Apple baru aja resmi memperkenalkan lini device terbarunya, ada Mac Mini 2018 yang specs nya garang banget, MacBook Air 2018 retina display, dan iPad Pro 2018 terbaru yang sangat powerful. Tonton ulasan event Apple October 2018 kemarin di video ini.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno menarik setiap hari

MacBook Air 2018 (Retina Display)

Lni device pertama yang diperkenalkan Apple di event kemarin adalah MacBook Air 2018. MacBook Air 2018 ini punya desain yang gak jauh beda dengan MacBook Air sebelumnya, tipis di depan, tetap compact dan ringan, tetapi logonya nggak nyala lagi — karena Apple emang udah meninggalkan desain logo menyala ini.

Perbedaan besar dibanding MacBook Air lama ada di bagian layar. MacBook Air 2018 ini layarnya udah retina display berukuran 13,3 inch, lebih kaya warna, bezel nya juga 50% lebih tipis, dan port nya udah pake dua USB Type-C, lengkap dengan 3.5mm headphone jack. Beratnya cuman 1,25 kg, sedikit lebih ringan dari MacBook Air sebelumnya.

MacBook Air baru ini juga hadir dengan Touch ID, keyboard butterfly generasi ketiga, Force Touch Trackpad, serta ditenagai oleh Intel core i5 dual core generasi 8, up to 16GB RAM, dan up to 1,5TB SSD. Baterainya diklaim awet hingga penggunaan 12 jam penuh.

Audio juga ditingkatkan, dengan 2x bass dan peningkatan volume hingga 25% dibanding sebelumnya. Dan Facetime tentu aja udah HD dengan fitur group call.

Dan buat kamu yang pengen beli, MacBook Air 2018 terbaru ini dibandrol harga mulai dari $1199 atau sekitar 18,3 jutaan rupiah.

Mac Mini 2018

Lini kedua yang dirilis Apple adalah Mac Mini 2018 terbaru, yang specs nya sekarang garang banget. Mac Mini terbaru ini masih tetep mini, beratnya juga cuman 1,3 kg, tetapi specs nya diupgrade jadi jauh lebih powerful dengan Intel Core i5 quad core sampai 6 core, up to 64GB RAM, serta up to 2TB SSD.

Untuk port nya lumayan lengkap, ada 4 USB Type-C, USB 3, headphone jack, HDMI, bahkan juga ethernet.

Nah ini kalo kamu tertarik, Mac Mini 2018 terbaru dijual mulai $799 atau sekitar 12,2 jutaan rupiah.

iPad Pro 2018 Terbaru

Dan device ketiga yang dirilis di Apple Event tadi adalah iPad Pro 2018 terbaru. Jadi ada dua versi iPad Pro terbaru ini, yaitu 11 inch dan 12,9 inch. iPad Pro baru ini pake layar penuh liquid retina display, nggak punya tombol, nggak ada touch ID, karena langsung diganti dengan Face ID seperti di iPhone X atau iPhone Xs. Bedanya Face ID di iPad ini bisa dipake di mode portrait ataupun landscape.

Navigasinya juga pake gesture seperti di iPhone terbaru, jadi fluid banget.

Tapi yang paling keren dari iPad Pro 2018 terbaru ini adalah specs nya. Menggunakan chip A12X Bionic 8 core CPU dan 7 core GPU, performa iPad Pro ini garang banget. Di event didemokan gimana lancarnya performa gaming dan detail kualitas grafis dari iPad Pro. Dan lebih keren lagi, aplikasi Adobe seperti Photoshop bisa jalan lancar layaknya di PC, termasuk juga hadirnya aplikasi besutan Autodesk.

Nah ada lagi satu fitur menarik. Di Apple Pencil kamu bisa double tap untuk mengubah tools, dan Apple Pencil ini otomatis menempel di iPad secara magnetik, sekaligus otomatis langsung di charge secara wireless.

iPad Pro baru ini punya dua kamera, 12MP di belakang yang bisa kamu pake untuk ambil foto, rekam video 4K, scan dokumen, dan keperluan lain — serta 7MP di depan dengan truedepth camera yang bisa kamu manfaatkan untuk foto selfie, portrait mode dan portrait lighting, facetime, termasuk juga untuk animoji dan memoji.

iPad Pro dilengkapi dengan baterai yang mampu bertahan 10 jam, up to 1TB storage, nggak lagi pake lighting karena udah diganti dengan USB type-c, dan menariknya, iPad Pro ini bisa kamu pake buat nge-charge iPhone.

iPad Pro ini dilengkapi dengan 4 speaker stereo dan 5 microphone, dan masing-masing varian ukuran terdiri dari dua versi yaitu WiFi dan WiFi + seluler.

Buat kamu yang tertarik iPad Pro terbaru 11 inch dijual mulai $799 atau sekitar 12,2 jutaan rupiah — dan iPad Pro terbaru 12.9 inch dijual mulai $999 atau sekitar 15,2 jutaan rupiah.

Seperti biasa, smart keyboard folio dijual terpisah dengan harga $179 atau sekitar 2,7 jutaan rupiah untuk versi 11 inch dan $199 atau sekitar 3 jutaan rupiah untuk versi 12.9 inch. Apple pencil juga dijual terpisah seharga $129 atau sekitar 2 jutaan rupiah.

Selain merilis 3 lini device terbarunya, di event kemarin Apple juga mengumumkan iOS 12.1 berbagai fitur baru, termasuk group facetime, yang detailnya bakal kita review di video selanjutnya.

Sampaikan di kolom komentar pendapat kamu tentang lini device Apple terbaru ini, dan mana yang paling menarik buat kamu. Sampai disini dulu video kali ini, jangan lupa pantengin terus MacPoin untuk info Apple terupdate setiap hari.