Ada banyak pertanyaan yang masuk, apa itu iPhone Refurbished, apa itu iPhone Rekondisi, dan apa itu iPhone CPO (Certified Pre-Owned), dan apakah ketiganya berbeda? Di video ini kita bakal bahas semua.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno menarik setiap hari.

Apa itu iPhone Refurbished / Rekondisi

Oke pertama saya mau jelasin tentang apa itu iPhone Refurbished atau iPhone Rekondisi. Jadi kedua istilah ini sebenarnya sama, cuman satunya istilah dalam bahasa inggris, dan satunya lagi istilah dalam bahasa indonesia.

Jadi iPhone refurbished / rekondisi adalah iPhone yang sebelumnya sudah dibeli dan dimiliki seseorang, lalu dikembalikan karena suatu hal. Ini bisa jadi karena suatu kerusakan, atau ada masalah tertentu, atau dikembalikan bukan karena kerusakan — tetapi karena tukar tambah untuk seri iphone baru lain, atau alasan-alasan lainnya.

Lalu iPhone ini di cek kondisinya, parts yang rusak diganti, semua yang bermasalah diperbaiki, dan setelah kondisinya kembali normal, lalu dijual lagi. Nah iPhone hasil perbaikan inilah yang disebut sebagai iPhone Refurbished atau Rekondisi.

Nah ini adalah bagian penting, yang perlu kamu ketahui. iPhone Refurbished ini ada dua macam. Pertama iPhone refurbished oleh pihak lain selain Apple, bisa jadi rekondisi oleh toko, distributor, atau rekondisi dari pihak ketiga lainnya. Dan kedua adalah Certified Refurbished atau Certified Pre-Owned alias CPO.

Untuk iPhone Refurbished atau Rekondisi dari pihak ketiga, ini nggak ada standard dan jaminan pasti. Mungkin aja parts yang rusak diganti dengan yang baru, atau sekedar diperbaiki ala kadarnya asal bisa jalan, dan mungkin komponen didalamnya diganti dengan yang ori, atau sekedar diganti dengan yang KW, semua tergantung dari toko atau seller yang merekondisi. Jadi untuk beli iPhone refurbished atau rekondisi dari pihak ketiga ini kamu wajib hati-hati.

Apa itu iPhone CPO (Certified Pre-Owned)

Nah sekarang kita ngomongin tentang iPhone yang certified refurbished atau disebut juga Certified Pre-Owned alias CPO. Nah kalo yang ini refurbished resmi yang tersertifikasi dan dilakukan oleh Apple sendiri.

Jadi iPhone yang sebelumnya udah dimiliki orang dan dikembalikan ke Apple, ini di cek, kalo ada part yang rusak diganti dengan part ori, apa yang gak jalan semestinya diperbaiki, dan biasanya cover iPhonenya juga diganti dengan yang baru, setelah lolos testing kualitas standar Apple, dia dijual lagi dengan Box baru berlabel CPO atau Certified Pre-Owned.

Untuk iPhone CPO ini, garansinya resmi garansi Apple, dan kualitasnya terjamin standard Apple, jadi kalo pengen beli iPhone dengan harga sedikit miring tapi terjamin, maka pastikan refurbished nya yang resmi dari Apple, atau iPhone CPO ini.

Cara Membedakan iPhone Refurbished dan Baru

Lalu gimana cara ngebedain antara iPhone yang benar-benar baru dari Apple dengan iPhone certified refurbished atau CPO. Pertama bisa kamu cek dari kardusnya, jadi kardus iPhone CPO ini beda dari kardus iPhone baru. Kardus versi CPO biasanya polos putih di bagian depan, atau ada tulisan Apple Certified Pre-owned di depan bawah.

Kemudian dari iPhone nya, kalo di cek di Settings > General > About dan Model..kalo kamu mendapati seri bagian depan M, ini adalah kode untuk iPhone retail baru. Dan kode depan N adalah kode untuk replacement unit, sedangkan kode depan F ini adalah kode untuk unit refurbished certified.

iPhone Refurbished vs CPO vs Baru

Lalu mana yang sebaiknya dipilih? iPhone baru, CPO, atau refurbished toko dan distributor?

Kalo emang ada budget, iPhone terbaik untuk dipilih adalah yang benar-benar baru. Tetapi kalo pengen harga sedikit miring, saya rekomendasikan beli yang iPhone CPO resmi refurbished Apple. Kualitasnya terjamin, sudah melalui proses cek kualitas standard Apple, dan parts nya juga terjamin genuine. Plus garansinya juga resmi 1 tahun dari Apple.

Tetapi, kalo emang pengen yang lebih murah lagi, kamu bisa beli second dengan kondisi bagus, atau refurbished dari toko atau distributor. Tetapi untuk yang ini, kualitas tidak bisa dipastikan bagus atau tidak, kamu harus cek sendiri dan pastikan minta garansi dari seller yang bersangkutan.

Oke itu dia penjelasan lengkap tentang apa itu iPhone refurbished atau rekondisi, serta gimana cara membedakannya. Semoga aja bermanfaat. Silakan sampaikan di kolom komentar kalo punya pertanyaan atau tambahan seputar bahasan ini.