5 Cara Cek IMEI iPhone yang Asli dengan Mudah

IMEI dan nomor Serial adalah dua hal penting yang perlu kamu ketahui sebagai calon pembeli iPhone, terlebih jika membeli iPhone bekas alias iPhone seken / second hand. Nah, biasanya banyak calon pembeli yang masih belum tahu bagaimana cara cek IMEI iPhone, mungkin kamu salah satu diantaranya?

Mengetahui IMEI iPhone sebenarnya sangat mudah. Cukup dengan beberapa langkah saja kamu bisa mengecek dan melihat IMEI iPhone sehingga langsung tahu apakah IMEI iPhone tersebut adalah IMEI ori atau IMEI palsu. Hal ini sangat penting karena sekarang ini banyak sekali beredar iPhone palsu yang tentunya menggunakan IMEI palsu, sehingga kamu perlu waspada. Baca: Perbedaan iPhone Asli dan iPhone Palsu.

Untuk mengecek dan melihat IMEI iPhone ori, berikut ini adalah 5 cara yang bisa kamu lakukan:

 

Langsung dari iPhone

Cara paling umum yang bisa kamu gunakan untuk mengecek IMEI iPhone adalah dari dalam sistem operasi iOS sendiri. Secara default, IMEI akan terus melekat di iPhone dan tidak akan bisa menghilang. Jika IMEI iPhone menghilang, maka ada yang tidak beres dengan iPhone.

5 Cara Cek IMEI iPhone yang Asli dengan Mudah

Untuk cek IMEI iPhone langsung dari iPhone, buka saja Setting –> General –> About this iPhone. IMEI iPhone tersebut akan ditampilkan pada baris IMEI.

 

IMEI Belakang iPhone

Meskipun melihat IMEI iPhone dari sistem operasi iOS adalah lebih umum, namun sebenarnya kamu bisa dengan lebih cepat melihat IMEI iPhone tanpa masuk ke sistem operasi iOS itu sendiri. Bagaimana cara melihat IMEI iPhone tanpa harus masuk ke sistem iOS?

5 Cara Cek IMEI iPhone yang Asli dengan Mudah

Kamu cukup lihat body bagian belakang dari iPhone dan IMEI akan tertulis disana. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk pengecekan keaslian IMEI secara cepat. Jadi jika IMEI di belakang body berbeda dengan IMEI iPhone di dalam sistem iOS, maka bisa dipastikan ada yang tidak beres dengan iPhone tersebut. Bisa saja itu iPhone iPhone rekondisi yang sudah dibongkar pasang. Karena jika iPhone asli akan memiliki IMEI asli yang sama antara sistem iOS dengan IMEI di belakang iPhone.

Tapi perlu kamu tahu bahwa tidak semua seri iPhone menuliskan IMEI di bagian belakang cover. Beberapa seri seperti iPhone 7 saya misalnya, tidak ada tulisan IMEI yang tertera di cover belakangnya.

 

Kotak Kemasan iPhone

Kotak penjualan atau box iPhone juga memiliki keterangan IMEI yang bisa kamu lihat dan cek secara langsung. Ada di bagian bawah box atau kotak kemasan iPhone, kamu bisa lihat di sana.

5 Cara Cek IMEI iPhone yang Asli dengan Mudah

Selain IMEI, ada juga informasi lain seperti serial iPhone, importir atau distributor iPhone, dan lain sebagainya. Jadi pastikan selain IMEI di sistem operasi iOS dan juga di belakang iPhone sama, IMEI yang ada di bawah kotak iPhone juga harus sama

 

IMEI iPhone di iTunes

Masih tidak yakin bahwa IMEI iPhone ori? kamu masih bisa melihat dan memeriksa IMEI iPhone langsung dari iTunes. Dengan memeriksa IMEI iPhone dengan menggunakan iTunes juga bisa menjadi indikator apakah iPhone kamu termasuk iPhone asli atau palsu.

Salah satu tanda jika iPhone kamu asli atau tidak adalah dengan menyambungkan iPhone ke iTunes. Jika iPhone tidak terdeteksi iTunes, maka bisa jadi iPhone kamu adalah iPhone Palsu. Baca: Cara Mengatasi iPhone Tidak Terdeteksi iTunes.

 

Nah itu dia beberapa cara cek IMEI iPhone dengan cara yang benar. Tips dan trik ini sangat cocok untuk kamu yang berencana membeli iPhone bekas atau iPhone seken. Apa yang bisa kamu lakukan selanjutnya setelah tahu IMEI tersebut?

Kamu bisa langsung cek keaslian iPhone kamu langsung dari situs Apple. Jika bisa, kamu langsung saja cek IMEI iPhone di toko iPhone tersebut apakah iPhone bekas tersebut iPhone asli atau palsu / replika. Baca: Cara Cek iPhone Asli atau Palsu.

Setelah kamu sudah bisa memastikan keaslian IMEI iPhone tersebut adalah IMEI asli, maka kamu bisa menerapkan tips membeli iPhone bekas atau iPhone seken dalam artikel ini. Baca: Tips Membeli iPhone bekas atau iPhone Seken yang Murah dan Berkualitas.

Bagaimana? Sudah mengerti kan?

Share pengalaman kamu di kolo koemntar ya, share juga ke teman-teman kamu dengan klik tombol share, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.