Home Mac Cara Cek Kapasitas Total dan Tersisa Baterai MacBook

Cara Cek Kapasitas Total dan Tersisa Baterai MacBook

Cara Cek Kapasitas Total dan Tersisa Baterai MacBook

Baterai adalah salah satu komponen penting dalam sebuah komputer jinjing alias laptop. Begitu juga dengan laptop Apple yaitu MacBook. Meskipun MacBook memiliki baterai yang hemat dan tahan lama, bukan berarti baterai MacBook ini tidak memiliki umur atau usia pemakaian.

Setiap hari, kapasitas tersisa dari baterai MacBook akan semakin berkurang dan selalu lebih rendah dari kapasitas total baterai awal. Hal ini karena meskipun digunakan secara hemat dan hati-hati, baterai tetap akan menuju aus dan usang.

Apple secara resmi menyatakan dalam situs resmi mereka, MacBook masih mampu memiliki kapasitas baterai tersisa sekitar 80% untuk 500 cycle count pertama dan 1000 cycle count akan dianggap usang.. Secara teori, kualitas dan kapasitas baterai MacBook untuk 500 cycle count ini termasuk masih cukup bagus.

Bagaimana jika kamu semakin lama menggunakan MacBook? Tentu saja kamu akan terus menggunakan baterai dan membuat baterai usang. Jika 500 kali charge akan menyisakan 80% baterai berarti lebih dari itu baterai akan terus berkurang.

Oleh karena itu, kamu harus selalu aware dan sadar untuk terus mengetahui dan memantau kondisi kesehatan serta kapasitas tersisa dari baterai MacBook kamu. Jika kapasitas tersisa baterai sudah kurang dari 80% berarti baterai sudah semakin lemah dalam menyimpan dan memberikan supply energi ke MacBook kamu.

Buat kamu yang ingin mengetahui dan melihat kapasitas tersisa dari baterai MacBook kamu, kamu bisa melakukan beberapa langkah mudah berikut ini.

  1. Download aplikasi iStat Menus for Mac. Kamu bisa download iStat Menus langsung dari situs resmi Bjango atau dari layanan Setapp. Baca: Download iStat Menus.
  2. Dari barisan Menu Extras atau menulets di Menu bar Mac, kamu akan melihat iStat Menus. Klik dan pilih ikon baterai untuk melihat kapasitas baterai MacBook kamu.
  3. Bingo! Kamu bisa melihat semua informasi yang berhubungan dengan kapasitas baterai seperti kapasitas penuh atau kapasitas total dan juga kapasitas tersisa yang masih ada di MacBook.
    Cara Cek Kapasitas Total dan Tersisa Baterai MacBook
  4. Kamu juga bisa melihat jumlah cycle count baterai MacBook serta health baterai MacBook kamu.

Dengan melihat kapasitas tersisa baterai serta kondisi health baterai MacBook, kamu bisa memperkirakan sendiri seperti apa kondisi baterai MacBook yang kamu miliki. Apakah kapasitas tersisa dan kondisi health masih bagus atau sudah jelek.

Tips ini juga sangat bermanfaat khusus buat kamu yang ingin membeli MacBook bekas atau MacBook seken. Dengan mengetahui kondisi baterai MacBook, kamu bisa memperkirakan sendiri seperti apa kualitas baterai MacBook yang akan kamu beli.

Solusi untuk mencegah masalah ini? Tidak ada solusi untuk masalah kapasitas baterai yang semakin berkurang. Yang bisa kamu lakukan adalah mengurangi laju pengurangan kapasitas baterai tersebut sehingga baterai MacBook bisa tetap sehat dan awet. Baca: Tips Merawat Baterai MacBook agar Awet dan Tahan Lama.

Nah bagaimana? Sudah coba? Berapa kapasitas baterai tersisa di MacBook kamu?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong