Kemaren banyak banget yang nanya apa itu iOS Golden Master, di video ini saya bakal berikan penjelasan secara lengkap.

NB: Pastikan Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno menarik setiap hari.

Lebih suka baca daripada nonton video penjelasan iOS Golden Master diatas? Berikut ini MacPoin sertakan versi artikelnya.

Jadi ada beberapa tahap pengembangan software, masing-masing perusahaan menyebut nama fase nya dengan berbeda. Tapi karena kita ngomongin iOS, maka kita langsung aja fokus ke fase pengembangan iOS.

Secara umum fase pengembangan versi baru iOS ini akan melalui beberapa versi Developer Beta, lalu ke Public Beta. Ini merupakan fase pengembangan dimana Apple merilis dan menambahkan fitur baru, lalu mengumpulkan feedback dari beta users, memperbaiki bug yang ditemukan, dan seterusnya. Dan fase ini berlangsung selama beberapa siklus.

Jadi beberapa versi Developer Beta ini, kalau sudah lebih matang dan lebih stabil langsung dilanjut ke public beta. Begitu seterusnya sampai pada akhirnya ke iOS Golden Master.

Nah apa itu iOS Golden Master?Jadi versi Golden Master ini adalah versi paling matang dari iOS setelah melalui proses pengembangan yang panjang, fiturnya udah lengkap dan udah matang, bug dari versi beta juga sudah diberantas, jadi ini adalah versi yang sudah siap dirilis ke public. Dan biasanya, build iOS Golden Master ini cenderung sama seperti build iOS Final yang dirilis ke publik.

Lalu apa tujuannya Apple merilis iOS Golden Master, kenapa nggak langsung aja rilis versi finalnya ke publik?

Pertama, Apple masih ingin feedback terakhir dari beta tester sebelum versi finalnya dirilis, jika memang ditemukan bug, masih sempat rilis perbaikannya.

Kedua, ini alasan utamanya, yaitu supaya developer bisa testing kompatibilitas aplikasinya dengan versi iOS terbaru sebelum versi finalnya dirilis ke publik.

Itulah dia penjelasan dari iOS Golden Master, semoga menjawab pertanyaan dan rasa penasaran kamu.

Kalo kamu pake iPhone untuk penggunaan sehari-hari, nggak perlu pusing dengan iOS beta atau Golden Master, tunggu aja versi finalnya dirilis dan install langsung dari software update.