Home Basic Cara Mengaktifkan Enkripsi Letter Sealing di LINE

Cara Mengaktifkan Enkripsi Letter Sealing di LINE

Cara Mengaktifkan Enkripsi Letter Sealing di LINE

LINE adalah salah satu layanan messaging yang cukup populer di smartphone Android maupun iPhone dan iPad. Sebagai salah satu aplikasi chat, tentu fitur kunci keamanan menjadi salah satu yang harus diperhatikan.

Salah satu layanan keamanan yang dimiliki oleh aplikasi LINE adalah Letter Sealing yang merupakan kunci metode keamanan ini berbasis End-To-End encryption (E2EE). LINE resmi gunakan Letter Sealing sebagai fitur keamanan bawaan.

Jadi, pesan chat yang kamu kirim dan diterima tidak akan bisa diretas atau di-hack oleh perangkat lain atau aplikasi pihak ketiga. Penerima pesan perlu cara verifikasi Letter Sealing LINE tersebut dan perlu cara membuka letter sealing LINE secara khusus .

Baca Juga:

Secara default, fitur enkripsi Letter Sealing ini akan langsung aktif ketika kamu melakukan update ke LINE versi terbaru. Namun jika kamu masih belum mendapatkan fitur ini aktif, kamu bisa menyalakan Letter Sealing secara manual.

  1. Pastikan kamu sudah download aplikasi LINE terbaru. Kamu bisa download langsung di App Store -> Download LINE for iOS.
  2. Buka LINE dan masuk ke More > Settings > Chats & Voice Calls.
  3. Di sana, cari pengaturan Letter Sealing. Pengaturan tersebut ada di bagian bawah pengaturan chat dan panggilan telepon LINE.
  4. Jika knob masih berwarna putih, itu artinya fitur Letter Sealing LINE masih mati.
  5. Cukup tap sekali hingga knob berubah menjadi berwarna hijau, maka fitur Letter Sealing sudah aktif.
    Cara Mengaktifkan Enkripsi Letter Sealing di LINE
  6. Agar bisa bekerja dengan baik, lebih baik restart iPhone atau iPad kamu setelah menyalakan fitur enkripsi tersebut.

Fitur enkripsi ini bisa meningkatkan keamanan yang ada antara kamu dengan lawan bicara atau chat karena penerima harus melakukan cara membuka letter sealing LINE tersebut. Hal ini karena pesan atau chat akan dienkripsi dengan metode End-To-End encryption atau E2EE.

Kelemahannya adalah karena bersifat end-to-end, maka kuncinya adalah kedua belah pihak juga harus sudah mengaktifkan fitur Letter Sealing ini. Jika tidak, maka chat atau pesan juga tidak akan terenkripsi seperti yang seharusnya.

Jadi jika penerima tidak atau belum mengaktifkan Letter Sealing, pesan dari pengirim tidak bisa mengirimkan pesan chat yang terenkripsi karena penerima pesan tidak tahu cara verifikasi letter sealing LINE alias membuka kunci enkripsi.

Bagaimana? Sudah berhasil fitur Letter Sealing terbaru LINE ini?

  Mengganti Baterai MacBook Pro Sendiri  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode