Ternyata Apple Jadi Perusahaan Gaming Terbesar ke-4 di Dunia

Jika kita bicara mengenai konsol game, pasti banyak yang menyebutkan PlayStation dari Sony, Xbox dari Microsoft, atau konsol Nintendo. Tidak salah memang, namun bukan berarti tak ada pemain lain di industri gaming ini selain mereka.

Apple memang tak pernah populer sebagai perusahaan gaming. Apalagi komputer Mac maupun MacBook juga tak pernah dirancang untuk fokus ke game. 

Namun nyatanya Apple bisa menjadi perusahaan gaming terbesar nomor 4 di dunia. Hal ini diungkapkan oleh sebuah hasil riset Newzoo, sebagaimana yang dilansir dari Apple Insider.

Bukan karena Apple merilis konsol game, tetapi karena perangkat mobile buatan Apple yang menjadi andalan. Bahkan, Apple mampu mengalahkan pemain lama di industri gaming dunia seperti EA dan Nintendo.

Meskipun tak memproduksi game atau konsul game, Apple memiliki perangkat iPhone yang mengantarkan Apple meraih posisi ini. Meskipun begitu ada juga kontribusi dari produk lain seperti iPad, iPod Touch, dan juga Apple TV. 

Posisi pertama hingga ketiga ditempati oleh Tencent (pengembang PUBG), Sony, dan Microsoft. Di bawah Apple masing-masing ada Activision Blizzard, Google, Netease, EA, Nintendo, dan Bandai Namco.

Apple bisa jadi akan menjadi lebih besar lagi mengingat Apple akan merilis layanan berlangganan game yang diberi nama Apple Arcade yang bisa dimainkan di berbagai macam platform milik Apple.

Bagaimana menurutmu mengenai kiprah Apple di industri gaming?

via Apple Insider

  21+ Fitur Tersembunyi iOS 14: Wajib Coba!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.