Mengambil screenshot pada layar perangkat merupakan hal yang sering dilakukan orang-orang, terlepas dari apapun itu alasannya.

Di iPhone, kamu bisa mengambil screenshot layar dengan mudah dengan menekan tombol Power + Home pada iPhone model lama dan Power + Volume Up untuk iPhone model terbaru.

Tapi tahukah kalau kamu juga bisa mengambil screenshot tanpa perlu menekan tombol apapun. Berikut setidaknya 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengambil screenshot tanpa tombol di iPhone.

Menggunakan AssistiveTouch

Pertama kamu bisa mengaktifkan AssistiveTouch melalui langkah berikut:

  1. Buka Settings.
  2. Tap opsi Accessibility.
  3. Tap opsi Physical and Motor.
  4. Tap opsi Touch.
  5. Tap (On) opsi AssistiveTouch.

Setelah AssistiveTouch muncul di layar, kamu bisa tap lalu pilih Device > More > Screenshot.

Menggunakan Back tap

Jika kamu menggunakan iOS 14, kamu bisa memanfaatkan fitur back tap untuk mengambil screenshot.

Jadi ketika kamu mengetuk bagian belakang iPhone sebanyak dua atau tiga kali (sesuai keinginan), maka screenshot akan terambil.

Selengkapnya: Cara Menggunakan Custom Back Tap di iOS 14

Menggunakan Siri

Terakhir kamu bisa menggunakan bantuan Siri. Caranya cukup aktifkan Siri dengan mengatakan ‘Hey Siri!‘, kemudian ucapkan ‘take a screenshot‘.


Itu dia beberapa cara yang bisa kamu gunakan jika ingin mengambil screenshot di iPhone tanpa menggunakan tombol. Jika kamu memiliki cara lainnya, pastikan membagikannya melalui kolom komentar.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.