Apple Akan Hilangkan Dashboard di macOS Catalina

Buat kamu yang mengikuti perkembangan Mac dan MacBook sejak zaman Steve Jobs dulu pasti tahu bahwa salah satu fitur andalan Mac OS X dulu adalah Dashboard. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan beragam widget atau gadget.

Salah satu gadget yang paling populer kala itu adalah Sticky Notes. Bahkan ketika Microsoft merilis Windows Vista, gadget Sticky Notes ini ditiru di dalam fitur Windows Sidebar. Fitur Dashboard tetap bisa digunakan di macOS Mojave sekarang ini.

Hanya saja, sekarang fitur ini secara default mati. Pengguna harus mengaktifkannya secara manual. Bahkan tampilan beragam gadget atau widget yang tersedia juga masih bernuansa Skeuomorphism a la Mac OS X Maverick dan yang lebih lawas, belum diperbarui dengan tampilan datar a la OS X Yosemite.

Tak heran jika Apple memang sudah tak mengurusi fitur Dashboard lagi. Ketimbang menjadi sampah yang tak berguna, lebih baik dibuang saja. Namun apakah benar Dashboard ini tak berguna sama sekali?

Saya pribadi masih cukup sering menggunakan Sticky Notes di Dashboard. Beberapa widget juga saya pajang di sana, seperti Weather, Stocks, Calendar, dan Converter. Meskipun Dashboard sudah tak diurus oleh Apple, nyatanya beberapa widget masih berguna.

Bagaimana menurutmu? Apakah keputusan Apple mematikan Dashboard ini adalah keputusan tepat?

via The Verge

  Selamat Jalan Android Q  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.