Home Basic 4 Cara Merawat Charger iPhone Agar Tidak Mudah Rusak

4 Cara Merawat Charger iPhone Agar Tidak Mudah Rusak

4 Tips dan Cara Agar Charger iPhone Tidak Mudah Rusak

Dalam paket penjualannya, perangkat Apple seperti iPhone dan iPad dilengkapi dengan charger untuk mengisi baterai. Namun banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa kabel charger iPhone mudah rusak dan kurang awet.

Salah satu kerusakan yang paling populer adalah kabel yang mengelupas bahkan ada yang hingga terputus kepala charger iPhonenya. Apa benar jika charger iPhone tersebut memang mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik? Lalu bagaimana cara merawat charger iPhone biar tidak rusak dengan cepat?

Baca Juga:

Kalau menurut saya pribadi sih kerusakan tersebut lebih banyak disebabkan oleh faktor pengguna. Charger iPhone saya yang sudah 2 tahun saja masih bisa bekerja dengan baik tanpa ada kerusakan sama sekali, meskipun sudah sedikit kotor sih karena pemakaian hehe, karena dirawat dengan baik.

Untungnya ada beberapa tips merawat charger iPhone kamu agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Untuk kamu yang ingin tahu, yuk cek 4 tips dan caranya di sini.

 

Simpan Charger Dengan Baik

Ketika kamu sudah selesai menggunakan charger untuk mengisi baterai iPhone, apa yang kamu lakukan terhadap charger tersebut? Tentu saja kamu akan menyimpannya kan. Masalahnya, bagaimana cara menyimpan yang baik dan benar?

Kalau saya pribadi sih selalu mencabut adapter dan kabel Lightning lalu menyimpan di tempat yang kering dan terhindar dari debu, misalnya di dalam tas. Namun kabel Lightning tersebut harus digulung dengan benar dan jangan dibiarkan ruwet tidak teratur.

Sangat wajar jika kabel yang ruwet tersebut ada yang tertekan secara berlebihan. Akibatnya adalah kabel menjadi terkelupas dan bahkan jika tertarik dengan keras, bisa saja kabel putus.

 

Rawat dan Pakai Charger Dengan Benar

Ketika kamu mengisi baterai iPhone, pastikan kamu menancapkan kepala charger dan ujung Lightning dengan benar ya. Begitu juga ketika sudah selesai, pastikan kamu menariknya dengan hati-hati, jangan terburu-buru. Tips satu ini adalah salah satu tips penting merawat charger iPhone dan iPad.

Salah satu penyebab kabel Lightning rusak dan kurang awet adalah pengguna sering mencabutnya dengan menarik kabelnya, bukan kepala masukannya. Apalagi mencabutnya dengan terlalu cepat dan terbutu-buru.

 

Rawat Kabel Data Dengan Pelindung Bila Perlu

Melindungi kabel data Lightning bisa kamu lakukan sendiri atau dengan membeli protector yang sudah ada di pasaran. Protektor yang cukup populer adalah pelingdung ujung dan kepala kabel agar tidak mudah rusak.

4 Tips dan Cara Agar Charger iPhone Tidak Mudah Rusak

 

Rusak? Beli Charger Original

Meskipun charger bawaan iPhone adalah asli dan original dari Apple, namun bukan berarti charger asli tidak bisa rusak. Jika memang terjadi kerusakan, maka kamu harus membeli charger iPhone baru.

Jika sudah demikian, pastikan kamu juga membeli charger iPhone yang original dan asli dari Apple. Produk asli pasti memiliki kualitas yang lebih baik dari produk yang diproduksi dari pihak ketiga.

Bagaimana? Kamu punya tips lain cara merawat charger iPhone agar awet dan tidak mudah rusak?

Bagikan pendapatmu di kolom komentar yuk 😀

  Review Keyboard Logitech K480  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode