Home Basic 10 Tips Cara Mempercepat Mac dan MacBook Yang Lemot

10 Tips Cara Mempercepat Mac dan MacBook Yang Lemot

10 Tips Cara Mempercepat Mac dan MacBook Yang Lemot

Mac dan MacBook kamu mulai lemot dan tidak secepat dulu? Meskipun memiliki sistem yang lebih stabil dari Windows, namun Mac OS X atau macOS tetap bisa lemot. Dari hari ke hari, kinerja akan semakin lambat seiring dengan kebiasaan kita.

Tanpa kita sadari, sebenarnya kita yang membuat Mac dan MacBook menjadi semakin lambat. Mulai dari semena-mena menggunakan software, malas update, dan lain sebagainya.

Jika Mac dan MacBook kamu sudah terlanjur menjadi lemot dan lambat, kamu masih bisa membuat Mac dan MacBook menjadi cepat kembali. Cara mempercepat sistem Mac OS X atau macOS ini juga terbilang tidak terlalu susah. Bagaimana? Kamu siap untuk mempercepat Mac dan MacBook kamu menjadi cepat kembali seperti dulu?

Kamu bisa ikuti 10 tips dan trik cara mempercepat Mac dan MacBook agar menjadi lebih cepat

 

Update macOS Terbaru

Sangat disarankan untuk selalu update macOS kamu ke versi terbaru. Selain karena tambahan fitur baru, biasanya versi baru juga akan termasuk perbaikan dan peningkatan kinerja yang lebih cepat dari versi sebelumnya.

10 Tips Cara Mempercepat Mac dan MacBook Yang Lemot

Update besar macOS akan dilakukan satu tahun sekali dengan penamaan baru. Dalam satu tahun tersebut akan muncul beberapa update. Mulai dari update major hingga update biasa yang hanya berisi perbaikan dan peningkatan sistem saja.

Ketika tulisan ini dibuat, macOS Sierra terbaru adalah macOS Sierra versi 10.12.3. Sebagai contoh, di update 10.12.4 yang akan datang akan hadir fitur baru Night Shift yang bermanfaat seperti layaknya Night Shift di iPhone atau iPad.

 

Update Semua Aplikasi Mac

Meskipun kamu selalu update macOS ke versi terbaru, namun kamu juga jangan pernah lupa untuk terus update aplikasi Mac kamu ke versi terbaru. Versi baru biasanya memiliki dukungan fitur baru dan tentu saja peningkatan kinerja dan sistem.

10 Tips Cara Mempercepat Mac dan MacBook Yang Lemot

Apalagi jika kamu habis update macOS. Bisa jadi aplikasi Mac tersebut tidak sepenuhnya kompatibel dengan versi macOS terbaru. Oleh karena itu, sehabis update aplikasi macOS kamu juga harus update semua aplikasi Mac kamu.

Jika kamu tidak melakukan update aplikasi, maka sangat besar kemungkinan aplikasi hanya akan membuat Mac atau MacBook kamu menjadi lambat. Update aplikasi bisa mempercepat kinerja Mac. Baca: Memperbaiki Aplikasi Error Setelah Update macOS Sierra.

 

Jangan Terlalu Banyak Install Aplikasi

Aturan yang sama dengan Windows juga berlaku untuk komputer Mac. Ya, lebih baik jangan menginstall aplikasi di Mac dan MacBook kamu terlalu banyak untuk mencegah penurunan kinerja sistem menjadi lambat dan lemot.

10 Tips Cara Mempercepat Mac dan MacBook Yang Lemot

Sudah jelas jika aplikasi yang kamu install di Mac atau MacBook kamu bisa jadi tetap menggunakan resource di latar belakang. Dengan demikian, kinerja Mac atau MacBook kamu akan menjadi lebih lambat dan tidak akan secepat sebelum kamu install banyak aplikasi.

 

Jangan Install Aplikasi Bajakan

Aplikasi bajakan juga bisa jadi biang keladi penyebab Mac lemot. Ya, hal ini karena aplikasi bajakan pasti sudah disusupi kode tertentu agar aplikasi bisa diinstall secara gratis tanpa harus membayar biaya apapun.

10 Tips Cara Mempercepat Mac dan MacBook Yang Lemot

Kamu jangan pernah terlalu berharap aplikasi bajakan bisa memberikan pengalaman yang sama dengan aplikasi original. Bahkan tidak menutup kemungkinan aplikasi bajakan tersebut juga bisa mengandung program jahat yang bisa merusak Mac kamu. Baca: Pilih Aplikasi Asli atau Bajakan?

 

Utamakan Mac App Store

Aplikasi Mac bisa kamu dapatkan dari mana saja. Namun yang paling disarankan adalah mendapatkan aplikasi Mac OS X atau macOS dari toko aplikasi Mac App Store secara langsung.

10 Tips Cara Mempercepat Mac dan MacBook Yang Lemot

Mengapa? Hal ini karena semua aplikasi yang dijual di Mac App Store pasti sudah lulus kelayakan dan review dari Apple. Secara teori, aplikasi di Mac App Store ini lebih aman. Kinerja aplikasi Mac App Store juga lebih cepat dibandingkan dengan versi non Max App Store yang lebih lemot.

Untuk mendapatkannya juga lebih nyaman karena kamu tinggal cari dan download saja tanpa perlu proses instalasi yang ribet. Baca: Ini yang Harus Kamu Ketahui tentang Mac App Store.

 

Jangan Sampai Harddisk Penuh

Memori penyimpanan seperti harddisk juga bisa berpengaruh terhadap kinerja Mac dan MacBook kamu lho. Ya, jika kapasitas kosong sudah sedikit, tentu saja akan memperlambat kinerja sistem operasi secara keseluruhan.

10 Tips Cara Mempercepat Mac dan MacBook Yang Lemot

Mengapa hal ini bisa terjadi? Tentu saja hal ini bisa terjadi karena sistem operasi Mac OS X atau macOS juga membutuhkan memori virtual, swap memori, dan cache yang disimpan ke penyimpanan lokal seperti harddisk Mac.

Jika Mac atau MacBook kamu kekurangan ruang kosong, maka kinerja Mac OS X atau macOS juga bisa terhambat. Terlebih lagi jika kamu menggunakan harddisk dengan kecepatan rendah, tentu saja Mac akan semakin lambat dan lemot. Baca: Tips Menambah Kapasitas Memori Penyimpanan untuk Mempercepat Mac .

 

Upgrade ke SSD

Sudah bukan rahasia lagi kalau SSD memberikan kinerja yang jauh lebih cepat dari HDD alias Harddisk. Dengan mengganti atau upgrade harddisk Mac atau MacBook ke SSD, maka kamu bisa membuat Mac atau MacBook menjadi lebih cepat.

10 Tips Cara Mempercepat Mac dan MacBook Yang Lemot

Untuk kamu yang ingin tahu seputar upgrade SSD, khususnya untuk pengguna MacBook Pro yang masih menggunakan Harddisk dan ingin mempercepat kinerja MacBook Pro, kamu bisa baca artikel ini. Baca: Upgrade SSD MacBook Pro.

 

Upgrade RAM Mac

Menambah RAM secara teori akan membuat Mac atau MacBook kamu menjadi lebih cepat. Kenyataannya memang demikian. RAM sebagai memori utama memang memiliki fungsi yang sangat penting dalam menentukan kinerja komputer.

10 Tips Cara Mempercepat Mac dan MacBook Yang Lemot

Agar sebuah program bisa berjalan, maka dibutuhkan memori untuk menampungnya. Jika RAM penuh, maka tidak akan ada lagi tempat untuk menjalankan aplikasi yang baru kamu buka.

Namun tidak semua Mac dan MacBook bisa upgrade RAM. Untuk kamu yang ingin tahu informasi seputar cara upgrade RAM di Mac atau MacBook, bisa baca artikel ini. Baca: Apakah Mac dan MacBook bisa Upgrade RAM?

 

Rapikan Mac OS X atau macOS

Apakah kerapian OS X atau macOS bisa mempengaruhi kinerja Mac dan MacBook? Ya, jika semua file dan data yang ada di dalam Mac kamu tidak rapi dan berantakan, maka bisa membuat kinerja menjadi lemot dan lambat.

10 Tips Cara Mempercepat Mac dan MacBook Yang Lemot

Cara merapikan isi Mac OS X atau macOS sangat muda. Kamu bisa baca artikel berikut ini untuk mengetahui cara merapikan Mac dan MacBook kamu agar tidak berantakan. Baca: Cara Merapikan Isi Mac OS X atau macOS.

 

Pasang Pendingin Tambahan

Mac dan MacBook yang terlalu panas juga akan bekerja lebih lambat untuk mengurangi produksi panas yang berlebihan. Otomatis, kamu perlu pendingin tambahan untuk mengurangi panasnya Mac atau MacBook kamu.

10 Tips Cara Mempercepat Mac dan MacBook Yang Lemot

Kamu bisa mengurangi panas yang dihasilkan di Mac kamu dengan membuat ruangan menjadi lebih dingin seperti menambah AC. Jika kamu punya MacBook, kamu bisa beli cooling pad tambahan untuk mendinginkan MacBook kamu.

Bagaimana? Sudah tahu kan tips dan trik cara mempercepat Mac dan MacBook yang lemot dan lambat?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong