Home iPhone Cara Menghapus Aplikasi Bawaan iPhone dan iPad

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan iPhone dan iPad

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan iPhone dan iPad

Beberapa pengguna iPhone merasa bahwa jumlah aplikasi bawaan iPhone terlalu banyak. Bukan cuma itu, mereka juga merasa storage iPhone sangat kurang sehingga merasa harus menghapus aplikasi bawaan iPhone. Apakah bisa menghapus aplikasi iPhone bawaan?

Tentu saja bisa, bukan cuma menghapus aplikasi iPhone dari pihak ketiga, kamu juga bisa menghapus aplikasi iPhone bawaan iOS sehingga kamu bisa lebih hemat dalam penggunaan storage, khususnya untuk iPhone 16GB yang termasuk dalam kategori storage kecil.

Cara menghapus aplikasi iPhone bawaan ini sudah diperkenalkan di iOS 10 awal dan sudah bisa kamu gunakan. Buat kamu yang masih belum bisa menghapus aplikasi bawaan iPhone, kamu berarti masih menggunakan iOS 9. Update ke iOS 10 untuk bisa menghapus aplikasi bawaan iPhone.

Lalu bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan iPhone tersebut? Caranya sangat mudah. Kamu bisa melakukan tutorial dengan beberapa langkah mudah berikut ini.

  1. Pastikan kamu sudah update iPhone kamu ke iOS 10 terbaru. Versi terbaru saat tulisan ini dibuat adalah iOS 10.2.1. Jika kamu sudah update ke iOS, kamu bisa langsung ke langkah selanjutnya. Baca: Cara Update iOS 9 ke iOS 10 di iPhone dan iPad.
  2. Setelah iPhone atau iPad kamu sudah menggunakan iOS 10 terbaru, kamu sudah bisa langsung menghapus aplikasi bawaan iPhone.
  3. Cari aplikasi bawaan apa saja yang akan kamu hapus. Misalnya saja aplikasi bawaan iTunes Store iOS di iPhone dan iPad kamu.
    Cara Menghapus Aplikasi Bawaan iPhone dan iPad
  4. Tekan dan tahan aplikasi bawaan iOS tersebut selama beberapa detik. Kamu akan melihat aplikasi bawaan tersebut memiliki ikon (X) di bagian kiri atas ikon aplikasi.
    Cara Menghapus Aplikasi Bawaan iPhone dan iPad
  5. Tap ikon (X) tersebut untuk menghapus aplikasi bawaan iPhone.
  6. Jika ada konfirmasi, langsung saja pilih Hapus untuk segera menghapus aplikasi iPhone bawaan tersebut dari iPhone.
    Cara Menghapus Aplikasi Bawaan iPhone dan iPad
  7. Tunggu hingga proses penghapusan selesai.

Dengan menghapus aplikasi bawaan tersebut, kamu tidak akan bisa lagi menggunakan aplikasi tersebut. Namun jangan khawatir, kamu masih bisa mengembalikan aplikasi iPhone yang sudah terhapus tersebut dengan sangat mudah.

Sebagai catatan, tidak semua aplikasi bawaan iPhone dan iPad bisa dihapus. Misalnya saja App Store. Kamu tidak akan pernah bisa menghapus aplikasi App Store iOS karena aplikasi tersebut penting dan selalu dibutuhkan oleh sistem iOS.

Sekedar saran, sebisa mungkin jangan hapus aplikasi iPhone bawaan karena setiap aplikasi bawaan iOS tentu memiliki fungsi khusus yang mungkin saja tidak akan bisa digantikan oleh aplikasi pihak ketiga yang kamu download dari App Store. Baca: Sebisa Mungkin Jangan Hapus Aplikasi Bawaan iPhone.

Jika kamu berencana untuk menambah kapasitas memori internal iPhone, kamu bisa mencoba cara ini untuk menghapus cache iPhone dan sekaligus menambah free storage dari kapasitas memori internal iPhone. Baca: Cara Menghapus Cache iPhone di iOS 10.

Berhubung iPhone dan iPad menggunakan iOS yang sama, jadi kamu juga bisa sekalian menghapus aplikasi iPad bawaan iOS dengan tutorial di dalam artikel ini. Langkah-langkah sama saja, kamu tinggal lihat di tutorial langkah-langkah dan gambar di atas ya 😀

Bagaimana? Sudah coba menghapus aplikasi iPhone bawaan?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong