Home Basic 4 Cara Mengaktifkan Personal Hotspot Hilang di iPhone

4 Cara Mengaktifkan Personal Hotspot Hilang di iPhone

4 Cara Mengaktifkan Personal Hotspot Hilang di iPhone

Salah satu fitur unggulan di iPhone adalah mudahnya melakukan tethering atau berbagi koneksi internet menggunakan Personal Hotspot. Namun bagaimana jika fitur Personal Hotspot hilang di iPhone / iOS kamu?

Ada beberapa keluhan dari mention di Twitter yang mengatakan bahwa Personal Hotspot hilang di iPhone mereka. Bahkan saya sendiri mengalaminya di iPhone 7 yang baru saja saya beli! (Baca: Unboxing iPhone 7 Black, Dapet Apa Aja?)

Tapi jangan khawatir, meskipun Personal Hotspot hilang dan tidak bisa ditemukan di iPhone kamu, fitur tersebut bisa kamu kembalikan dengan sangat mudah. Saya bahkan sudah berhasil mengembalikan Personal Hotspot yang hilang di iPhone 7 saya.

Berikut ini adalah 6 cara yang bisa kamu coba untuk mengaktifkan Personal Hotspot iPhone yang hilang.

Cara 1: Isi dan Samakan APNĀ 

Ini adalah cara yang saya pakai dan terbukti berhasil mengembalikan Personal Hotspot yang hilang di iPhone. Caranya adalah dengan mengisi dan menyamakan isi dari setting APN di kolom APN Cellular Data dan kolom APN Personal Hotspot.

Buka Settings > Cellular > Celular Data Options > Cellular Data Network

Setelah itu cukup isi dan samakan saja APN di Cellular Data dan Personal Hotspot.

Kini tinggal back saja, dan Personal Hotspot akan muncul serta siap digunakan. Jika belum muncul, restart iPhone.

NB: Untuk setting APN, setiap operator seluler berbeda-beda. Kamu bisa browsing atau cukup hubungi operator seluler untuk informasi lebih lanjut mengenai setting APN internet seluler di iPhone.

Cara 2: Reset Jaringan iPhone

Setelah konfigurasi ulang APN juga masih tidak berhasil? Mungkin kamu bisa coba untuk reset jaringan iOS. Ya, semua pengaturan yang berhubungan dengan jaringan akan diatur ulang seperti sedia kala.

Kamu tidak perlu khawatir dengan data-data yang ada di dalam iPhone kmau, karena reset pengaturan jaringan iPhone tidak akan menghapus semua data di iPhone seperti foto, kontak, dan lain sebagainya.

Untuk kamu yang ingin tahu bagaimana cara reset jaringan iOS di iPhone, kamu bsia baca artikel lengkapnya di sini. Baca: Cara Reset Jaringan iPhone dan iPad.

Cara 3: Reset iOS

Jika proses reset jaringan masih belum bisa memunculkan personal hotspot yang hilang, cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan reset iOS. Namun kali ini, semua data di iPhone kamu akan hilang.

Sebelum melakukan reset iOS, pastikan kamu sudah melakukan backup data penting di iPhone kamu agar semua data hilang bisa dikembalikan ke iPhone. Baca: Cara Backup Data di iPhone dan iPad.

5 Cara Mengaktifkan Personal Hotspot Hilang di iPhone

Jika kamu sudah siap, kamu bisa langsung ikuti tutorial reset iOS seperti di artikel ini. Baca: Tutorial Cara Reset iPhone dan iPad

Pastikan setelah Reset iOS kamu kembali menyamakan setting APN di cara 1 diatas.

Cara 4: Restore iPhone

Jika proses reset iOS masih belum bisa mengatasi masalah personal hotspot yang hilang, cara terakhir yang harus kamu lakukan adalah restore iPhone kamu. Sama seperti reset iOS, restore iPhone juga akan menghapus semua data di iPhone.

5 Cara Mengaktifkan Personal Hotspot Hilang di iPhone

Proses restore akan melibatkan software iTunes serta koneksi internet. Pastikan kamu sudah siap dengan semua. Silakan baca tutorial cara restore iPhone di artikel ini. Baca: Cara Restore iPhone dan iPad dengan iTunes.

Di hampir semua kasus, Personal Hotspot akan langsung muncul setelah kamu melakukan cara 1 diatas. Tetapi jika tidak juga muncul, kamu bisa mencoba hingga ke cara 4.

Apakah kamu punya tips lainnya? Jika kamu pernah mengalami personal hotspot hilang di iPhone dan berhasil mengembalikannya selain dengan 4 cara diatas, silakan bagikan tips tersebut di kolom komentar.

  Cara Upgrade iPhone ke iOS 11 Final  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong