iOS di iPhone dan iPad sekilas tampak sama, tapi sebenarnya keduanya berbeda. Ada beberapa fitur iOS iPad yang tidak dimiliki iOS iPhone — begitu juga sebaliknya. Lalu apa perbedaan iOS iPad vs iPhone? Inilah 6+ perbedaan iOS di iPhone dan iPad yang menarik untuk kamu ketahui.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno menarik setiap hari

Perbedaan iOS di iPad dan iPhone sebagian besar dikarenakan perbedaan ukuran layar dan juga fungsi dasarnya. iPad adalah tablet dengan layar yang besar, sedangkan iPhone adalah ponsel dengan layar yang kecil.

Dock

6+ Perbedaan iOS di iPhone dan iPad yang Perlu Kamu Tahu

Pertama dari sisi dock — dock iPad dilengkapi recent app yang menampilkan 3 aplikasi terakhir dibuka, ini mirip seperti dock di macOS. Sedangkan di iPhone dock hanya untuk aplikasi yang di pin, tidak ada icon recent app yang ditampilkan.

Selanjutnya, dock iPad bisa menampung banyak aplikasi, ukuran dock juga akan menyesuaikan dengan banyaknya aplikasi yang di pin. Sedangkan di iPhone maksimal hanya bisa pin 4 aplikasi saja.

Lalu perbedaan ketiga kalau di iPad, saat sedang membuka aplikasi dock bisa dimunculkan lagi dengan ditarik dari bawah keatas. Di iPhone dock tidak bisa dimunculkan kecuali kamu kembali ke home screen.

Pada dasarnya, karena ukuran layarnya yang besar, dock di iPad lebih mirip seperti dock di macOS daripada dock di iPhone.

Gesture

Mayoritas gesture iOS di iPad dan iPhone memang sama, misalnya saja swipe ke kiri ketemu widget, swipe atas ke bawah untuk buka notifikasi, swipe pojok kanan ke bawah untuk akses control center, swipe keatas kembali ke home, dan swipe kebawah untuk buka spotlight.

Namun demikian iPad memiliki gesture yang tidak dimiliki oleh iPhone. Misalnya saja pinch tahan untuk mengakses app switcher dan pinch lepas untuk kembali ke home.

Selain itu di iPad kamu bisa swipe kiri atau kanan untuk berpindah antar aplikasi, sedangkan di iphone pindah antar aplikasi bisa dilakukan dengan swipe bottom bar.

Dan ngomongin app switcher, tampilan app switcher keduanya juga berbeda. App switcher iPad kotak-kotak rapi bertingkat, sedangkan App switcher iPhone panjang dan bertumpuk karena terbatasnya ukuran layar.

Jadi pada dasarnya gesture iPad ini merupakan kombinasi antara gesture iPhone dan gesture trackpad di macOS.

Fitur

Dari sisi fitur ada fitur iPad yang tidak dimiliki oleh iPhone, yaitu multitasking. iPad bisa multitasking, tinggal drag aplikasi ke sisi aplikasi yang terbuka dan tampilan split view akan aktif. Kamu bisa ubah ukurannya sesuka hati.

Kamu juga membuka floating apps dengan cara drag aplikasi ke tengah multitasking. Dengan begini aplikasi ketiga tersebut akan tampil mengambang diatas tampilan multitasking. Kamu bisa tampilkan dan sembunyikan dengan swipe kiri dan kanan.

Sedangkan di iPhone kamu tidak bisa melakukan multitasking dengan tampilan split view sama sekali.

Aplikasi

Selanjutnya dari sisi aplikasi, app store di iPhone dan iPad ini sebenarnya beda. Jadi aplikasi didalamnya juga beda, dimana developer membuat aplikasi iPad dan iPhone secara khusus untuk masing-masing device. Tampilan aplikasi dan user experience juga punya perbedaan, aplikasi iPad dioptimasi untuk layar besar, jadi tampilan aplikasi seperti Settings, Mail, Notes, dsb dibuat memiliki kolom — mirip seperti tampilan di macOS. Sedangkan di iPhone, tampilan aplikasi dioptimasi utk layar kecil yang tentu saja dibuat hanya 1 kolom.

Keyboard Bluetooth

Terakhir kalo kamu hubungkan dengan keyboard bluetooth, di ipad bisa tekan CMD + Tab utk pilih dan berpindah antar aplikasi, sedangkan di iPhone tidak bisa bisa, meskipun untuk CMD + Space masih bisa sama-sama buka spotlight.

Itulah perbedaan antara iOS di iPad dan iPhone. Kesimpulannya, meskipun keduanya terlihat serupa tapi sebenarnya keduanya tak sama. iOS di ipad ini seperti hybrid antara iOS di iPhone dan macOS. Ada sebagian fitur powerful macOS dan kemudahan iPhone yang ditanamkan di iPad. Tetapi lebih daripada itu, iOS di iPhone dan iPad sengaja dioptimasi untuk menyesuaikan dengan fungsi dan karakteristiknya masing-masing.

Punya tambahan info seputar perbedaan iOS di iPad dan iPhone lainnya? Silakan sampaikan aja di kolom komentar.