Home iPhone Cara Menggunakan GPS iPhone Sebagai Petunjuk Jalan

Cara Menggunakan GPS iPhone Sebagai Petunjuk Jalan

Cara Menggunakan GPS iPhone Sebagai Petunjuk Jalan

Menggunakan perangkat khusus peta dan GPS Dedicated dulu menjadi primadona dalam dunia navigasi mobile. Sebagai perangkat penunjuk jalan, kamu bisa mengandalkan GPS dedicated ini untuk mendapatkan petunjuk jalan agar tidak tersesat. Bagaimana dengan iPhone sebagai perangkat penunjuk jalan dan peta digital?

Tentu saja iPhone bisa kamu jadikan perangkat penyedia data peta sekaligus penunjuk jalan. Dengan kemampuan GPS yang ada, kamu cukup menggunakan perangkat lunak navigasi seperti Apple Maps dan Google Maps untuk bisa menggunakan GPS dan mendapatkan petunjuk jalan.

Untuk kali ini, saya menggunakan Google Maps sebagai software petunjuk jalan. Kamu bisa gunakan aplikasi iOS lain yang bisa kamu gunakan untuk navigasi dan keperluan peta di iPhone. Hanya saja, Google Maps memiliki peta yang bagus.

Untuk mendapatkan petunjuk jalan dengan menggunakan Google Maps di iPhone, kamu tentu saja perlu aplikasi Google Maps. Kamu bisa download gratis Google Maps dari App Store. Baca: 3 Aplikasi Peta Digital dan Navigasi Terbaik untuk iPhone

Setelah download Google Maps dan sudah kamu install di iPhone, kamu sudah siap untuk menggunakan peta dan navigasi dengan iPhone. Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan GPS iPhone sebagai petunjuk jalan dengan Google Maps.

  1. Buka aplikasi Google Maps. Setelah terbuka, kamu akan melihat peta dan lokasi kamu saat ini dan juga beberapa tampilan lain seperti bar pencarian.
    Cara Menggunakan GPS iPhone Sebagai Petunjuk Jalan
  2. Di bar pencarian, cari lokasi yang akan kamu tuju. Kamu akan mendapati tanda atau marker pada peta Google Maps.
    Cara Menggunakan GPS iPhone Sebagai Petunjuk Jalan
  3. Di bagian bawah terdapat informasi lokasi yang akan kamu datangi. Kamu bisa cek informasinya jika kamu mau. Tetapi kamu bisa langsung menggunakan fitur navigasi untuk mendapatkan petunjuk jalan dan arah.
  4. Tap ikon navigasi yang bergambar mobil untuk membuka segera fitur navigasi dan mendapatkan petunjuk jalan dan arah tujuan kamu dari lokasi kamu.
  5. Aplikasi akan melakukan proses untuk mencari rute dan jarak terdekat. Kamu akan melihat hasil dari pencarian rute tersebut langsung dari layar iPhone.
    Cara Menggunakan GPS iPhone Sebagai Petunjuk Jalan
  6. Tap saja ikon arah untuk segera memulai navigasi. Proses navigasi akan segera berlangsung.
  7. Kamu akan mendapatkan petunjuk arah ke lokasi tujuan kamu. Petunjuk arah tersebut disertai dengan panduan suara dan belokan di setiap jalan.
    Cara Menggunakan GPS iPhone Sebagai Petunjuk Jalan
  8. Kamu bisa menggunakan iPhone kamu sebagai petunjuk jalan ketika kamu sedang bepergian ke luar kota atau daerah yang belum pernah kamu kunjungi.

Untuk mendapatkan petunjuk jalan, kamu membutuhkan internet untuk proses download peta. Jadi pastikan kamu menyalakan koneksi internet kamu. Juga untuk proses download peta juga butuh internet juga.

Namun khusus untuk ketersediaan data peta, kamu bisa download peta Offline untuk bisa menghemat kuota internet, hemat waktu, dan juga hemat baterai. Baca: Cara Download Peta Offline di Google Maps.

Dengan menggunakan peta offline, maka peta sudah siap untuk digunakan dan tidak perlu kamu download lagi. Proses loading peta jadi lebih cepat dan tidak memakan banyak kuota internet.

Untuk keakuratan GPS sendiri tergantung dari smartphone yang kamu pakai. Untuk iPhone sendiri sepertinya sudah cukup bagus sehingga sudah bisa diandalkan untuk mendeteksi lokasi dan posisi di luar atau dalam ruangan.

Bagaimana? Sudah coba? Kamu punya aplikasi navigasi lain yang lebih bagus?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Bikin Sendiri Bootable USB macOS!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode