Home Mac Review Fitur Night Shift di macOS 10.12.4 (Video)

Review Fitur Night Shift di macOS 10.12.4 (Video)

Review Fitur Night Shift di macOS 10.12.4

Kemarin Apple merilis macOS versi terbaru yaitu macOS 10.12.4. Bagi kamu yang belum melakukan update, silakan update dengan mengikuti panduan berikut. (Baca: Cara Update ke macOS 10.12.4 Terbaru)

macOS 10.12.4 membawa beberapa fitur baru, tetapi fitur utamanya adalah Night Shift. Bagi kamu yang penasaran apa itu Night Shift, apa fungsinya, dan bagaimana cara kerjanya. Silakan tonton video MacPoin dibawah ini. Jangan lupa juga subscribe channel Kepoin Tekno, karena semua video MacPoin akan diupload di channel tersebut.

 

Fitur Night Shift di macOS Sierra

 


 

Namun jika kamu lebih menyukai versi teks daripada video, berikut ini MacPoin sertakan review fitur Night Shift di macOS Sierra terbaru dalam format teks.

 

Apa itu Night Shift di Mac?

Review Fitur Night Shift di macOS 10.12.4

Bagi kamu pengguna F.lux pasti sudah tidak asing dengan cara kerjanya. Terlebih bagi kamu pengguna iPhone dimana fitur Night Shift memang sudah ditanamkan lebih awal.

Night Shift ini merupakan fitur yang berguna untuk mengurangi cahaya biru (blue light effect) dari layar yang jika terus terpapar khususnya di malam hari bakal berakibat buruk bagi kesehatan. (Baca: Apa itu Blue Light Effect dan Pengaruhnya Bagi Kesehatan)

Di Mac, Night Shift ini bakal mengatur komposisi cahaya biru tersebut agar kamu bisa lebih nyaman saat menggunakan Mac di malam hari.

 

Cara Mengaktifkan Night Shift di Mac

Fitur Night Shift di Mac bisa kamu akses melalui System Preferences > Display > Night Shift

Review Fitur Night Shift di macOS 10.12.4

Disitu kamu bisa mengatur kapan fitur Night Shift akan aktif. Kamu bisa mematikannya (Off), otomatis mengaktifkannya di malam hari dan mematikannya di pagi hari (Sunset to Sunrise) atau kamu bisa juga mengatur waktunya secara manual (Custom)

Review Fitur Night Shift di macOS 10.12.4

Jika kamu memilih Custom maka kamu tinggal memasukkan saja jam berapa Night Shift bakal mulai aktif dan jam berapa fitur tersebut akan non-aktif.

Review Fitur Night Shift di macOS 10.12.4

Ada juga opsi Manual yang jika kamu centang bakal membuat fitur ini berjalan sampai waktu yang ditentukan (ada Turn on Until Tomorrow, serta Turn on Untul Sunrise).

Review Fitur Night Shift di macOS 10.12.4

Lebih fleksibel lagi kamu bisa mengatur temperatur warnanya untuk disesuaikan dengan keinginan. Semakin ke kiri (Less Warm) maka warna akan semakin cerah (semakin banyak cahaya biru), sedangkan semakin ke kanan (More Warm) warna akan semakin menguning (semakin sedikit cahaya biru).

Review Fitur Night Shift di macOS 10.12.4

 

Pengaturan Night Shift Terbaik di Mac

Review Fitur Night Shift di macOS 10.12.4

Sebenarnya pengaturan ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kamu sendiri. Namun untuk alasan kesehatan dan kenyamanan, saya memilih menggunakan fitur Night Shift dengan pengaturan Sunset to Sunrise, serta Color Temperature menengah.

 

Sebaiknya Dinyalakan atau Dimatikan?

Memang ketika aktif fitur Night Shift ini akan membuat layar Mac kamu berwarna kekuningan, seolah tampak buram dan pucat. Tetapi memang demikian yang seharusnya untuk kebaikan kesehatan. Jadi MacPoin sarankan kamu mengaktifkan fitur Night Shift di Mac ini dengan tingkat warm yang paling nyaman untuk kamu gunakan.

 

Efek Menggunakan Night Shift

Saya merupakan pengguna lama F.lux. Ketika fitur Night Shift ini aktif dan warna biru di layar berkurang, biasanya hal yang langsung terasa adalah cepat menjadi ngantuk, dan itu memang wajar (serta sehat) — karena tubuh tahu bahwa itu sudah malam dan saatnya beristirahat.

Pada intinya, fitur seperti Night Shift ini punya manfaat yang baik untuk kesehatan. Lebih lengkapnya bisa kamu lihat di video berikut ini:


Dibandingkan dengan F.lux sendiri saya mendapati Night Shift di Mac lebih simple dan terintegrasi. Fiturnya juga sudah memenuhi keperluan untuk mengurangi cahaya biru di layar demi kesehatan. Terlebih karena ini fitur bawaan Mac, tentunya lebih nyaman menggunakan fitur bawaan daripada harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Kesimpulannya fitur Night Shift di Mac ini sangat bagus dan MacPoin rekomentdasikan untuk kamu aktifkan, terlebih jika kamu sering bekerja di depan Mac pada malam hari.

Productivity addict. Geek by nature. Cross platform tech author.