Modem 5G Intel Akan Diuji Coba ke iPhone Tahun Depan?

Intel memang sering sekali dikabarkan akan menjadi pemasok modem 5G untuk iPhone di masa depan. Kabarnya, modem 5G pertama untuk iPhone tersebut akan mulai diuji coba pada tahun 2019 mendatang.

Dilansir dari The Verge, dalam sebuah rincian dokumen mengatakan bahwa modem 5G pertama dari Intel, yaitu XMM 8160 akan segera diperkenalkan lebih awal dari rencana sebelumnya.

Awalnya Apple diperkirakan baru akan bisa menjajal modem 5G dari Intel tersebut pada awal tahun 2020, namun bisa jadi dipercepat, sehingga tak perlu menunggu hingga tahun 2020 untuk bisa menggunakannya.

Sementara itu, Qualcomm juga tak mau ketinggalan dalam merilis modem 5G mereka. Modem 5G yang bernama Snapdragon X50 5G NR modem tersebut diperkirakan akan digunakan oleh banyak perusahaan, setidaknya sudah ada 18 perusahaan yang terdaftar.

Mulai dari Samsung, Nokia / HMD, Sony, Xiaomi, Oppo, Vivo, HTC, LG, Asus, ZTE, Sharp, Fujitsu, OnePlus, dan masih banyak lagi. Apple memang sudah tak lagi menggunakan pasokan komponen dari Qualcomm semenjak perseteruan Apple dan Qualcomm yang hingga kini masih belum selesai.

Ngomong-ngomong soal smartphone dengan teknologi 5G, tentu saja juga harus dibarengi dengan infrastruktur jaringan yang mendukung. Untuk Indonesia sendiri masih belum jelas apakah di tahun 2020 sudah menggelar 5G di negeri ini.

Namun disinyalir, Indonesia sudah tidak akan terlalu telat, seperti dulu lagi, seperti implementasi 3G dan 4G LTE sebelumnya. Penggunaan Internet kini sudah mulai menyebar ke seluruh lapisan masyarakat.

via The Verge

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.