Home Basic 10 Tips Baru dan Ampuh Cara Hemat Baterai MacBook

10 Tips Baru dan Ampuh Cara Hemat Baterai MacBook

10 Tips Baru dan Ampuh Cara Hemat Baterai MacBook

MacBook memang sudah memiliki ketahanan baterai yang sangat bagus. Sekali charge baterai bisa bertahan hingga 10 jam untuk MacBook Pro dan MacBook baru 12 inch, serta 12 jam untuk MacBook Air.

Baterai MacBook yang sangat hemat tersebut tidak lepas dari kombinasi dan integrasi hardware dan software Apple yang bisa bekerja dengan sangat optimal. Hal yang sangat jarang terjadi di pabrikan laptop lain.

Baca Juga:

Namun ada kalanya kamu ingin membuat baterai MacBook lebih hemat lagi. Mungkin karena listrik mati atau karena kamu lupa membawa charger MacBook, tentu saja tidak ingin baterai habis dan mengganggu pekerjaan kan?

Berikut ini adalah 10 tips hemat baterai MacBook yang bisa kamu terapkan di semua MacBook, entah itu MacBook Pro atau MacBook Air, untuk membuat baterai MacBook lebih hemat dan tahan lama.

 

Kurangi Jumlah Login App

Login App adalah software atau aplikasi yang akan langsung dijalankan dan terbuka ketika kemu pertama kali menyalakan Mac OS X atau macOS tersebut. Kamu bisa set login app secara manual, atau aplikasi tersebut yang berjalan secara otomatis ketika pertama kali install.

Beberapa aplikasi memang cukup penting untuk berjalan secara otomatis, misalnya saja iTunes Helper dan juga Android File Transfer untuk mendeteksi smartphone iOS dan Android secara otomatis ketika tersambung ke Mac atau MacBook.

10 Tips Baru dan Ampuh Cara Hemat Baterai MacBook

Namun kadang ada saja aplikasi yang tidak penting juga ikut masuk ke login app sehingga kurang bermanfaat dan malah akan membuat baterai MacBook menjadi lebih boros. Kamu bisa matikan saja login app tersebut untuk lebih menghemat baterai MacBook.

 

Tutup Aplikasi Setelah Selesai Digunakan

Ketika kamu melakukan klik di ikon (x) warna merah di bagian kontrol jendela, maka jendela akan tertutup. Namun apakah aplikasi Mac tersebut juga akan tertutup? Belum tentu, bisa jadi aplikasi masih berjalan di latar belakang.

Beberapa aplikasi Mac seperti Microsoft Word, Mail, iTunes, dan lain-lain masih belum tertutup sepenuhnya ketika kamu klik close. Beberapa aplikasi seperti App Store, Maps, dan lain-lain akan tertutup. Bagaimana kita tahu aplikasi sudah tertutup atau masih terbuka?

10 Tips Baru dan Ampuh Cara Hemat Baterai MacBook

Kamu bisa lihat ikon titik di bagian Dock Mac kamu. Jika masih ada titik atau dot di bawah ikon aplikasi, itu artinya aplikasi masih terjalan di latar belakang. Kamu bisa klik kanan untuk menutup aplikasi tersebut.

 

Matikan Wi-Fi

Wi-Fi juga membutuhkan daya baterai untuk bisa bekerja. Jadi dengan mematikan Wi-Fi, kamu bisa menghemat baterai MacBook lebih banyak. Jika kamu memang tidak sedang menggunakan Wi-Fi atau tidak ada jaringan Wi-Fi, maka matikan saja Wi-Fi tersebut.

Jika memang terpaksa harus menggunakan Wi-Fi, kamu bisa sambungkan ke Wi-Fi seperlunya saja. Jika dirasa sudah cukup, kaka kamu bisa langsung mematikan Wi-Fi untuk menghemat baterai MacBook.

 

Matikan Bluetooth

Bluetooth juga bisa dibilang menguras baterai lebih cepat. Mac dan MacBook akan terus-menerus mencari perangkat bluetooth terdekat, dan proses pencarian tersebut membuat MacBook lebih boros baterai.

Kamu bisa matikan bluetooth ketika tidak sedang digunakan. Namun harap ingat, tips ini tidak berlaku untuk pengguna Mac desktop seperti Mac Mini, iMac, dan lain-lain yang mengandalkan input keyboard dan mouse eksternal menggunakan bluetooth.

 

Redupkan Kecerahan Layar

Kamu pasti juga sudah paham tips yang satu ini kan, meningkatkan kecerahan layar MacBook tentu saja meningkatkan penggunaan baterai juga dan menjadi lebih boros dari biasanya.

Namun kamu harus ingat, turunkan kecerahan layar senyaman mungkin ya, agar selain kamu bisa membuat baterai MacBook tahan lama, kamu juga tidak kelelahan karena menatap layar yang redup.

 

Percepat Waktu Matikan Layar

Apa yang terjadi ketika kamu tidak sedang menggunakan Mac atau MacBook dalam waktu tertentu? Mac dan MacBook akan mematikan layar secara otomatis dan jika terus-menerus akan masuk ke mode tidur.

Kamu bisa membuat MacBook menjadi lebih cepat mematikan layar ketika tidak sedang digunakan. Hal ini jelas bisa lebih banyak menghemat baterai, daripada MacBook menyala layarnya ketika kamu tidak menggunakannya.

 

Lepaskan Semua Periferal Eksternal

Beberapa perangkat eksternal dan periferal seperti mouse eksternal dari USB, flashdisk atau flash drive USB, harddisk eksternal, dan lain sebagainya juga menyedot baterai MacBook lebih cepat.

Lepaskan saja semua periferal tersebut ketika memang sudah tidak digunakan. Ā Tancapkan periferal tersebut hanya ketika sedang digunakan saja, dan ketika sudah selesai, langsung cabut dan lepaskan.

 

Jangan Pakai Untuk Pekerjaan Berat

Beberapa pekerjaan berat seperti bermain game tentu saja membuat baterai MacBook lebih cepat habis. Jadi sebisa mungkin, hindari semua pekerjaan berat seperti bermain game dan lain-lain.

Berbeda halnya jika memang kamu kerja berat seperti melakukan editing video. Untuk kasus ini, mau tidak mau kamu memang harus menggunakan semua kekuatan MacBook kamu, dan tentu saja lebih boros baterai.

 

Sleep Ketika Tidak Digunakan

Ketika jam istirahat misalnya, atau ketika dalam waktu tertentu kamu yakin tidak akan sedang menggunakan MacBook, kamu bisa tidurkan MacBook kamu dengan menutup lid dan MacBook akan masuk ke mode sleep.

 

Matikan Power Nap Ketika Menggunakan Baterai

Power Nap adalah fitur yang sangat bermanfaat karena beragam aktivitas bisa dijalankan oleh Mac dan MacBook ketika sedang dalam posisi sleep, seperti menerima email baru, sinkronisasi kontak dan kalender, dan lain sebagainya.

Namun fitur ini menggunakan energi lebih besar, khususnya untuk kamu yang menggunakan MacBook. Jadi, fitur ini jangan kamu aktifkan ketika menggunakan baterai. Aktifkan Power Nap hanya ketika sedang mengisi baterai saja.

Bagaimana? Kamu punya tips lain untuk lebih banyak menghemat baterai MacBook lebih lama?

Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin šŸ˜€

  9 Fitur Baru iOS 11 yang Wajib Dicoba  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong