Home Basic Cara Mengatasi Folder Tanda Tanya di Mac dan MacBook

Cara Mengatasi Folder Tanda Tanya di Mac dan MacBook

Cara Mengatasi Folder Tanda Tanya di Mac dan MacBook

Ketika menyalakan Mac dan MacBook, biasanya akan muncul logo Apple lalu dilanjutkan masuk dan login ke desktop. Namun ada beberapa yang mengalami masalah Mac atau MacBook muncul folder tanda tanya ketika booting.

Penyebab muncul folder tanda tanya di Mac dan MacBook tersebut bisa karena beberapa hal. Salah satunya adalah karena sistem tidak bisa menemukan booting disk yang digunakan untuk startup Mac atau MacBook.

Baca Juga:

Jika muncul folder tanda tanya berkedip beberapa detik lalu lanjut booting, itu artinya Mac atau MacBook sedang mencari disk startup OS X atau macOS. Setelah berhasil booting, kamu harus secara tegas memilih startup disk.

Cara Mengatasi Folder Tanda Tanya di Mac dan MacBook

Caranya adalah masuk ke System Preference lalu pilih startup disk. Jika kamu memiliki beberapa partisi di Mac atau MacBook, kamu harus pilih disk mana tempat kamu install OS X atau macOS.

Namun jika Mac atau MacBook tidak bisa booting dan hanya menampilkan folder tanda tanya, kamu bisa ikuti tips dan tutorial berikut ini.

  1. Matikan Mac atau MacBook kamu dengan menekan tombol power beberapa detik.
  2. Nyalakan Mac dengan menekan tombol power.
  3. Ketika suara Mac berbunyi, langsung tekan Command + R untuk masuk ke recovery mode.
  4. Pilih startup disk dari menu Apple.
  5. Setelah startup disk sudah dipilih, langsung saja restart Mac dan MacBook kamu.

Namun jika disk startup tidak ada di sana, ada beberapa kemungkinan. Salah satunya adalah OS X atau macOS tidak terbaca di disk. Masalah ini bisa kamu atasi dengan menginstal ulang macOS di Mac. Baca: Cara install Ulang macOS di Mac dan MacBook.

Cara Mengatasi Folder Tanda Tanya di Mac dan MacBook

Masalah yang kedua yang mungkin terjadi adalah ada kerusakan di disk startup. Jika kerusakan di sisi software, kamu bisa memperbaikinya dengan first aid di recovery mode. Namun jika kerusakan fisik harddisk atau SSD, mau tidak mau harus ganti baru.

Bagaimana? Kamu pernah mengalami Mac yang muncul folder tanda tanya?

Bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya 😀

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong