Home Basic Cara Force Quit Aplikasi Mac yang Tidak Bisa Ditutup

Cara Force Quit Aplikasi Mac yang Tidak Bisa Ditutup

Cara Force Quit Aplikasi Mac yang Tidak Bisa Ditutup

Aplikasi Mac OS X atau macOS memang bisa ditutup dengan mudah. Cukup klik ikon Close berwarna merah di kontrol jendela, maka aplikasi akan keluar. Namun kadang kala ada aplikasi yang tidak bisa ditutup dan menyebabkan Mac atau MacBook error.

Untuk mengeluarkan aplikasi tersebut, kamu harus melakukan force quit atau menutup aplikasi secara paksa di Mac dan MacBook. Jika tidak ditutup secara paksa, aplikasi yang not responding dan error akan menyebabkan Mac dan MacBook menjadi lambat dan crash.

Baca Juga:

Untuk melakukannya, pertama kamu bisa coba untuk melakukan force quit dari dock. Caranya sangat mudah, cukup klik kanan aplikasi Mac yang error tersebut lalu pilih opsi Force Quit yang ada di sana. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi Mac tersebut keluar secara paksa.

Cara Force Quit Aplikasi Mac yang Tidak Bisa Ditutup

Cara lainnya adalah kamu buka opsi Force Quit dengan klik logo Apple > Force Quit > setelah itu pilih aplikasi Mac yang not responding dan tekan Force Quit.

Kelemahan dari kedua cara ini adalah hanya bisa digunakan untuk mengeluarkan aplikasi yang terinstal di Mac dan MacBook saja. Untuk beragam process background yang not responding kamu harus menggunakan Activity Monitor.

Activity Monitor ini memiliki fungsi yang sangat mirip dengan Task Manager yang ada di Windows. Selain untuk melihat semua process yang berjalan, kamu juga bisa menggunakannya untuk membantu mengeluarkan aplikasi yang not responding di Mac dan MacBook.

Cari Activity Monitor di menu aplikasi dalam Launchpad. Kamu juga bisa mencari Activity Monitor langsung dari Spotlight. Setelah terbuka, kamu bisa langsung melihat semua process yang berjalan.

Jika ada aplikasi yang sekiranya crash atau not responding dan ingin kamu tutup secara paksa, kamu bisa klik process tersebut lalu klik ikon X atau ikon silang yang ada di kiri atas (bukan ikon close window).

Cara Force Quit Aplikasi Mac yang Tidak Bisa Ditutup

Kamu bisa mencoba untuk melakukan quit secara biasa terlebih dahulu. Namun jika proses quit biasa tidak berhasil, kamu bisa coba untuk langsung pilih force quit untuk menutup aplikasi secara paksa.

Selama ini saya lebih suka menggunakan Activity Monitor karena selain bisa melakukan force quit dengan mudah, kamu juga bisa melihat aktivitas OS X atau macOS lain yang sedang berjalan di Mac atau MacBook milikmu.

Bagaimana? Sudah bisa menutup aplikasi Mac secara paksa yang not responding kan?

Bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin 😀

  Cara Format Flashdisk / Hardisk di Mac  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong