Home iPad 5 Cara Mengatasi iPhone Tidak Terdeteksi di iTunes

5 Cara Mengatasi iPhone Tidak Terdeteksi di iTunes

Cara Mengatasi iPhone Tidak Terdeteksi iTunes

iTunes adalah software yang sangat penting untuk pengguna iOS seperti iPhone dan iPad. Hal ini karena iTunes adalah software yang menjadi jembatan antara iPhone atau iPad dengan komputer atau laptop kamu.

Intinya sih, jika kamu punya perangkat iOS seperti iPhone dan iPad, kamu juga harus install iTunes di PC dan laptop.Namun terkadang iTunes tidak mengenali iPhone dan iPad yang kamu sambungkan.

Baca Juga: 

Alhasil, iPhone dan iPad tidak terdeteksi di iTunes dan kamu tidak akan bisa melakukan transfer data seperti memasukkan video ke iPhone, memasukkan lagu ke iTunes, dan sebagainya. Bagaimana cara agar iTunes bisa mendeteksi iPhone dan iPad?

 

Gunakan Kabel Original

Salah satu penyebab umum mengapa iPhone tidak terdeteksi di iTunes adalah iPhone tersambung ke komputer atau laptop dengan menggunakan kabel yang tidak asli. Jadi buat iPhone yang tidak bisa terdeteksi di iTunes, coba kamu ganti kabel data tersebut ke kabel original.

Cara Mengatasi iPhone Tidak Terdeteksi iTunes

Tentu saja untuk langkah pertama ini kamu tidak perlu langsung beli kabel original. Kamu bisa pinjam kabel original dari temanmu yang memilikinya. Baru jika iPhone sudah bisa terdeteksi di iTunes, berarti masalah di kabel data tersebut. Kamu bisa mulai berencara untuk membeli kabel data original yang baru.

 

Bersihkan Port dan Konektor

Meskipun kamu sudah menggunakan kabel original, mungkin kamu masih kesulitan menyambungkan iPhone ke komputer karena iTunes masih tidak bisa mendeteksi iPhone kamu.

Cara Mengatasi iPhone Tidak Terdeteksi iTunes

Langkah mudah yang bisa kamu coba adalah membersihkan port dan konektor. Bersihkan port Lightning di iPhone dan juga konektor Lightning pada kabel tersebut. Jangan lupa juga port USB dan konektor USB di kabel Lightning harus kamu bersihkan agar bersih dan tidak ada masalah untuk transfer data.

 

Coba ke iPhone Lain

Masih tidak bisa tersambung? Mungkin kamu bisa mencoba kabel yang kamu gunakan ke iPhone lain. Kamu bisa melihat apakah iPhone lain yang menggunakan kabel yang sama bisa terdeteksi di iTunes atau tetap tidak bisa.

Jika memang bisa terdeteksi iTunes, maka masalah tersebut adalah iPhone kamu. Mungkin ada masalah di hardware yang menyebabkan iTunes tidak mengenali iPhone kamu. Jika iTunes juga tidak bisa mendeteksi iPhone lain tersebut, ada kemungkinan memang kabel yang rusak.

 

Update Driver (Windows Only)

Untuk pengguna komputer Mac, kamu tidak perlu ribet dengan masalah driver iTunes untuk iPhone, karena driver tersebut sudah tersedia secara otomatis dan kamu tidak perlu download driver iTunes.

Namun jika kamu pengguna PC komputer atau laptop Windows, ada kalanya terdapat masalah driver iTunes yang menyebabkan iTunes tidak mengenali iPhone dan iPad kamu. Solusi? Update driver iTunes Windows di komputer atau laptop kamu agar iTunes bisa mendeteksi iPhone dan iPad.

 

iPhone Palsu?

Jika iPhone yang kamu gunakan ternyata bukan iPhone asli, maka iTunes tidak bisa mendeteksi iPhone tersebut meskipun sudah tersambung ke komputer atau laptop yang ada iTunes di dalamnya.

Hal ini karena iTunes memang didesain hanya bisa mendeteksi iPhone dan iPad yang asli saja, sementara iPhone dan iPad replika alias super copy tidak akan pernah bisa terdeteksi di iTunes.

Baca: Perbedaan iPhone Asli dan iPhone Palsu

Nah itu dia beberapa penyebab iTunes tidak bisa mendeteksi iPhone dan iPad. Kamu bisa mencoba beberapa solusi tersebut untuk memperbaiki masalah iTunes tersebut.

Bagaimana? Sudah coba?

Share pengalaman kamu ke kolom komentar ya, dan jangan lupa follow Twitter kita.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong