Kemaren kita udah bahas fitur baru di macOS Catalina, dan sekarang kita lanjut lagi untuk mengulik dan melihat apa yang baru di iOS 13. Ini adalah update yang bagus banget bagi pengguna iPhone, dan tanpa berlama-lama langsung aja tonton video review iOS 13 Indonesia ini.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno terupdate setiap hari

1. Dark Mode

Oke langsung aja kita ke fitur baru yang pertama, ini fitur yang paling saya suka, yaitu adanya dark mode di iOS 13. Secara tampilan emang gak jauh beda dengan Dark Mode di berbagai hape Android saat ini, tampil gelap biar nyaman di malam hari dan hemat baterai di layar amoled. Tetapi secara detail fitur, ini ada yang fresh dan beda, karena selain bisa kamu aktifkan manual — ada juga fitur otomatisnya. Ini membuat iPhone bisa tampil Light Mode di pagi sampai sore dan otomatis Dark Mode begitu sudah malam. Kamu juga bisa atur sendiri kapan light mode dan dark mode bakal berganti secara otomatis.

Nggak cuman itu, wallpapernya juga support Dark Mode. Jadi kalo dark mode aktif, wallpaper berubah jadi gelap, dan kalo light mode aktif, wallpapernya jadi terang.

Dark mode ini system wide..tampil di hampir semua bagian iPhone, mulai dari Settings, notifikasi, widget, Safari — termasuk juga reader view nya, serta di semua aplikasi bawaan iPhone, seperti Notes, Photos, Mail, dan yang lainnya. Ada API nya juga, jadi developer bisa membuat aplikasinya support Dark Mode di iOS — sehingga experience dark mode di iPhone ini bakal sangat sangat konsisten.

2. Optimized Battery Charging

Kemudian yang kedua ini fitur yang paling saya harapkan ada di sebuah smartphone, yaitu manajemen pengisian baterai untuk memaksimalkan umur baterai dalam jangka panjang. Jadi di iOS 13 iPhone punya fitur Optimized Battery Charging, ini bakal mempelajari aktifitas charging kita, dan membatasi charging sampai di 80%, dan baru diteruskan saat kita benar2 memerlukannya. Tujuannya supaya baterai iPhone ini lebih awet umurnya dalam jangka panjang dengan menghindari overcharge.

3. Low Data Mode

Selain itu, ada juga fitur Low Data Mode, yang berguna buat ngurangin penggunaan kuota di iPhone. Jadi kalo sisa paketan kuota kamu sedang nipis, kamu bisa aktifkan aja fitur ini.

4. Pilih Cepat WiFi + Bluetooth

Nah yang keempat ini fitur yang sempet bikin ngiri kalo liat gimana gampangnya milih WiFi dan Bluetooth di Android dengan tinggal tap tahan aja, sedangkan di iPhone harus masuk ke settings dulu. Sekarang ini gak lagi jadi masalah, karena di iOS 13 kamu juga tinggal tap tahan WiFi di control center, dan daftar koneksi WiFi bakal ditampilkan. Begitu juga Bluetooth, tap tahan aja dan daftar device bluetooth juga lgsg ditampilkan, jadi simple banget.

5. Volume Slider Baru

Selain itu volume slider yang dulu di tengah nutupin konten, sekarang dipindah ke kiri, dan dia jadi tipis gini biar gak nutupin layar — lalu bisa juga kamu slide untuk atur volume nya.

6. Photos

yang keenam di Photos ini ada tab baru yaitu Days. Kerennya tab days ini, meskipun aslinya kita ambil foto banyak banget dan mirip2, disini bakal ditampilkan yang terbaik aja. Jadi lebih clean dan enak buat diliat.

Selain itu kamu bisa edit foto langsung dari Photos ya, bisa memaksimalkan dengan edit auto, atau edit manual mulai dari exposure nya, briliance, hightlight, shadow, contrast, brightness, dan yang lainnya. Ini lengkap banget fitur editingnya. Tapi yang paling menarik buat saya adalah fitur noise reduction, untuk ngurangin noise di foto yang kita ambil.

Fitur editing ini juga berlaku untuk video, dan editing ini bersifat non destructive, artinya kamu bisa edit-edit dan undo tanpa merusak file video aslinya. Jadi aplikasi Photos ini selain sebagai galeri, sekarang juga jadi foto dan video editor. Praktis banget.

7. QuickPath

Kemudian di keyboard, Apple menambahkan fitur baru bernama QuickPath. Basically ini adalah swipe keyboard, jadi kamu bisa swipe swipe aja buat ngetik. Tetapi beda sama swipe keyboard di GBoard atau Google Keyboard yang udah mature karena udah cukup lama ada, QuickPath ini karena masih baru, dan masih beta juga, jadi belum support semua bahasa. Untuk sementara Bahasa Indonesia belum disupport di QuickPath — dan kita masih harus menunggu dulu ya biar fitur swipe ini bisa dipake di keyboard Apple dengan bahasa indonesia.

8. Reminders Jadi Powerful

Dan kedelapan ini Reminders dirombak habis. Setelah di versi sebelumnya Reminder miskin banget fitur, sekarang dirombak jadi aplikasi task manager yang powerful. Jadi kamu bisa bikin List untuk mengelompokkan task. Lalu bikin task reminder, atur waktu nya langsung dari Keyboard, bisa ngasih attachment juga mulai dari foto, web, sampai dokumen, bisa nambahin notes dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa bikin task dengan memerintah SIRI, dan kalo kamu tag seseorang, Reminder bakal ditampilkan saat kamu chat dengan orang tersebut di iMessages.

Setiap task dikelompokkan otomatis, mana yang harus diselesaikan hari ini — dan juga dalam waktu dekat.

Jelas ini bakal jadi aplikasi favorit saya di iOS 13 — dan mungkin langsung menggantikan aplikasi Task Manager yang selama ini saya pake dengan biaya langganan yang cukup mahal.

9. Calendar Support Attachment


Selain reminders, calendar sekarang juga bisa add attachment langsung dari files.

10. AR Makin Keren

AR juga dapet update, sekarang AR ini jadi lebih nyata lagi — karena bisa detect orang ya. Jadi kalo ada orang dibelakang object AR, orang tersebut benar2 keliatan ada di belakangnya. Jadinya obyek seolah2 lebih real.

11. App Store

Lalu di App Store, sekarang ada tab Apple Arcade, ini adalah layanan baru Apple dimana kamu bisa bayar bulanan, dan mengakses semua game yang ada disana. Lalu di Settings, sekarang kamu bisa download aplikasi berukuran besar pake Cellular Data.

12. Mail Makin Advanced

Mail ini juga dirombak dengan berbagai fitur desktop yang diusung ke mobile. Jadi text formatting advanced ada disini, kamu bisa atur style text, alligment text, bahkan font dan warnanya. Kamu juga bisa masukkan foto, dokumen, tanda tangan, sampai scan dokumen pake kamera.

Lalu kalo kamu tap tombol reply, bakal muncul banyak opsi lain seperti move message, arcive message, mute, bahkan juga print.

13. Notes Lebih Keren

Notes, juga ketambahan view baru. Jadi kalo kamu tarik kebawah, ada Gallery View. Ini view favorit saya, karena gampang banget buat di explore, keliatan preview nya, dan tinggal scroll-scroll aja. Terus kamu juga bisa share folder dengan orang lain, lalu bisa juga drag n drop check list, atur indent juga tinggal swipe.

14. Safari Makin Keren

Safari, juga gak ketinggalan fitur baru. Start Page nya ini, sekarang ada Favorites dan Frequently Visited. Lalu ini juga keren, sekarang ada download manager di Safari iOS, ini kayak yang ada di Mac. Jadi kamu bisa lihat proses download dan buka file hasil download dalam satu folder. Defaultnya dia tersimpan di folder download iCloud Drive, tetapi kamu bisa atur untuk disimpan lokal di iPhone.

Kamu juga bisa langsung add bookmarks untuk semua tab yang terbuka, dan kalo kamu tap share di halaman website, ini ada banyak sekali opsi share yang bisa kamu pilih.

15. Files Makin Powerful

Lanjut ke Files, sekarang Files ini jadi lebih powerful. Pertama kamu bisa bikin folder di local storage iPhone, lalu ada folder Download — semua file yang didownload ngumpul disini, lalu kamu bisa zip file, dan scan dokumen. Pencarian file juga cepet banget, dan katanya sih Files ini udah bisa dipake buat explore flash drive, SD card, dan hard drive eksternal — cuman saya belum nyoba ya, karena belum punya port OTG ke lightning nya.

16. Text Editing Praktis Banget

Text editing juga lebih enak di iOS 13 ya, kl buka dokumen panjang kamu bisa tap tahan aja, lalu scrub kebawah atau ke atas gini. Lalu tap n swipe untuk milih teks, pinch 3 jari utk copy, dan spread 3 jari untuk paste. Undo dan Redo juga bisa dilakukan dengan swipe tiga jari, swipe ke kiri untuk undo atau ke kanan untuk redo.

17. Bisa Install Font

Kamu juga bisa install Font di iOS ya untuk digunakan di berbagai aplikasi favorit. Font ini nanti bisa didownload langsung dari App Store.

18. Share Sheet Makin Kompleks

Next, kalo kamu perhatikan, menu share juga berubah total. Sekarang menu share ini dinamis dengan adanya suggestion. Lalu punya lebih banyak opsi juga, mulai deretan rekomendasi kontak di Messages, deretan icon aplikasi, dan sederet panjang menu pilihan yang ada banyak banget disini.

19. Health

Health juga dapet fitur baru, sekarang kamu bisa liat summary, ini semacam rangkuman aktivitas kamu hari ini, seminggu terakhir, dan seterusnya. Lalu ada juga highlights, ini nampilin performa kita dibanding minggu sebelumnya, bulan sebelumnya, dan tahun sebelumnya. Jadi bakal ketahuan apakah aktivitas kita menurun atau meningkat. Selain itu kalo buat cewek, ada juga fitur untuk tracking siklus kewanitaan.

Selain itu kamu juga bisa cari data kesehatan kamu dengan mudah melalui Search, karena udah dikelompokkan ke beberapa kategori — beserta detail penjelasan di setiap kategorinya.

20. Books Bikin Semangat Baca

Dua puluh, ini menarik juga buat kamu yang suka baca ya. Sekarang ini di Apple Books ada fitur baru yaitu Reading Goals. Kamu bisa atur nih target kamu setahun mau baca berapa buku, dan nanti setiap kali kamu baca ada time trackernya yang ditampilkan untuk bikin kamu makin semangat baca.

21. Apple Music Cocok untuk Karaoke

Dan buat kamu yang suka karaoke, sekarang kamu bisa nyanyi di Apple Music karena sekarang lirik udah bisa sinkronisasi sama lagunya, jadi mantep banget buat karaoke. Kamu juga bisa tap dan liat up next nya, bisa diubah urutannya atau dihapus juga kalo mau.

22. Find My

Lalu kayak di Mac, di iPhone sekarang juga ada Find My. Ini gabungan dari Find My Friends, dan juga Find My iPhone. Jadi kamu bisa lihat posisi teman dan juga lokasi device. Kalo kamu tap bisa lihat arah menuju kesana, membunyikan suara, menandainya sebagai hilang, atau hapus datanya secara remote. Ini adalah aplikasi yang penting banget saat ada apple device kamu yang hilang.

23. Phone Bisa Silence Telepon Tak Dikenal

Dua tiga, ini ada solusi buat kamu yang sering di tlp sama telemarketer atau nomor2 asing, karena di Phone, sekarang ada opsi Silence Unknown Callers. Jadi kalo ada nomor tidak dikenal telepon, bakal langsung diarahkan ke voice mail. Nomor tak ini nomor yang emang belum pernah kontak sama sekali. Karena meskipun tidak tersimpan di kontak, tapi kalo pernah SMS misalnya, maka akan dianggap sebagai nomor yang dikenal.

24. Look Around di Maps

Dua empat, di Apple Maps, ini sekarang ada fitur Look Around. Ini kalo kamu sering pake Google Maps, sebenernya sama kayak Google Street View. Jadi kamu bisa melihat area peta secara 3D dan bernavigasi secara virtual.

25. Memoji Stickers

Selanjutnya sekarang ada Memoji Stickers ya, ini stiker yang berbasis dari animoji atau memoji yang kita buat sendiri, dan dia tampil di keyboard, persis di samping dari smiley. Jadi kamu bisa kirim sticker ini ke WA atau yang lainnya.

26. iMessages Mirip WhatsApp..??

Lalu untuk imessages, sekarang kamu bisa atur nama dan foto, lalu bisa pilih share ke kontak saja, atau ke semua orang. Ya mirip-mirip kayak profile picture di WhatsApp. Pencarian pesan juga cepet dan bagus banget sekarang, karena belum ngetik apa2 aja udah nampilin recent photo dan recent kontak, begitu ngetik pencarian lgsg ditampilkan hasil berdasarkan kategorinya. Ada foto, link, dsb.

27. Privacy Makin Ketat

Kemudian di privacy, sekarang ada opsi location access untuk 1x aja. Jadi aplikasi bakal request setiap kali mau minta akses lokasi.

28. Support Game Controller

Di iOS 13 iPhone juga support stick PS4 dan Xbox One S, kabar gembira buat kamu yang suka nge-game.

29. Portrait Lighting Control

Nah sekarang ngomongin fitur baru tapi yang belum ada di iOS 13 yang saya gunakan ini, karena yang saya pakai ini adalah iOS 13 Developer Beta 1, ini masih belum Final, jadi belum semua fitur udah selesai ditanamkan. Jadi di versi final nanti aplikasi foto bakal mendapatkan fitur baru. Ada portrait lighting control, untuk mengubah sudut dan jarak pencahayaan secara virtual. Ini belum ada di developer beta 1.

30. High Key Mono Portrait

Lalu ada juga High Key Mono Light, untuk efek monochrome di foto portrait. Ini juga belum ada di developer beta 1.

31. Sign in with Apple

Lalu ada juga fitur sign in with Apple, yang semoga saja nanti bakal banyak diimplementasikan oleh website dan juga apps. Jadi ini kayak sign in with Facebook atau Sign in with Google ya — bedanya Sign in With Apple ini bakal cuman meminta Face ID atau Touch ID aja bagi pengguna Apple. Simple banget.

Oke itu dia semua fitur baru di iOS 13 yang bisa saya bagikan hari ini. Tuliskan aja di kolom komentar pendapat kamu tentang iOS 13 ini, mana yang keren — mana yang tidak, dan mana yang masih perlu ditingkatkan.