Salah satu fitur baru iOS 14 yang luput dari keynote WWDC bulan lalu tetapi sangat berguna adalah fitur Back Tap. Fitur Back Tap ini memungkinkan pengguna untuk membuat shortcut tertentu ketika melakukan melakukan ketukan (sebanyak dua atau tiga kali) pada bagian belakang iPhone.

Kamu bisa membuat shortcut ketika menggunakan Back Tap ini seperti membuka Control Center, mengambil screenshot, atau mengaktifkan fitur aksesibilitas seperti AssistiveTouch, VoiceOver, Zoom, dll.

Backup Tap ini bisa kamu jalankan ketika pada Home Screen, saat dalam aplikasi, hingga saat iPhone terkunci.

Perlu diingat hingga artikel ini ditulis, iOS 14 masih dalam status public beta. Jika kamu tertarik kamu bisa mendapatkannya dengan mengikuti instruksi pada artikel berikut. Satu hal yang perlu kamu ingat bahwa tidak menutup kemungkinan versi public beta ini akan membuat aplikasi tidak bekerja dengan semestinya, hingga sistem yang tidak stabil hingga menyebabkan restart atau crash secara random.

Menggunakan Custom Back Tap di iOS 14

  1. Pada iPhone, buka Settings > Accessibility.
  2. Tap pada menu Touch.
  3. Scroll ke bawah dan pilih opsi Back Tap
  4. Kamu akan mendapati dua menu yakni Double Tap dan Triple Tap. Tap pada salah satu menu dan pilih shortcut yang kamu inginkan.
  5. Done.

Setelah proses selesai, kamu bisa langsung melakukan ketukan (sebanyak dua atau tiga sesuai pengaturan yang kamu lakukan) pada bagian belakang iPhone untuk mengaktifkan Back Tap.

  ⚡️ 17+ Fitur Baru macOS Big Sur  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.