Pada saat tertentu, kamu mungkin menghadapi situasi dimana tidak ingin adanya gangguan dari iPhone — entah itu notifikasi, panggilan, atau pesan yang masuk — iPhone sendiri menawarkan setidaknya dua opsi yang bisa kamu manfaatkan, Silent Mode dan Do Not Distrub.

Banyak pengguna bingung mengenai fungsi dari kedua fitur tersebut. Untuk itu, artikel kali ini akan menjawab perbedaan dari fitur Silent Mode dan Do Not Disturb.

Perbedaan dari Not Dis­turb dan Silent Mode di iPhone

Silent Mode

Fitur ini akan membuat iPhone menjadi lebih senyap. Notifikasi yang masuk seperti panggilan, pesan, apps, email, dan lain-lain tetap akan masuk, tetapi tidak akan mengeluarkan suara notifikasi. Tetapi, layar iPhone tetap akan menyala ketika notifikasi ini masuk.

Secara default, iPhone tetap akan bergetar ketika mendapatkan notifikasi saat Silent Mode, tapi kamu bisa mematikannya melalui Settings > Sound & Haptics. Kemudian tap (off) pada opsi Vibrate on Silent.

Untuk mematikan atau mengaktifkan Silent Mode, kamu bisa akses switch (on/off) pada samping kiri layar iPhone.

Do not Disturb

Do not Disturb merupakan fitur lanjutan dari Silent Mode. Fitur ini menawarkan beberapa pengaturan lanjutan seperti Do not Disturb while Driving.

Ketika Do not Disturb aktif, kamu tidak akan melihat atau mendengar notifikasi yang masuk. Namun semua notifikasi tetap masuk dan bisa kamu baca.

Terdapat lebih banyak pengaturan Do not Disturb dibandingkan dengan Silent Mode. Kamu bisa buka Settings > Do not Disturb, terdapat banyak opsi yang bisa kamu atur sesuai kebutuhan.

Untuk mematikan atau mengaktifkan Do not Disturb, buka Settings > Do not Disturb lalu tap (on/off) pada opsi Do not Disturb. Ketika aktif, maka kamu akan mendapati icon bulan pada bagian status bar.

That’s it!

  Technow #46: Snapdragon 888..!! RIP Galaxy Note? Bliss OS, iPhone 13 Periscope Zoom!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.