Home iPad 10 Aplikasi Produktivitas di iPad yang Saya Gunakan

10 Aplikasi Produktivitas di iPad yang Saya Gunakan

10 Aplikasi Produktivitas di iPad yang Saya Gunakan

Salah satu perangkat iOS yang banyak digunakan selain iPhone adalah iPad. Sebagai salah satu perangkat yang memulai era tablet di pasar dunia, iPad tentu saja memiliki banyak sekali fitur. Bahkan banyak orang yang memaksimalkan iPad untuk kehidupan mereka sehari-hari..

Kelebihan yang dimiliki iPad adalah akses ke App Store. Ya, toko aplikasi iOS buatan Apple tersebut punya banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk iPad. Tentu saja kualitas aplikasi iOS sudah terkenal sebagai aplikasi dengan kinerja yang sangat baik. Banyak aplikasi iPad bisa kamu gunakan untuk menunjang produktivitas kamu.

Saya juga cukup sering memaksimalkanĀ iPad untuk mengerjakan beragam pekerjaan ketika saya tidak sedang di depan MacBook saya, atau tidak cukup optimal jika pekerjaan tersebut dikerjakan menggunakan iPhone.

Sekedar berbagi, berikut ini adalah beberapa aplikasi iPad terbaik yang sering saya gunakan untuk menunjang beragam pekerjaan saya. Apa saja aplikasi tersebut?

 

Microsoft Office for iPad

Aplikasi iPad terbaik ini adalah aplikasi yang saya download dan install pertama kali di iPad. Cukup sering loh saya menulis artikel MacPoin menggunakan aplikasi Microsoft Word for iPad. Ya, lebih dari separuh artikel ini saya buat di iPad. Lumayan kan? Saya bisa membuat artikel di mana saja saya mau.

Untuk masalah mengetik memang agak susah jika mengetik dengan menggunakan on-screen keyboard. Oleh karena itu, kadang saya menggunakan keyboard Bluetooth pinjaman teman atau Apple Magic Keyboard ketika berada di rumah. Kadang saya masih belum selesai, saya simpan di OneDrive dan saya lanjutkan di Microsoft Word di Mac.

10 Aplikasi Produktivitas di iPad yang Saya Gunakan

Secara fungsi aplikasi sih aplikasi Word for iPad ini sudah cukup untuk membuat dokumen sederhana. Fungsi format paragraf, font, numering, bullet, insert link, dan lain-lain sudah tersedia. (Baca: Inilah Kemampuan Office Word di iPad)

 

OneNote for iPad

10 Aplikasi Produktivitas di iPad yang Saya Gunakan

OneNote ini aplikasi catatan andalan saya. Memang sih ada beberapa aplikasi catatan lain seperti Evernote dan lain-lain. Mungkin karena sejak pakai Nokia Lumia saya sudah pakai OneNote dan sudah banyak catatan saya di OneNote membuat saya susah move on dari OneNote šŸ™

 

OneDrive for iPad

Saya memang punya banyak akun cloud service selain OneDrive. Google Drive, Box, Dropbox, dan tentu saja iCloud. Namun kelebihan OneDrive adalah tersedia di semua platform yang saya gunakan. Windows, Windows Phone, iOS, dan Mac membuat saya menggunakan OneDrive.

10 Aplikasi Produktivitas di iPad yang Saya Gunakan

Kapasitas OneDrive juga terbilang sangat besar. Dulu diberi akses gratis 7GB (dulu masih bernama Skydrive). Lalu ada gratis 15 GB bagi pengguna OneDrive yang mengaktifkan fitur Camera Roll. Selain itu, jika kamu berlangganan Office 365 maka kamu akan mendapatkan tambahan kapasitas OneDrive menjadi 1 TB. Keren kan?

 

Outlook for iPad

10 Aplikasi Produktivitas di iPad yang Saya Gunakan

Jujur saja, masih belum ada aplikasi email yang bisa mengalahkan fungsi dari aplikasi Outlook. Bahkan sebenarnya aplikasi Outlook ini adalah aplikasi PIM alias Personal Information Manager. Selain fungsi email, ada juga fungsi kalender, kontak, manajemen file, dan lain sebagainya. Lengkap deh pokoknya. Baca: Outlook, aplikasi PIM terbaik di iOS.

 

Skype for iPad

Bagaimana cara telepon dan SMS menggunakan iPad? Bahkan dengan iPad dengan seluler, kamu tetap tidak bisa melakukan panggilan telepon. Untuk bisa berkomunikasi dari iPad, saya menggunakan Skype for iPad.

10 Aplikasi Produktivitas di iPad yang Saya Gunakan

Aplikasi Skype ini bisa kamu gunakan untuk menelepon orang lain ke nomor telepon seluler. Apalagi saya menggunakan langganan Office 365 sehingga bisa telepon 60 menit gratis setiap bulannya.

 

Slack

Berkomunikasi dengan rekan kerja sesama author WinPoin, MacPoin, dan DroidPoin? Slack adalah jawabannya. Mengapa harus menggunakan Slack? Mengapa tidak menggunakan aplikasi chat seperti LINE, Messenger, atau lain sebagainya? Slack bisa dibilang merupakan aplikasi chat yang sesuai untuk manajemen proyek yang melibatkan banyak orang.

10 Aplikasi Produktivitas di iPad yang Saya Gunakan

Cukup panjang jika harus dijelaskan dalam artikel ini, kamu bisa baca artikel dari situs blogger Andi Astina berikut ini yang menurut saya sangat menggambarkan fitur hebat dari Slack. Baca: Slack ā€“ Solusi Bagi Tim Untuk Berkomunikasi

 

Trello

Bekerja dalam tim besar juga pasti butuh aplikasi penunjang lain untuk manajemen proyek selain penunjang komunikasi. Membuat to-do list untuk kolaborasi antar tim misalnya. Salah satu yang jadi andalan saya adalah Trello.

10 Aplikasi Produktivitas di iPad yang Saya Gunakan

Misal saya ingin membuat artikel dengan judul ā€œ10 Aplikasi Produktivitas di iPad yang Saya Gunakanā€, maka saya bikin card di trello untuk memberitahukan tim bahwa saya sedang menulis artikel dengan judul tersebut. Jadi nanti tidak akan ada benturan antar anggota tim lain.

 

Safari

Butuh inspirasi untuk menulis artikel, tentu saja saya mencari referensi dengan cara browsing internet. Aplikasi browser yang saya andalkan adalah Safari.

10 Aplikasi Produktivitas di iPad yang Saya Gunakan

Ya, saya tidak perlu download browser pihak ketiga lain. Safari terbukti merupakan browser yang paling ringan di iOS, khususnya di iPad ini dan juga tidak membebani sistem iOS di iPad.

 

MSN News

Pagi-pagi atau waktu istirahat enaknya apa? Mungkin baca berita yang sedang hangat belakangan ini. Aplikasi berita yang sering saya gunakan di sini adalah MSN News.

10 Aplikasi Produktivitas di iPad yang Saya Gunakan

Aplikasi buatan Microsoft ini cukup sederhana namun menampilkan beragam konten berita dari berbagai sumber. Jadi yang ditampilkan di sini tentu saja berita terbaik yang sudah dipilih dari beragam sumber terbaik yang terpercaya.

 

MSN Sport

Mau lihat informasi seputar olahraga? Kamu bisa menggunakan aplikasi MSN Sport ini. Memantau tim favoritmu, statistik pertandingan, jadwal pertandingan, dan lain-lain menjadi sangat mudah.

10 Aplikasi Produktivitas di iPad yang Saya Gunakan

Bukan cuma sepakbola dari beragam liga top dunia saja, namun juga beragam olahraga lain seperti MotoGP, Formula One, bahkan NFL, NBA, dan NHL juga ada.

Nah itu dia adalah beberapa aplikasi iPad favorit saya yang sering saya gunakan untuk menunjang kehidupan sehari-hari.

Ada aplikasi lain yang layak dicoba?

Ā 

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong