Home Basic Cara Mudah Mengatasi Finder Not Responding di Mac

Cara Mudah Mengatasi Finder Not Responding di Mac

Cara Mudah Mengatasi Finder Not Responding di Mac

Di antara semua aplikasi, mungkin Finder bisa dibilang yang paling penting. Bukan apa-apa sih sebenarnya, hanya saja jika Finder crash atau hang hingga not responding, maka akan mengganggu kinerja Mac atau MacBook terganggu.

Jika Finder not responding, biasanya sistem operasi OS X atau macOS akan menampilkan ikon bola berputar yang loading terus menerus di bagian kursor mouse. Itu artinya, Finder telah berhenti dan tidak merespon.

Baca Juga:

Berbeda jika yang mengalami crash adalah aplikasi atau software biasa seperti Microsoft Word misalnya. Jika aplikasi tersebut crash dan tidak merespons, maka seluruh sistem tidak akan terlalu terpengaruh.

Cara Mudah Mengatasi Finder Not Responding di Mac

Namun kamu masih bisa memaksa Finder untuk diluncurkan ulang. Dengan mematikan dan menghentikan Finder secara paksa dengan force quit. Finder akan dimulai ulang dan akan kembali normal seperti semula.

Yang perlu kamu lakukan adalah cukup dengan menekan Command + Option + Esc untuk mengaktifkan jendela force quit. Di sana kamu akan melihat Finder beserta aplikasi Mac lainnya.

Pilih Finder, lalu pilih Relaunch. Proses ini akan membuat Finder dimatikan secara paksa lalu diluncurkan ulang. Setelah proses relaunch ini, maka Mac OS X atau macOS akan kembali normal seperti sedia kala.

Cara Mudah Mengatasi Finder Not Responding di Mac

Jika cara dan tutorial di atas tidak berhasil, kamu bisa langsung memaksa restart Mac dan MacBook kamu. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa baca artikel berikut ini. Baca: Cara Restart Mac dan MacBook Secara Paksa.

Namun kelemahan melakukan restart paksa ini tentu saja, semua data kamu yang belum tersimpan sebelum Finder crash dan not responding kemungkinan besar tidak akan tersimpan dan akan hilang.

Bagaimana? Sudah coba cara mengatasi Finder yang crash dan not responding ini?

Bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya 😀

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode