Home Basic Batas Cycle Count MacBook Maksimal yang Bagus dan Aman

Batas Cycle Count MacBook Maksimal yang Bagus dan Aman

Batas Cycle Count MacBook Maksimal yang Bagus dan Aman

Jumlah cycle count baterai bisa dibilang adalah salah satu pertimbangan dalam membeli laptop atau MacBook bekas. Biasanya semakin banyak jumlah cycle count, baterai akan dianggap semakin jelek. Semakin sedikit, maka dianggap baterai masih bagus dan aman.

Namun apakah benar ada batas cycle count baterai maksimal MacBook yang bagus dan masih aman? Untuk menjawabnya, tentu saja kita harus tahu penjelasan dan pengertian cycle count terlebih dahulu.

Baca Juga:

 

Pengertian Cycle Count Baterai

Cycle count bisa dibilang adalah siklus baterai dalam penggunaan 100%. Misalnya saja adalah kamu mengisi baterai 0% ke 100% lalu kamu gunakan sampai 50%, itu artinya kamu baru menggunakan 50% atau 0.5 cycle count. Kamu charge lagi sampai 100% dan kamu gunakan sampai 50% lagi, totalnya adalah 100% yang berarti 1 cycle count.

Batas Cycle Count MacBook Maksimal yang Bagus dan Aman

Cycle count maksimal tidak ada hubungannya sama berapa kali kamu mengisi baterai MacBook. Jadi ketika kamu melakukan proses charge baterai berkali-kali meskipun sedikit demi sedikit itu tidak akan dihitung ke dalam cycle count baterai.

 

Berapa Batas Cycle Count Baterai MacBook?

Di dalam dokumentasi Apple sendiri, Apple memang memberikan batas maksimal cycle count yang wajar. Itu artinya, selama belum melewati jumlah cycle count yang lebih banyak dari itu, baterai MacBook akan dianggap masih bagus dan aman untuk digunakan.

Berapa maksimal cycle count baterai MacBook? Untuk produk MacBook, MacBook Pro dan MacBook Air keluaran mulai tahun 2009 rata-rata memiliki maksimal 1000 cycle count. Itu artinya, selama belum menyentuh angka 1000, baterai masih bisa dianggap bagus dan aman. Lebih dari itu maka baterai MacBook sudah bisa dianggap usang.

 

Cycle Count Banyak Berarti Baterai Sudah Tidak Bagus?

Tidak juga. Asumsi 1000 cycle count tersebut adalah jika pengguna menggunakan perangkat MacBook dengan wajar dan aman, misalnya tidak terpapar panas berlebih dan tidak terlalu keras dalam menggunakan MacBook.

Jika pengguna menggunakan MacBook dengan keras, misalnya sering digunakan untuk main game hingga baterai dan komponen lain panas, maka bisa jadi baterai lebih cepat rusak meskipun masih memiliki jumlah cycle count yang sedikit.

Lalu berapakah cycle count baterai MacBook kamu saat ini? Jika kamu penasaran, kamu bisa melihatnya dengan cara ini. (Baca: Cara Melihat Jumlah Cycle Count Baterai MacBook)

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode