Home iPhone 11 Cara Mengatasi Aplikasi iPhone Stuck Waiting Terus

11 Cara Mengatasi Aplikasi iPhone Stuck Waiting Terus

11 Cara Mengatasi Aplikasi iPhone Stuck Waiting Terus

Install aplikasi iOS di iPhone dan iPad memang sangat mudah. Kamu cukup masuk ke App Store, mencari aplikasi iOS yang kamu inginkan, lalu download. Proses install akan berjalan secara otomatis setelah kamu berhasil mendownloadnya.

Namun terkadang, aplikasi tersebut mengalami stuck waiting atau loading dengan menampilkan ikon aplikasi menjadi gelap. Aplikasi iOS tersebut tidak terdownload atau tidak mau memulai proses download. Jika demikian, maka proses download mengalami stuck dan loading yang tidak akan berhenti. Bagaimana cara memperbaiki aplikasi iPhone stuck di waiting saat install ini?

Namun jangan khawatir, ada 11 cara yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki dan mengatasi masalah aplikasi iPhone stuck di waiting atau loading terus menerus ini. Beberapa masalah tidak bisa download dan gagal update aplikasi juga bisa kamu coba solusi berikut ini.

 

Coba Hapus Aplikasi

Cara termudah untuk mengatasi aplikasi iPhone yang stuck dan waiting  adalah dengan menghapus aplikasi iPhone yang bermasalah tersebut secara manual. Dengan menghapus aplikasi tersebut, maka sistem akan membatalkan proses download aplikasi dari App Store.

Namun jika aplikasi iOS tersebut tidak bisa terhapus dari iPhone dan iPad dan hanya menampilkan ikon gelap saja, maka kamu bisa mencoba cara berikut ini. Baca: Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus dari iPhone dan iPad.

 

Coba Download Ulang Aplikasi

Jika kamu berhasil membatalkan proses download dan menghapus aplikasi yang bermasalah tersebut, cara terbaik berikutnya adalah mencoba download aplikasi tersebut lagi. Ketika kamu download lagi, lihat apakah aplikasi tersebut kembali bermasalah di stuck waiting atau loading terus?

Jika benar, maka hapus saja aplikasi tersebut lagi. Kamu bisa menunggu beberapa saat sebelum melakukannya lagi. Jika masalah tersebut masih saja terjadi, masih ada beberapa cara lain yang bisa kamu coba di bawah.

 

Coba Download Aplikasi Lain di App Store

Kamu bisa mencoba untuk download aplikasi iOS lain di App Store. Coba saja download aplikasi yang kecil untuk mengetes apakah ada masalah di server Apple atau tidak. Jika download aplikasi lain berjalan normal tanpa stuck waiting atau loading, coba kamu download aplikasi sebelumnya tersebut.

Jika aplikasi masih saja mengalami masalah stuck dan gagal download, maka ini saatnya kamu mengecek status sistem yang ada di Apple. Kamu bisa cek secara berkala untuk melihat masalah yang terjadi di server Apple.

 

Periksa Status Sistem Apple

11 Cara Mengatasi Aplikasi iPhone Stuck Waiting Terus

Jika masalah tersebut memang masalah dari server Apple, maka tidak ada cara lain selain menunggu Apple memperbaiki masalah tersebut. Kamu bisa cek secara lengkap semua status sistem Apple di Apple System Status seperti App Store, iCloud dan lain-lain dan lihat apakah ada yang Down. Apple System Status

 

Cek Koneksi Internet

Tidak ada masalah App Store di Apple System Status? Mungkin masalah ada di koneksi internet kamu. Jika kamu menggunakan koneksi paket data operator seluler, coba kamu gunakan Wifi apakah aplikasi bisa kamu download dan tidak ada masalah stuck atau gagal download lagi.

Jika kamu menggunakan Wifi, maka kamu bisa coba matikan wifi dan gunakan koneksi dari paket data operator seluler. Cek apakah masalah aplikasi yang stuck tersebut sudah beres atau masih bermasalah.

Jika aplikasi masih tidak bisa didownload dan hanya menampilkan loading terus dengan tampilan ikon aplikasi gelap, maka kamu bisa coba tips berikutnya di bawah ini.

 

Sign Out Apple ID

Karena masalah adalah di App Store, kamu bisa mencoba untuk logout atau sign out Apple ID. Cara ini bisa kamu coba jika memang ada masalah di Apple ID kamu yang menyebabkan kamu tidak bisa download aplikasi iPhone dan menyebabkan download aplikasi stuck waiting terus menerus.

 

Hapus Cache iPhone

Langkah berikutnya yang bisa kamu coba adalah menghapus cache iPhone atau cache iPad. Bisa saja sudah ada beberapa bagian aplikasi yang terdownload dan terjadi bentrok atau konflik dengan file lama yang tersimpan di cache iPhone atau iPad.

Untuk menghapus cache iOS yang ada di iPhone dan iPad, kamu bisa coba cara berikut ini. Baca: Cara Hapus Cache iPhone dan Beragam Sampah Junk File iOS

 

Restart iPhone

Cara mudah lain yang bisa kamu lakukan adalah melakukan restart iPhone dan iPad. Cukup matikan iPhone atau iPad dengan menekan dan menahan tombol Power hingga muncul ikon Slide, tunggu hingga beberapa saat, lalu nyalakan kembali. Restart atau reboot iPhone akan memperbaiki beberapa masalah kecil, dan mungkin saja masalah aplikasi stuck waiting ini.

 

Update iPhone

Cara lain yang bisa kamu coba untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan cara update iPhone atau update iPad kamu ke versi iOS terbaru. IOS terbaru biasanya memiliki beragam fitur baru dan juga banyak sekali perbaikan bug serta peningkatan sistem.

Versi iOS terbaru saat ini adalah iOS 10. Semoga saja iOS 11 tidak ada masalah aplikasi waiting stuck seperti ini. Kamu bisa membaca artikel ini untuk cara update iOS di iPhone dan iPad. Baca: Cara Update iOS di iPhone dan iPad.

 

Reset iPhone

Jika proses update iOS tidak bisa menyelesaikan masalah, maka jalan terakhir yang bisa kamu coba adalah reset iOS. Dengan reset iOS, maka iPhone dan iPad akan menjadi seperti baru lagi. Baca: Cara Reset iPhone dan iPad.

Sebelum kamu melakukan reset iPhone dan iPad, pastikan kamu sudah melakukan backup data agar tidak ada data yang hilang dan kamu bisa mengembalikan data tersebut ke iPhone yang sudah direset. Baca: Cara backup data iPhone.

 

Bagaimana? Sudah coba 11 cara memperbaiki aplikasi iPhone stuck di waiting saat install ini? Masih stuck waiting dan loading terus?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Bikin Sendiri Bootable USB macOS!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode