Home Basic Adu 4 Browser macOS Terbaik untuk Mac dan MacBook

Adu 4 Browser macOS Terbaik untuk Mac dan MacBook

Adu 4 Browser macOS Terbaik untuk Mac dan MacBook

Memilih web browser bagi sebagian orang mungkin merupakan pekerjaan yang serius. Ada banyak sekali pertimbangan dalam memilih dan menentukan browser terbaik untuk digunakan. Begitu juga dengan pengguna Mac OS X atau macOS ingin browser terbaik yang bisa mereka gunakan di Mac dan MacBook mereka.

Meskipun ada puluhan browser yang tersebar di seluruh internet, setidaknya ada 4 browser Mac OS X atau macOS terbaik yang populer di kalangan pengguna Mac dan MacBook. ya, browser tersebut adalah Safari, Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera.

Dalam menentukan browser Mac terbaik, ada cukup banyak pertimbangan yang sering dilakukan pengguna. Tentu saja uji benchmark adalah yang paling populer. Kali ini kita akan melakukan pengujian dengan menggunakan browser benchmarks dari BrowserBench.org untuk setiap browser Safari, Google Chrome, Firefox, dan Opera.

Baca Juga:

Pengujian browser dengan BrowserBench akan dihitung menggunakan benchmark Motion Mark, Speedometer, dan JetStream. Jadi nanti yang dijadikan patokan adalah hasil akhir pengujian browser.

Selain performa berdasarkan BrowserBench, kita juga akan melihat kemampuan masing-masing browser dengan menguji kemampuan HTML5 dari HTML5Test untuk masing-masing browser Mac tersebut.

 

Motion Mark

Motion Mark adalah benchmark yang didesain untuk menguji browser dalam hal menangani sistem grafis di dalam halaman web. Jadi nanti web browser akan diberikan beberapa tes untuk menangani beragam pengujian grafis.

Cara melakukan pengujian ini sangat sederhana. Cukup masuk ke BrowserBench.org dengan menggunakan browser yang ingin kamu uji lalu klik Motion Mark. Pengujian akan menampilkan beragam tampilan grafis yang mungkin terlihat aneh. Biarkan saja dan jangan gunakan komputer Mac kamu. Tunggu hingga pengujian selesai.

Pengujian Motion Mark menunjukkan bahwa Safari mendapatkan skor tertinggi. Disusul oleh Opera, Google Chrome, dan yang terakhir adalah Firefox. Kamu bisa lihat semua hasil pengujian tersebut di bawah ini.

 

Speedometer

Speedometer adalah pengujian web browser dalam menghitung kecepatan respon dari aplikasi web. Semakin tinggi angkanya, maka hasilnya adalah semakin baik. Bagaimana hasil dari pengujian ini terhadap 4 browser Mac terbaik tersebut?

Kali ini, Opera mendapatkan skor terbaik. Disusul oleh Safari, Google Chrome, dan terahir Firefox. Kamu bisa lihat hasil lengkapnya di bawah ini.

 

JetStream

JetStream adalah pengujian yang mengukur kemampuan JavaScript di masing-masing browser dalam menjalankan aplikasi web. Semakin tinggi angkanya, maka hasil akan semakin baik. Browser mana yang meraih skor terbaik kali ini?

Kali ini Opera yang mendapatkan skor terbaik untuk uji JetStream. Disusul oleh Safari, Chrome, dan terakhir Firefox. Kamu bisa lihat hasil pengujian di bawah ini.

 

HTML5Test

Pengujian HTML5 Test ini berada di situs yang berbeda dengan BrowserBench. Kali ini kamu harus masuk ke HTML5Test.com dan akan langsung mendapatkan skor HTML5. Jadi, browser mana yang meraih skor terbaik dalam uji HTML5 ini?

Tidak perlu diragukan lagi, untuk yang satu ini Google Chrome meraih skor terbaik. Disusul oleh Opera, Firefox, dan kali ini Safari meraih skor terendah dalam uji HTML5. Kamu bisa lihat hasil akhir di bawah ini.

Setelah melewati serangkaian tes dan pengujian, browser mana yang layak masuk dalam browser terbaik? Untuk saya pribadi sih lebih sering menggunakan Opera untuk sekedar browsing biasa. Hal ini karena Opera sudah dilengkapi dengan fitur pemblokir iklan, penghemat baterai, penghemat data, Opera turbo, dan VPN gratis tanpa ekstensi.

Google Chrome juga menawarkan sangat banyak sekali ekstensi yang bisa kamu gunakan. Namun yang tidak terlalu saya suka dari Google Chrome adalah yang paling boros baterai MacBook dibanding yang lain.

Alternatif lain yang sering saya gunakan adalah Safari. Saya merasa Safari ini sangat cepat dan sangat hemat baterai jika hanya digunakan untuk browsing biasa. Kelemahannya adalah ketersediaan fitur dan ekstensi yang tidak sebanyak Google Chrome dan Opera.

Untuk Firefox, saya malah baru saja install hanya untuk kebutuhan artikel ini saja. Saya familiar dengan Firefox dari Ubuntu karena merupakan browser bawaan Ubuntu. Untuk Firefox di Mac ini sebenarnya tidak jauh berbeda, terasa cukup cepat dan responsif. Namun entah mengapa mendapatkan skor yang rendah dalam pengujian benchmark.

Nah buat kamu, browser terbaik apa yang kamu pilih?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita juga 😀

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode