Apple sudah merilis layanan APPLE ONE ke Indonesia, dan ternyata ada beberapa hal yang perlu banget buat kalian tahu sebelum memutuskan beli — karena ada yang beda di Apple One Indonesia dengan yang ada di Apple One versi luar (US).

1. Apa itu Apple One

Apple One sebenarnya bukan layanan baru dari Apple — tapi skema pembayaran baru untuk semua layanannya. Jadi kalo sebelumnya kita harus subscribe — bayar satu per satu untuk masing-masing layanan Apple , sekarang bisa langsung aja bayar sekali untuk semuanya — dan karena borongan ya jatuhnya jauh lebih murah ya daripada langganan satu per satu.

2. Apa aja Isi Apple One

Isi dari Apple One tergantung dari paket apa yang kalian pilih. Nah bedanya disini sama di US — kalo di US ada 3 jenis paket Apple One dari Individual, Family, sampai yang Premier. Tetapi untuk di Indonesia itu cuman ada dua opsi aja, yaitu Individual dan Family yang terdiri dari gabungan Apple Music, Apple TV+, Apple Arcade, dan iCloud Storage.

Nah ini sangat disayangkan karena di Apple One Premier ada Apple News+ dan Apple Fitness+. Gue sendiri ngarep banget Apple News+ hadir di Indonesia, karena selain berita juga langsung bisa langganan majalah digital — jadi value Apple One sendiri bakal lebih besar seandainya Apple News+ ada disini.

3. Harga Apple One

Untuk harga sendiri sebenarnya kita cukup beruntung karena harga Apple One yang ada di Indonesia lebih murah dari di US. Selisihnya cukup jauh ya karena di US Apple One Individual dijual 14.95$ atau sekitar 220 ribuan per bulan — tapi disini 115 ribu aja per bulannya; dan paket Family yang di US dijual 19.95$ atau sekitar 293 ribuan disini dijual 155 ribu rupiah saja.

Ini nilai plus sebenarnya, karena apple gak cuman konversi harga gitu aja dari dolar ke rupiah, tapi menyesuaikan juga kayaknya dengan daya beli di region lainnya.

4. Experience nya

Saya sendiri sekarang pake Apple One Family, dan experience nya sebenarnya sama aja kayak kalo kita langganan satu per satu, tapi karena udah digabung jadi satu ya lebih enak aja — karena sekali langganan langsung bisa pake semua layanan yang ada.

Untuk Apple Music ya langsung bisa akses untuk dengerin musik dan koleksinya juga sangat lengkap. Kualitas audionya bagus, ada fitur lirik juga.

Terus Apple TV+, juga ada banyak koleksi menarik — meskipun menurut gue belum bisa menyaingi Netflix untuk saat ini karena jumlah koleksi konten di Netflix yang jauh lebih lengkap, baik konten lokal ataupun luar.

Lalu Apple Arcade, ada cukup banyak game disini kayak Sonic Racing, Frogger in Toy Town, dan lainnya. Cukup seru sebenarnya cuman mungkin game yang populer dan biasa kalian cari gak ada disini — tapi kalo cari game arcade, puzzle, atau game addicted lain yang mungkin gak bisa kalian dapetin di tempat lain — nah disini bakal bisa kalian nikmati.

Untuk iCloud sendiri sayangnya opsi terbatas ya. Karena ada dua paket aja, jadi iCloud nya cuman ada pilihan 50GB dan 200GB. Buat saya yang pake iCloud 2TB — dan pengen beralih ke Apple One jadi gak bisa karena gak ada paket Premiere nya.

Nah gimana kalo pengen storage lebih? Ternyata kita bisa numpuk langganan Apple One dengan iCloud secara terpisah ya. Jadi misal langganan yang Family dengan iCloud 200GB — bisa nambah iCloud 2TB untuk dapet storage 2,2TB. Jadi bisa ditumpuk2 gitu guys.

Untuk experience iCloud sendiri kadang saya ngerasa masih kurang ya fiturnya dibanding kayak Google Drive atau OneDrive….tapi karena cuman iCloud yang tertanam by system kayak buat backup, sync foto, dll di iPhone — ya mau gak mau iCloud ini yang banyak dibutuhin pengguna Apple.

5. Worth atau Enggak??

Nah yang kelima, ini pertanyaan pentingnya. Worth it atau enggak sih Apple One ini. Nah tentunya ini bakal worth it kalo kalian emang pake semua layanan Apple yang ada disini. Daripada langganan satu per satu, yang jatuhnya lebih mahal, langganan Apple One bisa lebih hemat. Sebagai contoh paket Family kalo eceran itu kena nya 258 ribu rupiah per bulan — tapi kalo pake Apple One ya cuman 155 ribu rupiah aja per bulannya.

Tapiii..kalo kalian cuman butuh satu atau dua layanan Apple aja — ya ini gak worth it guys karena kalian bakal bayar lebih untuk layanan yang sebenarnya gak kalian pake. Katakanlah sebenarnya kalian cuman pake Apple Music Family — ya tinggal bayar 75 ribu aja per bulan lebih hemat daripada paket Apple One Family yang mungkin layanan lainnya jarang kalian pake. Atau kalo biasa pake icloud nya aja 200GB ya mending eceran cuman 45 ribu daripada sepaket sama Apple One.

Kalo kesimpulan saya sih Apple One ini opsi yang bagus untuk pengguna layanan Apple — tapi masih kurang lengkap menurut saya. Untuk di Indonesia saya berharap Apple News+ bakal hadir dan mungkin kalo ada Apple News+ saya tertarik untuk terus perpanjang langganan Apple One ini.

Nah gimana dengan kalian, apakah kalian tertarik gabung Apple One..?? Dan gimana pendapat kalian tentang Apple One ini? Tulis pendapat kalian di kolom komentar.