Home Basic Cara Hapus File Sampai Tuntas ke Akar Dengan Aman

Cara Hapus File Sampai Tuntas ke Akar Dengan Aman

Cara Hapus File Sampai Tuntas ke Akar Dengan Aman

Menghapus file di komputer atau laptop memang mudah. Tetapi apakah kamu tahu bahwa semua file yang sudah kamu hapus masih meninggalkan jejak? Agar tidak ada bekas jejak yang tersisa, kamu harus menghapus file tersebut sampai tuntas ke akar-akarnya.

Meskipun untuk pengguna biasa sepertinya hal ini tidak terlalu penting, namun bagi beberapa orang, bisa menghapus file dengan aman tanpa meninggalkan jejak itu sangat penting.

Baca Juga:

File yang terhapus jadi tidak akan bisa dikembalikan lagi. Jika file tersebut adalah informasi sensitif, maka menghapus file sampai ke akar adalah pekerjaan yang benar-benar harus kamu lakukan.

Di Mac OS X atau macOS, kamu bisa menggunakan aplikasi yang bernama CleanMyMac. Meskipun fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk membersihkan Mac atau MacBook dari file sampah, namun ada fitur lain yang bernama Shredder yang berfungsi untuk menghapus file dengan cepat dan aman, tanpa meninggalkan jejak.

Konsep yang diusung Shredder ini adalah mirip dengan alat penghancur kertas. Ketika kamu mencetak dokumen berharga dan bersifat rahasia, namun sudah tidak dibutuhkan lagi, kamu jangan cuma membuangnya, namun juga harus segera menghancurkan kertas tersebut.

Cara menggunakan fitur Shredder di CleanMyMac ini sangat mudah. Install aplikasi CleanMyMac ke Mac atau MacBook kamu, lalu buka. Kamu akan melihat ada menu Shredder di bagian bawah aplikasi.

Cara Hapus File Sampai Tuntas ke Akar Dengan Aman

Cukup klik tombol Select File untuk memilih file atau folder yang ingin kamu hapus secara aman. Setelah memilih, kamu bisa langsung hapus file tersebut. Proses penghapusan juga berjalan sedikit lebih lambat dari cara konvensional, seperti move to trash lalu empty trash.

Cara Hapus File Sampai Tuntas ke Akar Dengan Aman

Hal ini karena fitur ini benar-benar menghapus file hingga ke akar-akarnya. Jadi jika ada software yang bisa mengembalikan file yang terhapus di Mac OS X atau macOS, file tersebut tidak akan bisa dikembalikan jika dihapus melalui Shredder ini.

Cara Hapus File Sampai Tuntas ke Akar Dengan Aman

Mungkin memang ada aplikasi lain yang memiliki fungsi dan fitur yang serupa, namun saya merasa yang di CleanMyMac ini sudah cukup bagus. Apalagi aplikasi ini punya fungsi lain seperti membersihkan Mac dan MacBook dari file sampah seperti cache dan junk.

Bagaimana? Kamu sudah coba fitur Shredder di CleanMyMac ini?

Bagikan pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twtiter MacPoin 😀

  Review Keyboard Logitech K480  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode