Home iPad Cara Hapus Cache Data iOS 10 Lewat App Store

Cara Hapus Cache Data iOS 10 Lewat App Store

Ini Dia Perubahan App Store di Masa Mendatang

Habis update iOS 10? Atau kamu punya banyak aplikasi dan aplikasi tersebut menyimpan banyak sampah? Kamu tidak punya pilihan selain menghapus aplikasi tersebut lalu melakukan download lagi untuk membuat aplikasi tersebut kembali bersih dari sampah?

Ketika saya habis update iOS 10 di iPad Air, saya juga merasakan adanya penumpukan data cache di iOS 10 iPad Air saya. Saya lihat kapasitas saya hanya sekitar 797 MB. Saat update iOS 10, kapasitas iPad Air saya lebih dari 1 GB, atau sekitar 1.3GB. Bagaimana mungkin?

Jika iOS 10 membutuhkan kapasitas 1 GB dan saya berhasil update, maka kapasitas awal saya pasti lebih dari 1 GB dan tidak mungkin hanya 797 MB. Kemanakah kapasitas yang hilang tersebut?

Kapasitas yang hilang tersebut diisi oleh beragam cache data, mulai dari data aplikasi sampai data sistem iOS itu sendiri. Nah, perkiraan saya sih tidak semua cache tersebut ikut terhapus bersamaan dengan update iOS 10 di iPad Air saya. Bagaimana cara menghilangkan cache di iOS 10 tersebut?

Ternyata cache di iOS 10 bisa kita hilangkan dengan cara yang sangat mudah sekali. yaitu dengan jalan lewat App Store. Ketika saya menggunakan cara ini, kapasitas kosong iPad Air saya langsung meningkat dari 797 MB hingga menjadi 1.7 GB.

Kalau kamu mau coba, kamu bisa lakukan beberapa langkah mudah cara hapus cache data iOS 10 lewat App Store.

  1. Pastikan kapasitas kosong iPhone atau iPad kamu sudah sedikit ya.
    Cara Hapus Cache Data iOS 10 lewat App Store
  2. Buka App Store dan cari aplikasi dengan kapasitas besar yang lebih besar dari kapasitas iPhone atau iPad milikmu. Saya memilih Infinity Blade III yang berukuran 3 GB.
    Cara Hapus Cache Data iOS 10 lewat App Store
  3. Download aplikasi tersebut. Beberapa saat setelah kamu download maka akan muncul peringatan “Kapasitas Tidak mencukupi”.
    Cara Hapus Cache Data iOS 10 lewat App Store
  4. Setelah menerima peringatan tersebut, langsung saja kamu batalkan proses download. Coba kamu langsung tekan tombol Home dan lihat apa yang terjadi.
  5. Kamu akan melihat beberapa aplikasi akan menampilkan ikon yang lebih gelap dengan tulisan “Membersihkan”.
    Cara Hapus Cache Data iOS 10 lewat App StoreCara Hapus Cache Data iOS 10 lewat App Store
  6. Biarkan saja dan tunggu beberapa saat hingga tidak ada lagi keterangan. Setelah tidak ada lagi aplikasi yang menampilkan tulisan “Membersihkan” maka langsung saja cek Pengaturan – Umum – Simpanan dan Penggunaan iCloud.
  7. Tadaaaaa….!!!! Kapasitas saya menjadi 1.7 GB. Wooowwwww!!! It works 😀
    Cara Hapus Cache Data iOS 10 lewat App Store

Perlu kamu ketahui bahwa trik ini perlu beberapa poin yang harus diperhatikan. Beberapa hal tersebut adalah :

  1. Trik ini hanya bekerja jika kapasitas kosong iPhone atau iPad kamu sudah menipis. Jika masih di atas 2 GB, besar kemungkinan tips ini tidak bisa kamu gunakan.
  2. Pastikan kamu memilih aplikasi yang lebih besar kapasitasnya di App Store. Disarankan sih yang kapasitasnya terbesar yang bisa kamu temukan. Beberapa aplikasi atau game gratis yang punya kapasitas besar yang bisa kamu coba adalah Asphalt 8, Need For Speed TM Limits, dan lainnya
  3. Tidak ada jaminan berapa kapasitas kosong yang akan kamu dapatkan. Bisa saja dari 500 MB hanya meningkat menjadi 700 MB. Bahkan bukan tidak mungkin dari 400 MB menjadi 2 GB 😀

Nah buat kamu yang kapasitas kosongnya masih sedikit, kamu bisa coba ini trik cara haus cache data iOS 10 lewat App Store ini. Bagaimana? Sudah coba?

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong