Kali ini saya mau berbagai 15 aplikasi favorit di sepanjang tahun 2018. Aplikasi ini sudah membantu saya makin produktif dan memudahkan berbagai aktivitas di tahun ini. Oke apa aja aplikasinya, langsung aja kita bongkar satu per satu.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno menarik setiap hari.

15. Moovit

Saya tinggal di Tangerang, dan terkadang ada kerjaan yang mengharuskan ke jakarta atau kota lainnya. Karena saya males bawa kendaraan sendiri, maka Moovit inilah yang ngebantu banget untuk tau rute transportasi umum. Di moovit kamu tinggal masukin aja dari mana dan mau kemana, kemudian pilih pengen naik apa, ada bus, ada KRL, saya biasa pake KRL, langsung deh ditunjukin gimana caranya menuju kesana.

Dan nggak cuman itu ada juga jadwal kendaraan umumnya, untuk KRL ini lumayan akurat jadwalnya, dan ada live maps nya juga. Pokoknya Moovit ini recommended banget buat kamu yang sering pake kendaraan umum ke lokasi yang blm familiar.

14. Grab

Aplikasi favorit keempat belas adalah Grab. Dipadukan dengan Moovit, grab ini juga memudahkan banget untuk pergi ke suatu tempat. Biasanya saya turun dari KRL langsung pesen grab di stasiun untuk lanjut diantar ke tempat tujuan.

13. Filmic Pro

Baik Filmic Pro membuat rekam di hape jadi lebih advanced, karena kamu bisa bebas atur exposure, aperture, shutter speed, hingga white balance. Kamu juga bisa melakukan manual focus saat live recording, dan ini jadi andalan banget buat rekam video dikala outdoor.

12. Focos

Ini aplikasi yang super keren. Dengan Focos ini kamu bisa edit foto portrait, mulai dari tingkat bokehnya, lalu ini favorit saya, kamu bisa atur style bokehnya mau dari lensa apa, ini lengkap banget. Bahkan dengan Focos ini kamu bisa menambahkan sumber lighting baru secara 3D. Aplikasi ini gratis dengan fitur basic, dan recommended buat pengguna iPhone yang suka jepret2 foto portrait.

11. Google Drive

Saya pake cross platform, pake MacBook, iPhone, Android, Windows — dan Google Drive ini adalah cloud storage yang jadi andalan saya selama ini. Saya biasa mindahin kerjaan dari Mac ke Android pake Google Docs di Drive, begitu juga sebaliknya. Kemudian mindah foto dari Android ke Mac juga pake Google Drive. Jadi bisa dibilang Google Drive ini menjadi penghubung device antar platform yang memudahkan banget kerjaan saya selama ini.

10. Tokopedia

Ini adalah marketplace favorit saya untuk belanja dan bayar-bayar tagihan. Setiap hari rasanya semakin sering transaksi di Tokopedia, awalnya gara-gara cashback, tapi lama-lama memang terikat dengan kemudahan yang diberikan. Hampir cari barang apapun yang saya perlukan selalu nemu di Tokopedia, mudah banget membandingkan harga, mengetahui rating seller, dan menemukan produk termurah. Bahkan beli barang-barang yang sulit saya temukan di sekitar, bisa ditemukan dengan mudah di Tokopedia ini.

9. Ovo

Jujur aja dulu saya males banget pake OVO ini karena waktu itu gak ada benefitnya sama sekali buat saya. Tetapi sekarang jadi cukup sering pake OVO karena terintegrasi dengan Tokopedia dan Grab. Ada banyak potongan kalo naik grab pake OVO dan cashback toped juga dikirimnya ke OVO. Di tempat saya juga makin banyak merchant yang bisa bayar pake OVO dengan cashback tertentu. Akhirnya mau gak mau saya jadi sering pake OVO ini.

8. Play Books

Saya masih cukup sering maen ke gramedia, tetapi kalo beli buku, khususnya yang gak ada di gramedia, saya biasa beli langsung di Play Books. Saya seneng baca buku-buku self help, psikologi, marketing, dll — hampir semuanya saya beli dari Play Books. Baca buku di Play Books pake hape enak banget, terlebih bisa juga dibaca baik dari Android ataupun iOS.

