Home Basic Apa Itu Jailbreak iOS, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa Itu Jailbreak iOS, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa Itu Jailbreak iOS, Kelebihan dan Kekurangannya

Kamu mungkin sudah sering mendengar jailbreak iOS atau jailbreak iPhone. Katanya jailbreak membuat iPhone menjadi lebih baik dan memberikan banyak fitur baru dan kelebihan lain. Sekarang pertanyaan untuk kita semua. Apa itu jailbreak?

Di artikel kali ini akan menjelaskan beragam informasi seputar jailbreak iOS di iPhone dan iPad pada khususnya. Kamu juga akan melihat beragam kelebihan jailbreak di iPhone dan iPad kamu beserta kelemahan dan kekurangan jailbreak serta risiko jailbreak iPhone.

Baca Juga:

 

Apa Itu Jailbreak?

Jailbreak adalah salah satu teknik yang membuat perangkat iOS kamu seperti iPhone dan iPad memiliki kebebasan yang lebih. Seperti namanya, Jailbreak bisa diartikan sebagai “merusak penjara”. Sangat cocok untuk menggambarkan iOS yang kaku dan penuh batasan.

Apa Itu Jailbreak iOS, Kelebihan dan Kekurangannya

Dengan melakukan jailbreak iOS, kamu akan bisa memiliki kendali lebih banyak terhadap iPhone dan iPad kamu seperti menambah fitur, tweak, tema, dan lain sebagainya. Bahkan sudah banyak fitur yang belum hadir di iOS bisa dilakukan di jailbreak ini.

Contoh sederhana adalah tema. Kamu tidak akan pernah bisa mengubah tema di perangkat iOS seperti iPhone dan iPad. Mengubah tema iPhone hanya bisa kamu lakukan sebatas mengganti wallpaper saja.

Dengan jailbreak, kamu bisa menggunakan beragam tweak dan tema yang tidak akan pernah kamu temukan di iOS tanpa jailbreak. kamu tidak akan bisa menemukan aplikasi tema di App Store karena developer aplikasi tidak diizinkan oleh Apple membuat aplikasi yang mengubah sistem terlalu jauh.

 

Apakah Jailbreak Gratis atau Berbayar?

Jailbreak bisa kamu lakukan gratis dan tidak perlu biaya, dengan syarat kamu melakukannya sendiri atau meminta bantuan teman yang tidak dibayar. Jika kamu menggunakan jasa di toko seluler, tentu saja mereka akan mematok harga bervariasi sekitar Rp 100.000 hingga Rp 200.000 saja.

Apa Itu Jailbreak iOS, Kelebihan dan Kekurangannya

Jika kamu tahu cara jailbreak iOS dan bisa menerapkan cara tersebut untuk iPhone kamu sendiri, tentu saja kamu tidak perlu bayar karena memang tool jailbreak ini bisa kamu download secara gratis.

 

Apakah Jailbreak Bisa Download Aplikasi Crack Gratis?

Mungkin kamu berpikir jailbreak berarti kamu bisa melakukan crack gratis dan melakukan install aplikasi gratis ke iPhone dan iPad kamu. Entah apa yang bisa terjadi, namun tool jailbreak sebenarnya bukan untuk melakukan install aplikasi gratis dengan crack ilegal.

Apa Itu Jailbreak iOS, Kelebihan dan Kekurangannya

Tujuan utama jailbreak ini adalah untuk memberikan kebebasan lebih terhadap batasan iOS. Apple sangat menjaga ketat sistem iOS sehingga sangat sulit bagi pembuat aplikasi untuk membuat aplikasi seperti launcher, tema, tweak tertentu, dan lain sebagainya.

Proses jailbreak memang gratis jika kamu tahu caranya. Tool jailbreak juga gratis dan bisa kamu download dan kamu gunakan secara gratis pula. Namun dalam tool jailbreak tersebut juga terdapat Store untuk mendownload aplikasi untuk keperluan tweak, menambah fitur, dan lain sebagainya.

Apakah aplikasi tweak jailbreak tersebut gratis? Kebanyakan aplikasi jailbreak keren yang dijual di Cydia Store berbayar. Hal tersebut memang sangat wajar mengingat proses jailbreak sangat sulit untuk dilakukan. Jadi proses jailbreak gratis, namun aplikasi tweak belum tentu gratis. Baca: Mitos dan Salah Kaprah Tentang Jailbreak iPhone.

 

Apakah Kelebihan Jailbreak?

Kelebihan jailbreak tentu saja kamu bisa menambah banyak fitur baru ke iPhone dan iPad kamu. Kamu tidak akan pernah melihat beragam fitur keren jailbreak di iOS tanpa jailbreak karena developer aplikasi tidak akan sanggup membuat aplikasi tweak tersebut karena dibatasi dan dilarang oleh Apple.

Untuk kamu yang ingin melihat seperti apa sih kehebatan tweak jailbreak sehingga banyak orang ingin sekali melakukan jailbreak iPhone, kamu bisa lihat video di bawah ini.

Apa Kekurangan dan Risiko Jailbreak?

Apakah jailbreak ilegal atau legal? Sebenarnya tergantung dilihat dari sisi mana dulu. Jika yang dimaksud ilegal itu bisa membuat kamu dipenjara seperti layaknya kamu menggunakan obat-obatan terlarang, tentu saja tidak. Namun di mata Apple, jailbreak tetap tidak legal.

Apa Itu Jailbreak iOS, Kelebihan dan Kekurangannya

Meskipun kamu tidak akan pernah dipenjara karena melakukan jailbreak iPhone dan iPad kamu, namun jailbreak  di mata Apple adalah perbuatan yang melanggar banyak ketentuan . Artinya, kekurangan jailbreak ini membuat beberapa ketentuan seperti garansi dan jaminan juga akan hilang.

Risiko jailbreak yang harus kamu hadapi adalah bahaya program jahat seperti malware, virus, spyware, dan lain sebagainya. Sangat wajar jika jailbreak membuat iOS menjadi tidak aman dan rentan terhadap serangan.

 

Apakah iPhone Harus Jailbreak?

Untuk yang satu ini, hanya kamu yang bisa menjawabnya. Apakah kamu suka oprek iPhone atau oprek iOS seperti root Android atau suka menggunakan iPhone dan iPad kamu dengan cara yang aman?

Kalau saya sih tidak suka jailbreak dan lebih pilih untuk main aman saja. Bosan dengan tampilan iOS yang itu-itu saja? Mungkin, namun selama fungsi utama iOS bisa bekerja dengan baik, apa salahnya?

Jika di dalam dunia iPhone dan iPad ada istilah jailbreak iOS, maka di Mac ada istilah hackintosh. Bedanya, hackintosh adalah melakukan install OS X atau macOS ke komputer selain Apple. Baca: Apa itu Hackintosh, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Nah bagaimana menurutmu? Kamu lebih suka menggunakan iPhone dan iPad dengan aman atau lebih suka jailbreak iOS?

Share pengalaman kamu ke kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong