Ini ada stop kontak atau yang di lingkungan sehari-hari sering juga disebut sebagai terminal listrik atau bahkan banyak juga yang menyebutnya sebagai colokan listrik. Tapi ini bukan sekedar stop kontak biasa, tetapi Koogeek Smart Outlet yang merupakan stop kontak pintar. Karena disebut pintar, tentunya stop kontak ini bisa melakukan hal2 yang gak bisa dilakukan oleh stop kontak listrik biasa. Buat kamu yang penasaran sepintar apa stop kontak ini, apa manfaatnya buat hidup kita sehari-hari, dan apa saja kekurangannya, di video ini kita bakal bahas semua.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno menarik setiap hari.

Terhubung ke Smartphone

Hal pertama yang membedakan stop kontak pintar dengan stop kontak biasa adalah bisa dikonekin ke smartphone. Setup awalnya simple, kami tinggal pastikan smartphone konek ke WiFi, lalu dari aplikasi Koogeek Home, kamu tap +, dan scan kode yang ada di belakang stop kontak, dan stop kontak pintar ini langsung terhubung ke smartphone kamu.

Diperintah Melalui Smartphone

5+ Hal yang Bisa Dilakukan Stop Kontak Pintar — Review Koogeek Smart Outlet

Setelah terhubung, hal kedua yang bisa dilakukan Koogeek smart outlet adalah diperintah lewat smartphone. Jadi kamu bisa atur dari jarak jauh masing-masing stop kontak, mau dinyalain atau dimatiin, langsung via internet.

Ada tiga lubang stop kontak di Koogeek Smart Outlet ini, dan kamu bisa lihat masing-masing stop kontak punya switch kontrol sendiri-sendiri, di smartphone kamu bisa cek statusnya sedang nyala atau mati. Lalu bisa langsung kamu kendalikan juga, baik itu lewat aplikasi Koogeek Home, atau lewat Apple Home. Dan karena sinkron sama Apple Home, maka stop kontak ini juga bisa kamu atur lewat Mac.

Diperintah Lewat Suara

Dan hal ketiga yang bisa dilakukan stop kontak pintar ini adalah diperintah lewat Suara. Jadi kamu bisa perintah langsung pake Siri kalo di iPhone atau pake Google Assistant kalo di Android. Ini enak banget apalagi kalo misalnya kita lagi kerja gitu ya, tiba2 baterai laptop abis, tinggal ngomong aja ke Siri atau Google Assistant, dan charger laptop otomatis dinyalakan.

Ini juga bisa kamu pake buat perlengkapan elektronik lain misalnya aja kipas angin, jadi ketika ruangan panas tinggal panggil aja Siri atau Google Assistant dan minta nyalain kipas.

Otomasi

Dan hal keempat, ini yang paling saya suka. Karena langsung terhubung dengan smartphone ya, maka kamu juga bisa atur otomasi di stop kontak ini. Jadi kamu bisa mengatur kapan dan jam berapa stop kontak otomatis nyala dan otomatis mati. Ini biasa saya pake kalo di rumah buat matiin charger hape dan lampu tidur secara otomatis.

Jadi kalo baterai hape habis, dan charge di malem hari, nggak perlu nungguin sampe penuh — atau lebih buruk lagi dibiarin terus nge-charge sampe pagi. Karena kamu bisa atur charger otomatis mati jam 1 pagi misalnya, atau atur aja jam berapa kira2 baterai hape kamu penuh, dan nantinya di jam tersebut stop kontak charger bakal otomatis dimatikan.

Kamu juga bisa atur jam berapa sampai jam berapa kipas angin nyala misalnya, lalu jam berapa sampai jam berapa mati otomatis, dan seterusnya.

Bikin Device Biasa Jadi Pintar

Kelima, stop kontak pintar ini bisa bikin perangkat biasa jadi seolah-olah lebih pintar ya. Jadi misalkan kipas angin biasa, jadi bisa kamu atur otomatis mati dan nyala, kemudian lampu lantai biasa, jadi bisa diatur otomatis juga, dan semacamnya.

Nah itu dia 5+ hal yang bisa dilakukan oleh stop kontak pintar Koogeek Smart Outlet — yang nggak bisa dilakukan oleh stop kontak biasa.

Dan selain beberapa hal pintar tadi, stop kontak ini juga bisa kamu atur secara manual ya. Kamu bisa lihat di masing-masing stop kontak ada tombolnya yang bisa kamu hidupin atau matiin dengan tekan tombol.

Kemudian sebagai extra port, stop kontak ini juga punya tiga port USB yang diperuntukkan khusus, 2 untuk charging iPhone atau iPod, dan satu untuk charging iPad. Tapi pada prakteknya kamu bisa pake ini untuk charge hape apa aja ya.

Sekarang kita ngomongin tentang kekurangan. Jadi pertama kekurangan Koogeek Smart Outlet ini ada di setup awal. Terkadang perlu beberapa kali coba dulu sebelum akhirnya bisa konek, dan Koogeek ini cuman support WiFi 2.4GHz aja, jadi kalo router kamu support 5GHz dan 2,4 GHz wajib kamu ubah ke 2,4GHz biar KooGeek bisa kedetek. Kemudian kekurangan kedua, terkadang kalo koneksi internetnya beda, dalam artian kita sedang di luar rumah, stabilitas koneksinya kurang, jadi kadang konek kadang nggak konek, meskipun kalo di dalam rumah dalam satu koneksi internet, koneksinya lancar tanpa masalah.

Diluar itu Koogek Smart Outlet ini udah lumayan untuk kebutuhan otomasi rumah, jadi bisa kamu pake buat ngerasain gimana sensasi smart home. Link pembelian bisa kamu klik disini, dan harga Koogek Smart Outlet saat video ini dirilis adalah $59.99 atau sekitar 875 ribu rupiah.

Semoga informasi ini bermanfaat, dan sampaikan di kolom komentar jika kamu punya pendapat seputar stop kontak pintar ini.