7. Nike+ Run Club dan Nike Training Club

Dua aplikasi ini gratis, tapi powerful banget buat olahraga. Yang bikin powerful adalah planningnya, jadi kamu tinggal masukin aja tinggi badan, berat badan, dan beberapa data lainnya, selanjutnya bakal dibikinin jadwal lari. Senin lari berapa KM, selasa berapa KM, kapan hari istirahat, dst.

Program ini bikin kita rajin lari dan termotivasi, dan buat kamu yang pengen sehat, wajib banget pake aplikasi ini.

6. Udemy

Di Udemy ini ada banyak sekali course ya, kamu pengen belajar apa, bisa menemukan pelatihannya dengan mudah. Mayoritas course di Udemy berbayar, tapi ada juga yang gratis, dan sering juga ada kupon promo untuk dapetin course secara gratis. Saya tiap hari akses udemy sekarang karena sedang gencar belajar bahasa inggris, dan kalo kamu pengen belajar sesuatu, Udemy ini tempat yang recommended banget buat nemuin course nya.

5. Todoist

Ini adalah aplikasi to do list yang canggih banget. Pake konsep GTD atau Getting Things Done dari David Allen, efektif banget untuk memastikan tetap produktif. Kamu bisa atur to to list berulang, support conversational language, lalu ada poin karma nya juga untuk tetap termotivasi, dan dia juga cross platform. Saya pake versi gratisnya dan ini recommended banget buat kamu yang pengen tetep produktif.

4. Aloha

Ini adalah browser favorit saya, karena dia udah dilengkapi dengan VPN bawaan. Jadi kamu tinggal aktifkan aja VPN nya dan bisa browsing dengan private dan buka website yang kalo tanpa VPN gak bisa dibuka. Aloha juga punya fitur security keren, jadi kamu bisa lock dengan passcode, fingerprint, ataupun Face ID.

3. Ulysses

Ulysses ini powerful banget buat blogger atau penulis ya. Dia merupakan aplikasi menulis pake syntax markdown, jadi simple banget khususnya buat yang nulisnya di web. Lalu dia juga bisa diexport ke PDF dalam berbagai style, jadi buat yang nulis ebook juga cocok. Pokoknya kalo kamu adalah blogger atau siapapun yang sering nulis, Ulysses ini recommended banget.

2. Jenius

Jenius ini aplikasi dari Bank BTPN, dan ini benar-benar mengubah cara saya dalam bertransaksi. Pake Jenius ini rasanya seperti punya Bank dalam genggaman. Buka deposito, tarik deposito, transfer-transfer, bahkan bisa group transfer untuk transfer cepat, kemudian isi saldo e-wallet, semua bisa langsung dilakukan dari aplikasi Jenius. Tapi yang paling saya suka Jenius ini punya e-card, yaitu virtual debit card, yang bisa dipake buat belanja online termasuk juga buat beli-beli aplikasi di store.

Selain itu daftarnya juga gampang karena tinggal daftar online nanti bakal langsung disamperin sama petugas BTPN.

1. 1Password

1Password ini adalah password manager, dan dengan ini saya bisa login otomatis ke website atau aplikasi, tanpa harus mengetikkan username dan password secara manual. Gara-gara aplikasi ini saya udah hampir gak pernah lagi ngetik password, karena login tinggal pake Face ID atau fingerprint, simple banget. Tapi ini aplikasi berbayar ya, yang sistemnya adalah berlangganan. Kalo kamu pengen yang free, kamu bisa pake LastPass, tapi buat saya 1Password worth it banget, terutama untuk yang kerjaannya online.

Oke itu dia 15 aplikasi favorit saya di tahun 2018. Mungkin kamu bertanya kenapa nggak ada WhatsApp atau Gmail atau Instagram misalnya, jawabannya karena aplikasi tersebut sudah jadi aplikasi wajib bagi sebagian besar orang. Jadi yang saya sebutkan adalah aplikasi favorit saya selain dari aplikasi populer itu. Dan semoga satu atau dua dari aplikasi yang saya sebutkan bisa bermanfaat, kalo kamu belum coba silakan coba.

Kalo punya aplikasi favorit lain, sampaikan aja di kolom komentar. Sampai ketemu lagi di ulasan menarik lainnya.