Home Basic 5 Tips Cara Mengunci iPhone dengan Passcode Lock

5 Tips Cara Mengunci iPhone dengan Passcode Lock

5 Tips Cara Mengunci iPhone dengan Passcode Lock

Kamu pengguna iPhone? Kamu pasti sudah tahu dengan passcode dong. Ya, salah satu fitur keamanan iOS yang ada di iPhone adalah passcode. Keberadaan passcode ini sangat penting untuk membuat iPhone kamu lebih aman.

Passcode lock atau password yang harus kamu masukkan untuk unlock iPhone ini memiliki fungsi yang sangat penting. Bahkan meskipun kamu menggunakan Touch ID yang memanfaatkan sidik jari, kamu tetap membutuhkan passcode jika proses unlock iPhone gagal menggunakan Touch ID.

Oleh karena itu, kamu tetap harus mempertimbangkan passcode lock ekstra aman yang bisa membuat iPhone kamu lebih aman dari biasanya sehingga tidak mudah dibobol dan digunakan oleh orang lain tanpa izin dari kamu.

Beberapa praktik membuat passcode lock ekstra aman ini bermacam-macam. Namun kamu bisa mengikuti beberapa tips dan trik keamanan berikut ini untuk membuat passcode lock terbaik yang ekstra aman sehingga bisa membuat iPhone kamu menjadi lebih aman.

 

Gunakan Passcode 6 Digit

Passcode 4 digit adalah password iPhone yang umum sebelum iOS 10. Setelah iOS 10, Apple memperkenalkan passcode 6 digit yang tentu saja lebih aman. Kamu bisa menggunakan passcode 6 digit untuk meningkatkan keamanan iPhone kamu.

5 Tips Cara Mengunci iPhone dengan Passcode Lock

Sebenarnya passcode 6 digit tersebut hanya akan membuat orang lain kesulitan untuk mengakses iPhone yang terkunci. Proses unlock iPhone menjadi lebih susah karena jika harus menebak passcode, kombinasi passcode 6 digit lebih banyak dan susah ditebak.

 

Aktifkan Touch ID

Untuk kamu pengguna iPhone 5S atau yang lebih baru, iPad Air 2 atau yang lebih baru, iPad Mini 3 atau yang lebih baru, serta iPad Pro maka kamu harus mengaktifkan Touch ID dan passcode secara bersamaan.

5 Tips Cara Mengunci iPhone dengan Passcode Lock

Ya, tentu saja dengan menggunakan dan mengaktifkan Touch ID kamu memiliki proteksi tambahan yang tidak bisa ditembus. Untuk kamu pengguna iPhone tersebut, kamu memiliki opsi masuk dan unlock iPhone dengan ekstra aman. Baca: Cara Mengaktifkan Touch ID di iPhone dan iPad.

 

Aktifkan Fitur Erase Data

Salah satu fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk mengamankan iPhone kamu adalah dengan mengaktifkan fitur erase data. Fitur ini akan menghapus seluruh data iPhone ketika ada orang yang salah memasukkan passcode atau password beberapa kali berturut-turut.

Fitur ini memang menyebalkan untuk kamu pengguna biasa, namun sangat bermanfaat jika kamu bekerja dengan beragam data penting dan sensitif. Bisa saja iPhone kamu dicuri atau diambil orang. Jadi daripada data tersebut dicuri, mending dilenyapkan saja.

 

Buat Passcode Lock yang Panjang

Ya, dengan membuat passcode yang sangat panjang jelas akan membuat iPhone kamu menjadi lebih aman karena orang lain jelas tidak akan mudah untuk menebak passcode yang kamu gunakan untuk unlock iPhone.

5 Tips Cara Mengunci iPhone dengan Passcode Lock

Meskipun panjang, kamu tidak boleh memasukkan passcode yang mudah ditebak seperti tanggal lahir, nomor jalan, nomor telepon, dan lain sebagainya. Jadi meskipun panjang, tetap harus aman dan sulit ditebak.

 

Buat Password Panjang dan Susah

Kamu tetap bisa menggunakan password yang terdiri dari angka dan huruf. Jadi ketika kamu merasa passcode masih terlalu mudah dan mudah untuk dibobol oleh orang lain, kamu bisa membuat kombinasi angka dan huruf seperti layaknya password pada umumnya.

Penggunaan password seperti ini jelas lebih aman karena untuk menebak password semacam ini juga harus mempertimbangkan kombinasi huruf. Berbeda dengan passcode yang hanya menggunakan angka saja. Baca: Cara Membuat Password iPhone Aman dari Angka dan Huruf.

Nah itu tadi adalah beberapa tips dan trik ekstra aman yang bisa kamu gunakan untuk mengamankan iPhone kamu dan membuat iPhone menjadi aman sehingga tidak mudah untuk dibobol oleh orang lain yang bukan pemilik iPhone tersebut.

Bagaimana? Ada tips mengamankan dan membuat iPhone aman dengan Passcode Lock terbaru?

Share pendapatmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Video: Review Smartband Zeblaze Zeband Plus  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong