Home Basic 4 Cara Mempercepat Booting Mac dan Macbook yang Lama

4 Cara Mempercepat Booting Mac dan Macbook yang Lama

4 Cara Mempercepat Booting Mac dan Macbook yang Lama

Sebelum menggunakan komputer Mac dan MacBook, tentu saja kamu harus menyalakan perangkat tersebut terlebih dahulu. Proses startup dan booting ke OS X atau macOS akan dijalankan. Namun kadang mengapa proses booting atau startup Mac lama sekali?

Dalam beberapa kasus pasti pernah Mac atau MacBook booting lama karena beberapa alasan. Namun kamu masih bisa mempercepat booting Mac dan MacBook agar mampu startup dan masuk ke sistem operasi OS X atau macOS lebih cepat.

Baca Juga:

Berikut ini ada 4 tips cara yang bisa kamu coba untuk mengembalikan kecepatan booting Mac dan MacBook kamu akan bisa kembali cepat seperti sedia kala.

 

Kurangi Login App

Login App adalah aplikasi atau software yang akan langsung dijalankan ketika startup ke OS X atau macOS sudah masuk dan login ke deskop. Ada aplikasi yang otomatis menyala ketika kamu install, namun ada juga aplikasi yang bisa kamu pilih untuk berjalan otomatis.

Untuk melihat semua aplikasi Mac yang berjalan secara otomatis ketika pertama kali booting, kamu bisa masuk ke System Preference -> User & Groups lalu pilih tab Login Items di bagian kanan atas.

4 Cara Mempercepat Booting Mac dan Macbook yang Lama

Untuk menguranginya, cukup klik satu aplikasi yang ingin kamu hilangkan di daftar tersebut. Lalu klik di tanda minus (-) di samping tanda plus (+). Aplikasi akan hilang dan tidak akan berjalan lagi ketika baru startup.

 

Jangan Install Terlalu Banyak Aplikasi

Tidak semua aplikasi yang berjalan secara otomatis bisa muncul di bagian Login Items. Terkadang beragam process latar belakang juga akan berjalan secara otomatis. Process semacam ini biasanya tidak akan muncul di Login Items.

4 Cara Mempercepat Booting Mac dan Macbook yang Lama

Kamu bisa lihat semua process yang ada di Mac OS X dan macOS dengan melalui Activity Monitor. Kamu bisa lihat process apa saja yang menggunakan CPU dan memori RAM yang banyak.

Jika kamu melihat ada salah satu atau beberapa aplikasi dan software Mac di sana, sementara kamu tidak pernah atau jarang menggunakannya, kamu bisa hapus aplikasi tersebut.

 

Bersihkan Mac dari File Sampah

Terlalu banyak file sampah seperti cache, junk file, dan lain sebagainya bisa membuat storage dan memori penyimpanan menjadi penuh. Jika memori penyimpanan penuh, Mac dan MacBook bisa jadi lebih lambat.

Kamu bisa membersihkan file-file yang tidak terpakai secara manual. Biasanya folder download dan beragam screenshot di desktop bisa kamu hapus saja jika sudah tidak digunakan lagi.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CleanMyMac untuk membantu kamu membersihkan Mac dan MacBook dari sampah seperti cache dan junk file. Baca: Cara Membersihkan Cache dan File Sampah di Mac.

 

Upgrade Mac dan MacBook (Jika Memungkinkan)

Beberapa model Mac dan MacBook bisa kamu upgrade, seperti menambah RAM, upgrade Harddisk ke SSD, dan lain sebagainya. Jika Mac atau MacBook kamu bisa diupgrade, maka tidak ada salahnya untuk mencoba upgrade agar kinerja dan booting menjadi lebih cepat.

Namun untuk komputer Mac atau MacBook terbaru sudah dilengkapi dengan spesifikasi yang bisa dibilang lebih dari cukup jika hanya sekedar untuk mendapatkan kecepatan booting yang lebih cepat.

Bagaimana? Kamu punya tips untuk mempercepat booting Mac dan MacBook lama yang lain?

Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin 😀

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode