RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu perangkat yang penting di iPhone untuk memastikan perangkat dapat berjalan dengan lancar. Jika kamu merasa iPhone mulai mengalami penurunan performa, maka ada baiknya kamu coba untuk membersihkan RAM terlebih dahulu.

Terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan RAM di iPhone. Baca artikel lebih lanjut untuk mengetahuinya.

Baca juga tutorial iPhone lainnya:

Membersihkan RAM di iPhone dengan Tombol Power

Cara pertama ini bisa digunakan untuk iPhone yang masih menggunakan tombol fisik (Home) seperti iPhone 8 and 8 Plus, iPhone 7 and 7 Plus, iPhone SE, and iPhone 6s, 6s Plus, 6, dan 6 Plus.

  1. Tekan dan tahan tombol Power hingga muncul slider to power off pada layar.
  2. Lepas tombol power lalu tekan dan tahan tombol Home selama 5 detik.
  3. Tunggu hingga layar berkedip yang menandakan bahwa proses pembersihan RAM telah selesai.
  4. Done.

Membersihkan RAM di iPhone dengan AssistiveTouch

Cara ini bisa digunakan pada iPhone model terbaru yang tidak memiliki tombol fisik seperti iPhone 13 mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, iPhone 12 series, iPhone 11 series, iPhone XS, XR, dan X.

  1. Aktifkan AssistiveTouch melalui Settings > Accessibility > Touch > AssistiveTouch (On).
  2. Kembali ke Settings > General > Shutdown.
  3. Pada layar slider to power off, tap AssistiveTouch dan tekan dan tahan tombol virtual home. Tunggu beberapa saat hingga layar berkedip dan kembali ke Lock Screen.
  4. Done.

That’s it!

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.