Home iPhone LINE Mengembangkan Clova Asisten Digital Mirip Siri

LINE Mengembangkan Clova Asisten Digital Mirip Siri

LINE Mengembangkan Clova Asisten Digital Mirip Siri

Kamu pasti sudah tahu Siri dong. Ya, asisten digital atau virtual buatan Apple ini pertama kali dirilis di iOS dan bisa kamu gunakan di iPhone dan iPad, dan sekarang sudah ada di semua perangkat Apple seperti Apple Watch, Apple TV, dan Mac dengan macOS Sierra.

Karena populer, maka muncul banyak pesaing Siri. Yang terbaru ini adalah Clova, pesaing Siri buatan LINE. Ya benar, LINE yang membuat aplikasi chat LINE yang terkenal dengan stiker lucu-lucu itu lho.

Clova diperkenalkan oleh LINE di acara MWC 2017 ini. Sebagai virtual digital assistant, Clova akan tersedia di perangkat komputer desktop dan mobile. Bahkan kabarnya layanan Clova akan segera hadir dengan dua perangkat hardware berbentuk speaker dan Smart Display.

Baca Juga:

Sepertinya Clova tidak akan dirilis dalam waktu dekat ini. Pasalnya, LINE masih bekerja sama dengan Sony dan juga LG untuk bisa menghadirkan hardware yang sudah mendukung Clova secara eksklusif.

Perangkat atau hardware yang akan mendukung Clova secara eksklusif tersebut kabarnya akan diberi nama Wave dan juga Face. Wave adalah perangkat Smart Speaker sedangkan Face adalah perangkat Smart Display.

Untuk fitur Clova sendiri juga mendukung banyak sekali perintah yang bisa kamu ucapkan sama seperti kamu menggunakan Siri. Mulai dari perintah umum seperti cuaca, kalender, hingga yang lebih kompleks seperti pembelian dan pembayaran online.

Di masa depan, LINE akan mengembangkan Clova lebih jauh seperti menjawab beragam query atau pertanyaan sulit hingga memiliki fitur pengenal wajah seperti pada Apple Siri yang akan segera mendapatkan update tersebut.

Sebagai layanan Mobile, masih belum jelas apakah Clova akan hadir di iOS atau tidak. Jika Clova hadir di iOS, maka kamu tentu saja bisa menggunakan Clova di iPhone dan iPad sebagai pelengkap Siri.

Bagaimana? Tertarik dengan Clova dari LINE ini?

via engaged

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode