Home iPhone Biaya Produksi iPhone X Ternyata Jauh Lebih Murah

Biaya Produksi iPhone X Ternyata Jauh Lebih Murah

Biaya Produksi iPhone X Ternyata Jauh Lebih Murah

Apple mematok harga iPhone X (baca: iPhone Ten) dengan harga mahal sekali, mulai dari $999 atau jika dirupiahkan menjadi sekitar Rp 13,2 juta. Itu adalah harga awal di Amerika Serikat. Belum lagi ketika masuk ke Indonesia melalui jalur resmi, pasti akan lebih mahal lagi.

Namun, menurut hasil dan prediksi harga komponen yang dilakukan oleh para pengamat di China, ongkos atau harga produksi iPhone X sepertinya terlihat jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga jual.

Baca Juga:

Seperti yang dilansir dari Phone Arena, beberapa pengamat industri yang ada di China memprediksi biaya produksi iPhone X pada dasarnya hanya $412,75 atau sekitar Rp 5,4 juta. Itu artinya ada selisih sekitar 59 persen jika dibandingkan harga jual iPhone X paling murah.

Dari semua total harga komponen dasar tersebut, menurut prediksi, komponen dengan harga paling mahal adalah panel layar Super Retina Display. Harga panel tersebut bisa mencapai $80 atau sekitar Rp 1 juta untuk setiap satu unit.

Harga komponen lain yang ada di dalam iPhone X tidak ada yang semahal panel layar Super Retina Display tersebut. Harga chipset A11 Bionic ternyata hanya $26 atau sekitar Rp 344.000 per unit, untuk modem Qualcomm ternyata cuma seharga $18 atau Rp 238.000 per unit.

Sebagai tambahan, meski iPhone X dijual dengan harga lebih mahal dua kali biaya produksi, belum tentu juga bahwa Apple benar-benar menikmati seluruh margin keuntungan tersebut sebagai keuntungan bersih.

Harga jual iPhone X adalah hasil dari kombinasi berbagai faktor, mulai dari pemasaran, manufaktur, logistik, biaya pembuatan software, dan berbagai macam komponen lain.

Bagaimana menurutmu?

via Phone Arena

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode