkan memutarinya, seolah-olah obyek ini benar-benar ada.

Aplikasi menarik lainnya adalah AR basketball. Ini adalah sebuah game dimana kamu bisa meletakkan ring basket di sekitar kamu, dan sebanyak mungkin memasukkan bola untuk mengejar score.

Tapi jika kamu ingin aplikasi yang lebih bermanfaat, MeasureKit bisa jadi pilihan, karena kamu bisa dengan mudah mengukur panjang dan tinggi suatu object menggunakan iPhone, dengan akurasi yang cukup lumayan.

Review iOS 11: 9 Fitur Baru yang Perlu Kamu Coba di iPhone

5. Efek Live Photos

Review iOS 11: 9 Fitur Baru yang Perlu Kamu Coba di iPhone

Fitur baru kelima yang bisa kamu coba adalah efek di live photo. Di iOS 11 Live Photo punya 3 efek extra yaitu loop, bounce, dan long exposure. Sebenarnya efek yang diberikan kurang begitu mulus, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba, karena untuk beberapa foto yang tepat, kamu bisa mendapatkan efek yang cukup menarik.

6. Drag and Drop Grouping

Review iOS 11: 9 Fitur Baru yang Perlu Kamu Coba di iPhone

Fitur baru keenam yang layak dicoba adalah drag & drop grouping. Jika kamu tap tahan icon aplikasi, sebelumnya kamu hanya bisa memindahkan icon satu per satu. Tetapi kini kamu bisa memindahkan banyak icon sekaligus dengan drag & drop grouping.

Caranya setelah kamu tap tahan satu icon, geser sedikit, dan tekan icon lain yang kamu inginkan. Kini semuanya bergabung menjadi satu dan siap untuk kamu pindahkan, dengan lebih cepat dan efisien.

7. Automatic Do Not Disturb

Review iOS 11: 9 Fitur Baru yang Perlu Kamu Coba di iPhone

Fitur baru lain yang perlu kamu coba adalah Do Not Disturb otomatis saat berkendara. Jika kamu aktifkan, maka ketika kamu sedang berkendara, iPhone akan otomatis mendeteksinya dan mengaktifkan Do Not Disturb. Dengan begitu kamu tidak akan terganggu dengan berbagai notifikasi yang masuk dan bisa fokus berkendara dengan aman.

Untuk mengaktifkannya buka saja Settings > Do not disturb > dan pada bagian Do not disturb while driving > ubah settingnya menjadi automatically.

8. One Handed Keyboard

Review iOS 11: 9 Fitur Baru yang Perlu Kamu Coba di iPhone

Fitur selanjutnya adalah One Handed Keyboard. Jika kamu menggunakan keyboard default, kini di iOS 11 kamu bisa memanfaatkan fitur One Handed Keyboard dengan cara tap dan hold tombol Emoji / Globle, dan akan muncul opsi yang bisa kamu pilih, mau di kiri atau di kanan.

Fitur ini bakal bermanfaat, terutama buat kamu yang pengen ngetik dengan satu tangan pake iPhone seri Plus yang layarnya memang cukup besar.

9. Melihat perubahan desain

Review iOS 11: 9 Fitur Baru yang Perlu Kamu Coba di iPhone

Terakhir kamu bisa mencoba berbagai desain baru di iOS 11, misalnya saja app store yang memiliki tampilan baru. Jika kamu perhatikan, desain baru App store ini mirip seperti sebuah majalah, yang berisi berbagai info roundup aplikasi, lengkap dengan artikel penjelasannya.

Ada pula Lockscreen yang kini terintegrasi dengan notifikasi, lalu aplikasi-aplikasi lain seperti kalkulator, icon-icon, dsb.

Overall, yang bisa kamu rasakan dari desain baru iOS 11 ini adalah optimasi bagi layar berukuran besar, misalnya saja heading dan title kini lebih bold dan besar, sehingga nyaman dan enak dipakai di berbagai seri iPhone terkini.

Nah itulah dia gaes 9 fitur baru yang menarik untuk kamu coba di iPhone dengan iOS 11.

Selanjutnya kamu bisa lanjut eksplorasi sendiri dan jika menemukan fitur baru lain yang menarik untuk dicoba, silakan sampaikan di kolom komentar.

Bagi kamu yang lebih suka melihat tutorial dalam versi video, silakan lihat videonya disini:

Pastikan kamu subscribe channel Kepoin Tekno, karena disana selalu ada tips dan informasi baru menarik seputar teknologi, setiap hari — termasuk video serial Kepoin Mac dari MacPoin.

Kunjungi juga MacPoin.com setiap hari untuk info terbaru seputar Mac, iPhone, dan teknologi Apple lainnya.

Productivity addict. Geek by nature. Cross platform tech author.