Home Basic 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Mac Sering Hang

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Mac Sering Hang

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Mac Sering Hang

Masalah hang atau freeze memang kadang terjadi di sebuah komputer atau laptop. Tidak terkecuali dengan Mac dan MacBook. Bahkan komputer Mac atau MacBook yang dilengkapi dengan OS X atau macOS juga pernah mengalami hang.

Masalah hang dan juga freeze tersebut biasanya disebabkan oleh masalah software. Ya, software entah itu ada aplikasi atau bahkan sistem operasi OS X atau macOS bisa menjadi penyebab masalah hang di Mac atau MacBook.

Untuk kamu pengguna Mac atau MacBook yang sering hang, mungkin kamu ingin tahu bagaimana mengatasi Mac atau MacBook agar tidak sering mengalami hang atau freeze. Kamu bisa mengikuti beberapa tips dan trik di bawah ini.

 

Update macOS Terbaru

Mac dan MacBook sudah dibekali dengan sistem operasi OS X. Untuk versi terbaru, sistem operasi desktop Apple 10.12 sudah tidak lagi menggunakan nama OS X, namun kembali menggunakan nama macOS dengan versi saat ini bernama macOS Sierra.

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Mac Sering Hang

Sebenarnya untuk apa sih update macOS ke versi terbaru? Apakah update Mac penting dan apakah harus update Mac secara teratur? Apakah ada manfaat dari update Mac dan MacBook?

Banyak sekali manfaat melakukan update Mac atau MacBook ke macOS terbaru. Ya, kamu bisa menggunakan beragam fitur baru, perbaikan sistem, dan lain sebagainya. Kamu bisa baca selengkapnya di sini. Baca: 4 Alasan Mengapa Kamu Harus Update Mac dan MacBook ke macOS terbaru.

 

Update Semua Aplikasi Mac

Ketika kamu sudah update Mac atau MacBook ke macOS terbaru, biasanya aplikasi Mac juga akan diupdate ke versi terbaru. Salah satu tujuannya adalah untuk mengikuti standar macOS sehingga membuat aplikasi berjalan optimal.

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Mac Sering Hang

Jika kamu sering memperhatikan, setiap developer aplikasi sering sekali mengupdate aplikasi mereka ketika versi macOS terbaru akan dirilis. Tentu ini ada alasan mengapa mereka melakukan update sebelum macOS versi publik dirilis.

Berdasarkan pengalaman, jika aplikasi tidak diupdate ke versi terbaru maka aplikasi tersebut bisa saja membuat Mac menjadi tidak stabil. Akibatnya biasanya aplikasi akan hang atau crash, bahkan membuat Mac hang juga.

 

Hapus Aplikasi Mac yang Bermasalah

Tidak semua aplikasi Mac bisa bekerja dengan baik. Aplikasi Mac yang sudah tidak mendapatkan support dari pengembangnya biasanya sering crash dan menyebabkan aplikasi atau bahkan Mac menjadi hang.

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Mac Sering Hang

Oleh karena itu, kamu harus tahu aplikasi apa saja yang sering bermasalah. Bisa jadi itu merupakan penyebab Mac hang. Mau tidak mau, aplikasi yang bermasalah harus dihapus agar Mac atau MacBook tidak sering hang.

 

Disk Repair

Disk Mac yang bermasalah juga bisa jadi penyebab Mac sering hang. Mungkin kamu tidak pernah tahu bagaimana mungkin disk startup Mac bisa bermasalah padahal kamu tidak pernah merasakan ada kerusakan di disk Mac atau MacBook.

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Mac Sering Hang

Yang dimaksud kerusakan di sini adalah masalah yang timbul karena adanya kesalahan sistem. Memang kamu masih bisa membuka file dan folder yang ada di dalam harddisk atau SSD Mac dan MacBook kamu, namun bukan berarti tidak ada masalah di dalam disk.

Apakah disk Mac mengalami masalah atau tidak, kamu tetap bisa memperbaikinya secara berkala dengan beberapa tips berikut ini. Baca: Cara Repair Disk Permission Mac OS X atau macOS Sierra.

Bagaimana? Sudah tahu kan beberapa cara mengatasi Mac yang hang atau freeze?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita đŸ˜€

  Video: Unboxing iPhone 7 Black  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong