Home Basic Cara Mematikan Aplikasi Mac yang Mengganggu Shutdown

Cara Mematikan Aplikasi Mac yang Mengganggu Shutdown

Cara Mematikan Aplikasi Mac yang Mengganggu Shut Down

Mematikan atau shutdown Mac memang bukan perkara yang susah. Kamu cukup klik pilihan turn off atau shut down yang ada di menu Apple dan tunggu beberapa saat hingga Mac OS X atau macOS shutdown dengan sempurna.

Namun ada kalanya Mac dan MacBook tidak bisa shut down karena ada aplikasi OS X atau aplikasi macOS yang mengganggu proses shut down Mac tersebut. Alhasil, Mac kamu tetap menyala dan tidak bisa mati. Bagaimana cara mengatasi Mac yang tidak bisa shutdown?

Ada beberapa penyebab mengapa Mac tidak bisa shut down. Namun yang paling populer dan banyak terjadi adalah karena ada aplikasi atau software Mac yang mengganggu. Aplikasi tersebut tidak bisa dimatikan atau kill process.

Mac atau MacBook tidak akan mati dan proses shut down macOS tidak akan berjalan jika masih ada aplikasi yang terbuka. Mau tidak mau, sistem Mac OS X atau macOS harus menunggu hingga aplikasi tertutup atau kamu bisa mematikannya secara paksa.

Untuk kamu yang ingin tahu bagaimana cara mematikan Mac yang tidak bisa shut down karena aplikasi yang mengganggu dan tidak bisa dimatikan, kamu bisa mengikuti tutorial berikut ini.

  1. Matikan Mac atau MacBook seperti biasa. Kamu bisa mematikan Mac atau MacBook dari menu Apple > Turn Off untuk memulai proses shut down sistem macOS.
  2. Tunggu beberapa saat. Jika Mac berhasil dimatikan, maka Mac atau MacBook akan mati dengan sendirinya.
  3. Jika muncul peringatan Aplikasi mengganggu shut down, maka Mac tidak akan bisa shut down.Cara Mematikan Aplikasi Mac yang Mengganggu Shut Down
  4. Kamu bisa menunggu hingga aplikasi Mac mati atau menutup aplikasi Mac dengan paksa.
  5. Buka Activity Monitor. Kamu bisa membuka Activity Monitor langsung dari Launchpad.
  6. Cari aplikasi yang mengganggu shut down Mac.
    Cara Mematikan Aplikasi Mac yang Mengganggu Shut Down
  7. Klik aplikasi yang mengganggu tersebut.
  8. Klik tanda (X) yang ada di kiri atas jendela Activity Monitor untuk menutup paksa aplikasi.
    Cara Mematikan Aplikasi Mac yang Mengganggu Shut Down
  9. Tunggu hingga aplikasi selesai ditutup.
  10. Coba lagi proses shut down dari awal.

Setelah aplikasi yang mengganggu proses shut down Mac tersebut, seharusnya Mac sudah bisa dimatikan seperti semula. Namun ada kalanya Mac masih tidak bisa shut down karena suatu proses yang tidak bisa dilihat apa penyebabnya.

Jika seperti ini, hanya ada satu pilihan yaitu mematikan Mac dengan paksa. Dengan mematikan paksa atau force shut down, Mac akan langsung dimatikan tanpa proses menutup semua aplikasi beserta sistem operasi OS X atau macOS.

Sebisa mungkin jangan force shutdown karena jika terlalu sering, bisa menyebabkan Mac mengalami kerusakan yang sebenarnya bisa dihindari.

Bagaimana? Mac sudah bisa dimatikan atau masih tidak bisa shut down?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Video: Review Smartband Zeblaze Zeband Plus  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong