Home Basic Apa Charger iPad Bisa Digunakan Dengan Aman di iPhone

Apa Charger iPad Bisa Digunakan Dengan Aman di iPhone

Apa Charger iPad Bisa Digunakan Dengan Aman di iPhone

Mengisi baterai iPhone tentu saja harus menggunakan adapter charger iPhone yang sudah menjadi aksesoris bawaan di paket penjualan. Namun ketika kita memiliki iPad, mungkin kita bertanya apakah charger iPad bisa dipakai untuk iPhone dan tidak membuat iPhone rusak?

Seperti yang kita ketahui, baterai iPhone dan iPad memiliki spesifikasi yang berbeda. Oleh karena itu, Apple menyediakan charger dengan spesifikasi yang berbeda di iPhone dan iPad. Jika charger iPad dipakai di iPhone apakah akan membuat baterai iPhone rusak?

Baca Juga:

iPad memiliki baterai yang lebih besar. Oleh karena itu, perlu charger yang lebih besar spesifikasi ampere dan watt agar mengisi baterai lebih cepat. Jika mengisi baterai iPhone dengan charger iPad, tentu secara teori baterai akan terisi lebih cepat.

Saya juga pernah memakai charger iPad untuk mengisi daya iPhone. Proses pengisian menjadi lebih cepat ketimbang menggunakan charger iPhone bawaan. Namun mengapa Apple tidak menyediakan charger yang sama?

Meskipun tidak ada alasan resmi, namun kemungkinan pertimbangannya adalah masalah ukuran dan harga. Ya, iPhone tidak perlu charger yang memiliki spesifikasi besar dan ukuran fisik yang besar seperti itu.

Selain itu, spesifikasi adapter charger yang besar juga membuat harga menjadi lebih mahal. Apple bisa lebih menekan harga iPhone jika menggunakan charger iPhone yang memiliki spesifikasi lebih kecil namun tetap cukup memenuhi kebutuhan pengisian daya baterai.

Lalu, kalau mengisi baterai iPhone pakai charger iPad apakah akan membuat baterai cepat rusak? Jawabannya adalah tidak. Ya benar, charger iPad tidak akan membuat baterai iPhone rusak.

Dari mana saya tahu? Gampang. Kamu kunjungi saja halaman resmi Apple ini yang menampikan produk Power Adapter 12W. Kamu bisa lihat bahwa semua perangkat iOS seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch kompatibel dan bisa menggunakan adapter charger 12W milik iPad.

Apa Charger iPad Bisa Digunakan Dengan Aman di iPhone

Bandingkan dengan halaman situs Apple untuk adapter charger 5W yang merupakan bawaan iPhone. Hanya ada iPad Mini 2 hingga 4 saja yang bisa menggunakan charger ini. Itu artinya iPad lain tidak kompatibel dengan charger ini.

Apa Charger iPad Bisa Digunakan Dengan Aman di iPhone

Jika memang charger iPad bisa membuat baterai iPhone rusak, harusnya Apple tidak mencantumkan iPhone di bagian kompabilitas. Sama seperti charger 5W yang terlalu kecil untuk iPad Air dan iPad Pro, Apple tidak mencantumkannya di perangkat yang kompatibel.

Bagaimana? Masih percaya charger iPad membuat iPhone rusak?

Bagikan pendapat kamu di kolom komentar ya 😀

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode