Setelah tahun kemarin banyak smartphone Android meniru iPhone mulai dari desain notch, kamera, hingga gaya wallpaper dsb — tahun ini kabarnya giliran iPhone yang jadi semakin mirip dengan smartphone Android. Di video kali ini kita akan membicarakan prediksi fitur baru iPhone 2019 dari berbagai analisa para analis, bocoran, hingga rumor yang muncul sampai saat ini.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno menarik setiap hari.

1. USB Type-C

Pertama, Apple kabarnya bakal meninggalkan port lighting di iPhone dan diganti dengan USB Type-C. Ini make sense dan bisa banget terjadi, pertama karena Apple udah mengganti port charging di berbagai lini device nya dengan USB Type-C. MacBook Pro dan MacBook Air sekarang udah pake USB Type-C dan thunderbolt yang juga via Type-C. Lalu yang terbaru iPad Pro 2018 juga udah pake Type-C, begitu juga charger dan aksesorisnya, Jadi kalo iPhone 2019 pake port USB Type-C, ini bisa banget terjadi.

2. Notch Lebih Kecil

Kedua, Apple kabarnya bakal memperkecil Notch di iPhone 2019. Ini juga mungkin banget terjadi, karena seiring berjalannya waktu biasanya ketemu solusi dan inovasi baru. Katakanlah Apple belum menemukan cara untuk meminimalkan notch di iPhone X, iPhone Xr, dan iPhone Xs series. Kalo emang tahun ini udah ketemu solusinya, tentu notch yang jadi tempat truedepth sensor ini bakal diperkecil.

3. Triple Camera

iPhone 2019 Makin Mirip Android..??

Ketiga dari bocoran render terbaru, iPhone 2019 kabarnya pake 3 kamera belakang. Ada yang bilang tambahan satu kamera belakang ini adalah 3D Sensing besutan Sony untuk keperluan AR yang bisa mendeteksi jarak dan letak obyek, tetapi bisa juga tambahan kamera ekstra ini cuman untuk keperluan standar seperti kamera untuk low-light, wide angle, atau keperluan lainnya.

4. Kapasitas Baterai Besar

Keempat, iPhone 2019 kabarnya bakal dilengkapi baterai dengan kapasitas yang lebih besar untuk mengimbangi berbagai sensor, khususnya 3D sensing yang butuh daya lebih banyak.

5. Apple Pencil Support

Kelima, iPhone 2019 juga diprediksi support Apple Pencil. Ini seperti Galaxy Note yang support stylus ya, dan ini juga mungkin banget mengingat sekarang iPhone ukurannya makin besar dengan layar lebar, khususnya seri iPhone Xs Max.

6. In-Display Fingerprint

keenam, Apple kabarnya bakal menggunakan in-display fingerprint, seperti yang banyak dipake di flagship Android. Nah kalo yang ini saya agak sanksi, karena Face ID ini sering dikatakan Apple lebih aman dari touch ID. Face ID di iPhone udah terintegrasi banget ke seluruh sistem otentikasi iOS. Jadi Face ID sudah benar-benar mampu menggantikan Touch ID. Kemudian kalo udah terbiasa pake Face ID, kerasa banget lebih enak dan lebih simple dari touch ID. Apalagi teknologi dan integrasi Face ID di iPhone masih didepan brand kompetitor lain sampai saat ini. Jadi bagi Apple kembali ke fingerprint, meskipun in-display fingerprint, rasanya seperti langkah mundur.

Jadi kesimpulan dari analisis, bororan, sekaligus rumor terbaru yang beredar sampai hari ini, iPhone 2019 bakal pake USB Type-C, Notch lebih kecil, triple camera belakang, kapasitas baterai besar, support stylus — dan meskipun meragukan, mungkin juga punya in-display fingerprint.

Tulis aja di kolom komentar kalo kamu punya pendapat tentang analisa ini. Apakah kamu setuju, ataukah enggak, atau mungkin kamu punya analisa lainnya.

via analisa Jean Babtiste Su, Ming Chi Kuo, dan Jialin Lu — serta bocoran render onleaks dan digit.in.